Inilah Cara Install Ubuntu 14.04 LTS | 14.10

4
8191
Cara Install Ubuntu
Cara Install Ubuntu

Ubuntu menjadi salah satu distro (distribution) paling populer di kalangan pengguna linux. Ubuntu memainkan peran penting dalam sosialisasi pengenalan Linux ke tengah masyarakat. Dengan dukungan Cannonical, Ubuntu berkembang menjadi distro yang secara berkala mampu menyediakan pembaruan (Update) pada paket-paket yang dimilikinya.

[Baca Juga: Apa itu Linux dan Bagaimana Dikembangkan?]

[Baca Juga: Cara Install Ubuntu 15.04 Desktop]

Ubuntu dikembangkan berbasis Debian, salah satu distro dan kode sumber paling stabil. Beberapa Distro, seperti Linux Mint dikembangkan sebagai turunan dari Ubuntu. Ubuntu saat ini telah memiliki beragam versi. Tidak semata meluncurkan sistem operasi komputer, Canonical juga telah membuat beberapa terobosan, seperti Ubuntu untuk Tablet, Ubuntu TV dan Ubuntu One. Layanan Ubuntu One kini telah ditutup secara resmi oleh Ubuntu. Indonesia sudah memiliki beberapa varian atau distro linux lokal yang dikembangkan oleh pengembang Indonesia, seperti Igos Nusantara dan BlankOn.

[Baca juga: BlankOn, Linux Asli Indonesia]

Versi terbaru Ubuntu adalah 14.10. Meski demikian, ubuntu versi tersebut tidak termasuk dalam kategori aplikasi yang mendapat dukungan jangka panjang (long term support/LTS). Ubuntu 14.04 justeru berprdikat sebagai LTS. Sebagai pengguna yang tidak banyak atau sering melakukan install ulang, sangat disarankan untuk memilih versi LTS.

Instalasi Ubuntu tergolong mudah dilakukan, meski harus berhati-hati jika dilakukan pada komputer yang telah memiliki sistem operasi atau data di dalamnya. Cara Instalasi Ubuntu sudah kian mudah ditemukan dalam beragam versi bahasa. Proses instalasi dapat dilakukan tanpa bantuan internet. Meski demikian, instalasi yang dilakukan terhubung dengan internet akan lebih maksimal karena komputer akan mengunduh (download) paket Ubuntu terbaru yang sudah tersedia. Berikut ini adalah langkah-langkah instalasi Ubuntu di Komputer.

[Baca Juga: Perintah Dasar Linux 1]

PreInstalasi Ubuntu

Ada beberapa hal yang perlu dipastikan sebelum instalasi dilakukan, yaitu keamanan data dan sistem operasi lain. Jika Anda pemula, baiknya terlebih dahulu mencadangkan data di kmputer pada perangkat lain. Hal ini berguna untuk mencegah kehilangan data akibat instalasi. Hal lain yang perlu dipahami dengan baik adalah jenis partisi yang digunakan selama instalasi. Kenalilah dengan baik partisi yang telah ada, pun nama dan jenis partisi yang digunakan dalam Linux dan Windows.

Langkah Awal Instalasi Ubuntu

Ubuntu dapat diinstal dengan menggunakan DVD atau flashdisk. Kedua media ini mungkin untuk digunakan selama proses instalasi. Kedua medium ini sudah umum dilakukan untuk instalasi. Perkembangan teknologi memungkinkan flashdisk turut digunakan sebagai mesin instalas (installer).

Instalasi Ubuntu Melalui DVD

DVD ke dalam DVD ROM, lalu nyalakan ulang komputer (restart). Anda akan melihat layar yang memberikan opsi untuk mencoba Ubuntu atau menginstall secara langsung.

Instalasi melalui USB (flashdisk)

Instalasi melalui flashdisk sudah bisa dilakukan. Kebanyakan komputer terbaru sudah memiliki fasilitas “booting from USB”. Fasilitas ini memungkinkan proses instalasi dilakukan melalui installer. Jika Anda sudah menggunakan Ubuntu, pembuatan installer dapat dilakukan menggunakan fasilitas Ubuntu. Jika belum, Anda bisa menggunakan Unetbootin sebagai salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan.

Rekomendasi saat Instalasi

Ubuntu menyarankan beberapa hal selama proses instalasi dilakukan, yaitu:

  1. Menghubungkan laptop dengan kabel power agar mencegah kegagalan instalasi akibat komputer atau laptop kehabisan daya;
  2. Memastikan memiliki ruang kosong pada hardisk yang mencukupi;
  3. Menghubungkan komputer/laptop dengan internet;
  4. Mengaktifkan menu “download Ubuntu Updates” untuk mendapatkan paket-paket termutakhir.

 

Install Ubuntu Terbaru
Jendela yang terbuka setelah booting

Pemeriksaan Komputer

Ubuntu secara otomatis akan mendekteksi kesesuaian hardware dan kebutuhan lain sebelum proses instalasi dilakukan. Secara umum, ubuntu akan memeriksa kecukupan ruang kosong pada hard disk, koneksi internet dan keterhubungan dengan kabel daya listrik. Ketiganya merupakan persayaratan yang dianjurkan oleh Ubuntu.

