Inilah Tips dan Langkah Dalam Merawat Layar Touchscreen Gadget

5
1330
Tips dan Langkah Merawat Layar Touchscreen Gadget
Tips dan Langkah Merawat Layar Touchscreen Gadget

Sekarang ini handphone telah menjadi barang yang tak asing lagi bagi kita. Bahkan bagi sebagian orang, handphone merupakan alat wajib yang tak boleh terpisah kapan dan dimana saja.  Dan berbicara mengenai handphone ataupun gadget lain, perkembangan zaman yang penuh dengan modernisasi telah memanjakan kita dalam menggunakannya. Kita disuguhi alat modern dengan berbagai kemudahan di dalamnya, termasuk dalam mengoperasikannya. Untuk gadget, salah satu kemudahannya adalah dalam mengoperasikan perintah pada tehnologi layar sentuh (touch screen), yaitu hanya dengan tinggal menyentuh setiap bagian di layar, maka berbagai perintah bisa dijalankan.

Berkaitan dengan fungsi layar sentuh yang sangat penting pada gadget model-model sekarang ini, maka sudah barang tentu kondisi layar juga wajib kita jaga agar tetap bisa digunakan dengan baik. Karena ketika kondisi layar gadget masih tetap terjaga, maka sistem navigasi dan perintah juga tak akan gampang terkendala.

Membersihkan layar handphone memang merupakan salah satu perawatan yang bisa kita lakukan dengan mudah. Namun bukan berarti hal itu bisa disepelekan. Pasalnya tetap ada kiat-kiat khusus dalam perawatan layar agar tidak menimbulkan masalah baru. Di bawah ini adalah beberapa tips serta langkah dalam membersihkan layar touchscreen pada gadget yang kita miliki.

Tips Membersihkan Layar Touchscreen

  • Menggunakan Kain Khusus Kaca (Lensa)

Bagi Anda pengguna kacamata tentu tak asing lagi dengan keberadaan secarik kain kecil pembersihnya. Ialah kain kecil yang halus dan biasa digunakan untuk membersihkan kacamata yang juga sangat bagus dimanfaatkan untuk membersihkan layar sentuh pada gadget. Kehalusan kain ini tentu tak akan menimbulkan masalah baru berupa goresan pada layar touch screen, selain itu dalam membersihkannya juga tetap aman dalam dua kondisi, baik kering ataupun basah.

Sekiranya tak memiliki kain halus untuk lensa, maka kita bisa menggantinya dengan memanfaatkan kain katun ataupun kain wool lembut dan tanpa serat. Dan jangan sekali-kali menggunakan tisu dalam membersihkannya. Pasalnya pada tisu terdapat serat kayu, sehingga bukan tidak mungkin malah menimbulkan masalah baru berupa goresan pada permukaan layarnya.

  • Menggunakan Cairan Pembersih Lensa

Serupa dengan poin sebelumnya, cairan pembersih lensa menjadi perangkat yang biasanya tak jauh dari pemilik kacamata. Cairan ini pun bisa dimanfaatkan untuk membersihkan layar sentuh, yaitu dengan meneteskan secukupnya pada kain pembersih atau bisa pula diteteskan langsung pada permukaan layarnya.

  • Memanfaatkan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih selain memiliki khasiat bagi tubuh, ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih layar touchscreen. Hanya saja penggunaannya tidak boleh berlebihan, cukup satu atau dua tetes di permukaan layar, selanjutnya diusap menggunakan kain halus hingga bekas minyak kayu putih itu hilang.

  • Memasang Cover Anti-Glare

Demi meminimalisir tergores benda lain, akan lebih aman apabila kita memasang cover anti-glare yang tentu saja berfungsi melindungi layar. Kini kita tak begitu susah mendapatkan pelindung anti gores ini karena tak sedikit penjual gadget yang juga menyediakannya.

Selain melindungi dari goresan, cover anti-glare ini juga memiliki fungsi lain yaitu mencegah debu, minyak, dan sidik jari yang menempelpada permukaan layar sehingga bisa mengakibatkan layar kurang responsif.

Langkah-Langkah Membersihkan Layar Touchscreen

  • Matikan Gadget

Apabila semua kelengkapan dan peralatan untuk membersihkan gadget itu telah tersedia, maka langkah pertama adalah mematikan gadget. Hal ini dilakukan dengan alasan agar terhindar dari hubungan pendek arus listrik, dan juga memberikan kebebasan kita dalam membersihkannya karena tak takut tersengat aliran listrik.

  • Mengelap Layar Sentuh

Sebelum menuangkan cairan pembersih ataupun air, silakan lap dahulu gadget Anda. Hal ini lebih baik karena debu akan sedikit berkurang dan tak banyak terbawa cairan. Sementara dalam melakukan pengelapan, usahakan dengan lembut dan arah gerakannya adalah membentuk lingkaran kecil dan kemudian semakin membesar, sehingga seluruh area layar sentuh bisa tersapu.

  • Menggunakan Cairan Pembersih

Jika yakin layar sentuh sudah terbebas dari debu-debu kering, selanjutnya usap dan bersihkan layar dengan menggunakan cairan pembersih sehingga noda-noda yang ada bisa hilang, termasuk di dalamnya adalah noda sidik jari ataupun sisa-sisa noda minyak. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Tips Membersihkan Layar Touch Screen inilah.com Diakses pada 12 Januari 2015

[2] Gambar Ilustrasi pixabay.com Diakses pada 12 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here