Membuat Sitemap Website atau Blog Berbasis WordPress

5
1688
Membuat Halaman Sitemap Wordpress
Membuat Halaman Sitemap Wordpress

Sitemap menjadi salah satu hal penting pada penyajian konten website. Serupa dengan daftar isi pada buku, sitemap memberikan gambaran kepada pengguna atau pengunjung tentang beragam konten yang ada pada sebuah website. Sitemap dapat mempermudah pengunjung untuk menjelajahi sebagian isi atau keseluruhan isi dari sebuah website.

[Baca Juga: Cara Membuat Blog WordPress]

Sitemap pada website berbasis wordpress sangat mudah dibuat. Dengan bantuan plugin sitemap dapat dibuat dengan mudah. Sitemap sebagai sebuah laman perlu dibedakan dengan sitemap dalam bentuk laman xml. Keduanya sama-sama penting. Sitemap xml akan mempermudah robot mesin pencari untuk mengindeks konten sehingga berimplikasi pada SEO website. Sitemap dalam bentuk halaman yang terintegerasi dengan laman penuh sebuah website lebih bertujuan untuk memanjakan pengunjung website.

[Baca: Memahami Istilah Plugin WordPress]

Membuat sitemap website berbasis wordpress dapat dilakukan dengan menggunakan plugin. Salah satu plugin yang dapat digunakan adalah WP Sitemap Page. Plugin ini cukup mudah untuk diintegerasikan ke dalam website. Installah plugin tersebut dan aktivasi setelah proses instalasi selesai.

buat Sitemap WordPress

Seusai proses instalasi dan aktivasi plugin, anda cukup membuat sebuah laman baru. Laman ini dapat anda beri nama “Sitemap” mengingat istilah ini sudah cukup populer di kalangan pengguna internet. Masukkan kode wp_sitemap_page (diawali [ dan ditutup ]) ┬ápada dalam laman tersebut. Simpanlah dan terbitkan laman berjudul sitemap tersebut.

[Lihat: Halaman Sitemap Ensiklo.com]

Membuat Sitemap WordPress
isikan kode ke dalam laman

Setelah selesai, Anda dapat mengintegerasikan halaman ini dalam menu. Masuklah dalam dasbor dan menu khusus untuk menata menu pada laman muka website Anda. Kini Anda memiliki sitemap sendiri pada website wordpress anda.

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here