 

Instal ubuntu
Pemeriksaan Prasyarat sebelum Instalasi

[Baca juga: Mengenal Partisi pada Linux]

Menyetel Koneksi Internet

Meski tidak menjadi keharusan mutlak, namun ubuntu sangat menyarankan agar proses instalasi dapat terhubung dengan internet. Jika tidak,  ubuntu akan menyarankan –perangkat yang sudah memiliki wifi– agar terhubung dengan jaringan wireless yang tersedia. Ini akan memudahkan update selama proses instalasi. Patut dicatat, instalasi dengan terhubung ke Internet mungkin memakan waktu lebih lama mengingat adanya proses pengunduhan paket dari repository ubuntu secara langsung. Hal ini juga ditentukan oleh kecepatan akses internet. Jika anda tidak ingin ini terjadi, maka hilangkan centang pada menu “Download Updates While Installing”.

Cara Install Ubuntu
Tampilan memilih wireless

Mengatur Alokasi Hardisk

Alokasi hardisk dapat diatur secara manual selama proses instalasi. Jika Anda ingin menggunakan keseluruhan komputer untuk 1 sistem operasi ubuntu tanpa mengaturnya, anda dapat melakukannya. Pada situasi terdapat sistem operasi lain yang ingin dipertahankan, Ubuntu memberikan opsi pengaturan tersebut. Ubuntu dapat diinstall bersandingan dengan sistem operasi lain. Dengan memilih pilihan ini, maka ubuntu akan menyetel GRUB yang digunakan untuk booting komputer.

[Guna kepentingan partisi hardisk, anda dapat merujuk artikel ini: Cara Membuat Partisi Hardisk pada Ubuntu]

Mengatur SWAP

SWAP menjadi elemen penting pada partisi hard disk Ubuntu. SWAP adalah ruang virtual yang digunakan untuk membantu kinerja processor dan memori. Sangat dianjurkan untuk mengalokasikan SWAP sebesar 2 x besar RAM. Jika anda memiliki RAM sebesar 2 GB, maka dianjurkan anda membuat partisi SWAP sebesar 4GB.

Cara Install Ubuntu terbaru
Opsi Instalasi Ubuntu

Langkang ini adalah langkah penting yang beresiko menghilangkan data Anda. Perhatikan secara seksama opsi-opsi ini agar tidak salah memilih dan mengakibatkan data anda hilang.

Install Along Windows

Opsi ini akan memberikan anda pilihan memasang Ubuntu bersamaan dengan Windows. Anda akan masuk ke layar pengaturan partisi jika memilih Opsi ini. Perlu diperhatikan dengan seksama proses penentuan partisi.

Replace Windows With Ubuntu

Opsi ini akan menghilangkan sistem operasi windows di komputer. Proses pemformatan hardisk yang dilakukan dapat menyebabkan data hilang. Pastikanlah pencadangan data dilakukan sebelum instalasi.

Other

Opsi ini merupakan opsi manual. Opsi ini mirip dengan opsi pertama, namun Anda diberikan keleluasaan lebih untuk menentukan partisi atau lokasi Ubuntu diletakkan. Perhatikan dengan seksama cara partisi hardisk agar tidak kehilangan data.

Cara Install Ubuntu
Tampilan Jika memilih Install bersamaan dengan Windows

Tentukan Lokasi

Anda akan diminta untuk menentukan lokasi Anda dalam proses instalasi ini. Proses ini terkait dengan setelan waktu yang melekat pada komputer. Setelan ini sebaikanya adalah setelan yang sesuai agar anda tidak bingung saat menggunakan komputer.

cara install ubuntu 14.10
Layat Opsi Lokasi dan Zona Waktu

Memilih Setelah Papan Ketik (keyboard) yang Sesuai

Proses instalasi akan meminta Anda memilih setelah keyboard yang sesuai. Setelan ini akan menjadi setelan bawaan (default) saat komputer selesai diinstalasi oleh Ubuntu. Meski demikian, anda masih bisa mengubah atau menambahkan setelan ini setelah instalasi selesai.

Cara Install Ubuntu, setelah Keyboard
Layar pilihan Setelan Keyboard

Mementukan Password dan Nama Pengguna (Username) 

Nama dan sandi (password) menjadi kunci keamanan Anda. Setelan ini memungkinkan anda menentukan bagaimana kemanan dasar akan diberlakukan pada sistem operasi. Anda dapat memasukkan pula opsi agar folder anda terkunci saat orang menggunakan ubuntu melalui file manager. Opsi ini jika dapat digunakan untuk menentukan opsi bagi pengguna lain (tamu).

Cara Install Ubuntu 14.04
Tampilan Opsi Penentuan Username dan Sandi

Menunggu Proses Instalasi Selesai

Setelah penentuan sandi dan nama pengguna selesai dilakukan, proses instalasi akan mulai berjalan. Pada posisi ini, Anda dapat menikmati penjelasan seputar ubuntu. Ubuntu membuat proses instalasi ini menjadi seperti pergantian presentasi. Jika Anda menginginkan, Anda bisa mempelajari beberapa bagian dari Ubuntu selama proses ini.

Install Ubuntu Terbaru
Contoh Layar seperti slide selama instalasi

Pastikan proses instalasi  selesai. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa instalasi selesai dilakukan. Jika selesai, Anda perlu menyalakan ulang komputer (restart). Pastikan anda memindahkan terlebih dahulu DVD atau USB (flaskdisk) setelah instalasi. Ini mencegah anda booting ke sistem operasi di DVD atau flashdisk kembali.

Install Ubuntu di Laptop
Tampilan keterangan saat instalasi selesai

Seusai restart, Ubuntu sudah terpasang di komputer Anda.

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. mohon bantunya,, saya tadi mengguankan windows kemudian ganti menjadi ubuntu,
    pada saat pengiitalan saya memilih ganti os window menjadi ubuntu,
    setelah selesai data pada D dan E ko hilang
    mohon solusinya agar data bisa kembali lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here