Inilah Beberapa Penyebab Badan Lemas dan Solusinya

2
3195
Olah Raga agar Terhindar dari Badan Lemas
Olah Raga agar Terhindar dari Badan Lemas

Badan lemas bukan saja menjadi masalah bagi yang berada dalam kondisi sakit. Karena yang segar bugar dan rajin olahraga pun adakalanya bisa mendadak merasakan lemas di sekujur tubuh. Apa pasal yang menyebabkannya?

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan badan kita menjadi lemas. Dan alangkah baiknya jika kita mengetahui penyebab-penyebab tersebut. Karena dengan mengetahui dan lalu memahami, maka kita akan segera bisa mengatasi badan yang lemas itu secara mudah.

Beberapa Penyebab Badan Lemas

  • Dehidrasi

Dehidrasi akibat kekurangan cairan (air minum) jika mencapai angka 1,5% saja sudah bisa menyebabkan turunnya mood dalam diri kita. Hal ini sebagaimana studi yang dipublikasikan tahun 2012 oleh The Journal of Nutrition

  • Kekurangan Vitamin B12

Idealnya tubuh kita memerlukan vitamin B12 yang cukup guna memproduksi sel-sel darah merah sehingga neuron dapat berfungsi dan selalu terjaga dengan baik.

Oleh karenanya tatkala tubuh ini mengalami minus vitamin B12 maka akan merasakan lemas. Kondisi ini akan makin terasa apabila keadaan lemas juga dibarengi gampang lupa, serta kaki mudah terserang kesemutan.

  • Stres

Stres menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang, khususnya mereka-mereka yang selalu sibuk dan acap bekerja dalam tekanan. Dan jika dibiarkan, maka akan terjadi stres berkepanjangan yang tak pelak bakal menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat dalam waktu yang lama. Hal ini tak urung menjadikan kita susah tidur malam hari dan juga membuat nafsu makan menurun, yang pada akhirnya memengaruhi tubuh menjadi lemas.

  • Kekurangan Zat Besi

Hemoglobin dalam tubuh salah satunya dibentuk dari zat besi merupakan senyawa pada sel darah merah yang memiliki fungsiguna mengusung oksigen. Ketika kita mengalami kekurangan zat besi, sudah barang tentu pasokan hemoglobin dalam darah juga akan mengalami kekurangan, yang pada akhirnya badan kita pun akan mudah lemas, terlihat pucat, dan juga acap merasakan pusing kepala.

  • Jarang Olahraga

Olahraga menjadi hal penting bagi kesehata dalam tubuh, salah satunya adalah membuat lancar sirkulasi darah yang terpompa dari jantung.

Selain itu, dengan olahraga tingkat stres dalam diri juga akan semakin berkurang karena dengan gerakan dari tubuh akan keluar pula endorphin, yaitu hormon yang berfungsi sebagai penenang. Sebaliknya, jika kita kurang atau bahkan tak pernah melakukan akitivitas menggerakkan tubuh, maka bukan tidak mungkin kita juga bakal mengalamilemas serta tak bertenaga.

Solusi Mengatasi Badan Lemas

  • Meditasi
    Reaksi dari dalam diri sejatinya bisa kita kendalikan demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Dengandapatan meditasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Karena dengan melakukan meditasi minimal 15 menit secara rutin tiap hari maka resiko terkena stres juga akan berkurang.
  • Konsumsi Asupan Berkadar Zat Besi
    Ada banyak makanan dan asupan lain yang memiliki zat besi berkadar tinggi. Antara lain adalah telur, selai kacang, madu. Akan lebih baik pula jika ditambah dengan konsumsi suplemen multivitamin tambah darah demi menyeimbangkan kebutuhan nutrisi pada tubuh.
  • Meminum Air Lebih Banyak
    Biasakan mengonsumi air lebih banyak, utamanya air putih. Bahkan bagi yang memiliki pekerjaan yang mewajibkan gerakan tubuh berlebihan –apalagi cuaca dalam keadaan panas dan berkeringat, abaikan aturan 8 gelas perhari, dan usahakan lebih dari itu. Dengan begitu kita akan terjauhkan dari kondisi dehidrasi.
  • Olah Raga
    Menggerakkan tubuh menjadi salah satu kiat bagi pekerja yang kurang gerak. Karena bagi kondisi tubuh yang jarang bergerak dan kelamaan duduk akan menyebabkan kondisi kita statis, kurang lincah, dan tentu saja gampang lemas. Sebagaimana yang dipaparkan pada studi Medicine & Science in Sports & Exercise, mereka yang giat olahraga besar kemungkinan akan memiliki energi ibanding yang tidak.

Di atas adalah hal-hal yang mengakibatkan kondisi lemas bagi tubuh, dan juga disertai beberapa solusinya. Jika solusi yang ada telah dilakukan namun masih belum ada perubahan, akan lebih baik jika berkonsultasi langusng kepada dokter atau ahli gizi. Semoga bermanfaat. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Inilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas klikdokter.com Diakses pada 13 Januari 2015

[2] Gambar Ilustrasi pixabay.com Diakses pada 13 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here