Inilah Cara Mencari Percakapan Lama di Inbox (Personal Message) Facebook

4
19074
Mencari tulisan lama di inbox facebook
Mencari tulisan lama di inbox facebook

Bila dilihat dari perkembangannya dari masa ke masa, facebook merupakan media sosial yang mengalami perkembangan cukup pesat. Dari kemunculannya yang mampu menumbangkan situs perkawanan friendster, hingga kemampuannya menjadi media raksasa yang bisa membeli instagram ataupun whats app, perjalanan yang dilalui facebook cukup mencengangkan. Segala aspek yang dibidik hampir sebagian besar bisa diterima oleh para penggunanya.

Telah banyak perubahan dari proses berkembangnya media daring facebook ini. Dari sisi komentar saja, yang dulunya terbatas namun belakangan ini telah menyediakan komentar dengan jumlah tak terhingga dan juga karakter yang sangat banyak. Begitu pula pada jumlah karakter pada kolom wall-nya, apabila dahulu karakternya dibatasi, saat ini para penggunanya dimanjakan dengan jumlah yang juga tak kalah banyaknya.

Persamaan Percakapan di Google Talk dan Facebook

Selain yang tertulis di atas sejatinya masih banyak lagi perubahan yang dialami seiring perjalanan facebook. Namun yang hendak terpaparkan di sini adalah mengenai percakapan dan juga personal message –yang di facebook ini dinamakan “pesan inbox.”

  • Percakapan Yang Otomatis Masuk ke Pesan Inbox

Apabila dahulu antara “pesan inbox” dengan percakapan menggunakan fasilitas chatting seolah terpisah dan tak ada hubungannya, maka pada perkembangannya kedua hal tersebut menjadi terhubung dan laksana menjadi satu. Dibuktikan dengan semua percakapan yang terjadi melalui media chatting toh pada akhirnya juga akan masuk pada kolom “pesan inbox.” Dan lebih kentara lagi adalah apabila ada yang membalas percakapan namun kondisi fasilitas chatting-nya sudah mati, maka secara otomatis balasan percakapan tersebut akan masuk pula ke dalam kotak inbox.

Hal ini serupa dengan yang disediakan pihak google yang menyediakan fasilitas chatting bernama google talk yang juga akan masuk dalam inbox email.

  • Memberi Kemudahan

Fasilitas yang memperlakukan percakapan dan lalu secara otomatis masuk ke dalam pesan inbox pun pesan email sebagaimana pada facebook ataupun google tersebut tentu sangat membantu bagi para penggunanya. Utamanya bagi mereka yang sering disibukkan dengan pekerjaan lain sehingga kerap lupa dengan hal yang telah dibicarakan sebelumnya.

  • Online Seller Lebih Tenang

Dengan mengandalkan rekam jejak yang tersedia di facebook ini, para pelayan toko nline (Online Shop) yang memanfaatkan fasiitas chatting di Facebook juga akan sangat diuntungkan. Pasalnya mereka tak akan begitu risau dan pusing apabila ada ketinggalan sebuah percakapan yang merujuk pada transaksi dan operasional jual-beli.

Dengan memanfaatkan fasilitas pencarian yang ada di pesan inbox facebook maka para pegiat toko online ini bisa menyimak kembali catatan perbincangan yang telah dilakukan pada waktu-waktu sebelumnya.

Kata Kunci Percakapan

Dalam tracing dan melakukan pencarian perbincangan yang pernah dilakukan pada Facebook, yang paling penting diketahui adalah “kata kunci” dari pembicaraan.   Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita amati, dan jika memungkinkan silakan pula sambil dipraktekkan.

Langkah-Langkah Mencari Percakapan Masa Lampau di Facebook

Mencari Percakapan dan Tulisan Lama di Chatting Inbox Facebook
Mencari Percakapan dan Tulisan Lama di Chatting Inbox Facebook
  1. Silakan buka dashboard facebook dan arahkan pada kotak “inbok” yang tersedia.
  2. Kemudian sorot navigasi notifikasi inbox yang terletak disebelah kiri.
  3. Selanjutnya sorot kembali gambar avatar dari akun yang akan dicari, yaitu ID orang yang pada waktu sebelumnya telah mengadakan percakapan melalui fasilitas chatting ataupun inbox
  4. Lihat kembali di bagian atas. Selain ada tanda navigasi “New Message” dan “Actions,” di bagian sebelah kanan tersedia pula tanda pencarian  “searching” (Bagi yang menggunakan selain bahasa Inggris, silakan sepadankan fitur-fiturnya).
  5. Pilih saja navigasi pencarian itu, kemudian mohon tuliskan ‘kata kunci’ pencarian. Lalu Enter!
  6. Jika tak ada kesalahan, sampai di sini akan ditemukan hasil pencarian yang telah dilakukan.

Demikian langkah-langkah yang dilalui. Semoga bermanfaat. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Mencari tulisan lama di inbox facebook ikanamsteri.com Diakses pada 9 Januari 2015

[2] Gambar Ilustrasi pixabay.com Diakses pada 9 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here