Inilah AVs (Autonomous Vehichles); Mobil Mungil Tanpa Pengemudi Yang Diproduksi Google

6
2461
Inilah AVs (Autonomous Vehichles); Mobil Mungil Tanpa Awak Pengemudi Yang Diproduksi Google
Inilah AVs (Autonomous Vehichles); Mobil Mungil Tanpa Awak Pengemudi Yang Diproduksi Google

Perkembangan tehnologi selalu berhubungan dengan hal lain, baik itu masih pada sesama bidang tehnolgi ataupun menyangkut ranah lain. Sosial, budaya, dan juga bidang keuangan tak bisa diabaikan dalam hubungan perkembangannya.

Begitupun yang terjadi pada tehnologi pada ranah automotif, kenyataannya juga berkaitan erat dengan kelistrikan dan juga tehnik sipil. Bahkan baru-baru ini ada pula keterhubungan antara dunia automotif dengan dunia digital, yaitu dengan rencana diterbitkannya sebuah mobil tanpa awak oleh pihak Google.

Proyek Google

Google saat ini telah menjadi raksasa dunia utamanya pada dunia digital. Bahkan yahoo yang dahulu smepat menjadi kompetitor utamanya, seolah tak mampu lagi mengejar ketertinggalan yang yang dialami google. Sebagai contoh, apabila yahoo sempat menghapus beberapa kantor perwakilannya, justru google semakin memperluas dalam mengembangkan sayap-sayap usahanya di berbagai belahan negeri.

  • Dunia Maya

Sebagai raksasa digital, sudah tak diragukan lagi kekuasaan google atas penyedia layanan di dunia internet ini. Selain menyediakan email (google mail) sampai dengan situs blogger dengan platform blogspot, ada banyak yang dirambahnya; google adsense, google plan, google talk, google plus, google map, video youtube, dan masih banyak lagi.

  • Pesawat Tanpa Awak

Pertengahan tahun 2014, google juga tak mau ketinggalan dengan Amazon, yaitu dengan menunjukkan kemampuan dalam membangun dan mengembangkan pesawat tanpa awak (drone) yang rencananya akan difungsikan sebagai alat pengangkut pengiriman barang. [Baca Selengkapnya di sini]

Automotif

Pada akhir tahun 2014 jelang 2015, dalam bidang otomotif, pihak google juga telah memperkenalkan prototipe mobil tanpa awak pengemudi yang disebutnya AVs (autonomous vehichles).

  • Ambil Bagian Jejak Toyota, Audi, dan Lexus

Pengembangan mobil tanpa pengemudi oleh google ini dalam rangka turut mengambil bagian dari jejak yang dijalani pihak pengembang produk otomotif, seperti Toyota, Audi, serta Lexus.

Hanya saja karena latarbelakang google yang tak murni bergelut pada bidang otomotif, maka ia tak mengutamakan desain produk dan penampilannya. Google lebih mengutamakan teknologi. Sehingga penampilan mobil yang dikembangkannya terlihat biasa, yaitu berbentuk seperti kubah yang pada bagian atasnya nampak ada topinya.

  • Proses Pengembangan

Sejatinya mobil tanpa pengemudi tersebut telah diperkenalkan google pada bulan Mei 2014. Akan tetapi ketika itu mobil yang bentuknya mungil ini belum disertai roda kemudi, pedal gas, dan juga pedal rem. Pada proses lebih lanjut, versi terbaru AVs dilengkapi lingkar kemudi, lampu depan, velg baru, kaca spion, pedal gas, dan rem. Bagian atap atas juga mengalami pembenahan sehingga makin terlihat bagus.

Kelengkapan baru tersebut memberi manfaat “emergency” kepada penumpang apabila suatu saat sistem sensor pengendali yang ada di mobil tidak berfungsi dengan baik. Yaitu langsung bisa mengendalikan laju mobil secara manual.

  • Peraturan Pemerintah

Selain sebagai kelengkapan yang bersifat “emergency,” kelengkapan itu ditambahkan pihak google demi mengikuti peraturan pemerintah yang mewajibkan setiap kendaraan memiliki fitur pengaman.

Jika merujuk pemaparan Google yang dikutip oleh CNN, bahwa mobil ini diharapkan akan bisa bebas dilihat di jalan raya pada akhir dekade ini, maka tahun 2020 adalah waktu yang dimaksudkan google sebagai awal operasinya mobil mungil ini di jalan raya. Tentu dengan catatan jika segalanya berjalan lancar tanpa kendala. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Google’s fully functional driverless car is adorable cnn.com Diakses pada 16 Januari 2015
[2] Mobil Tanpa Awak Diuji saat Tahun Baru okezone.com Diakses pada 16 Januari 2015
[3] Gambar ilustrasi cdn.turner.com Diakses pada 16 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here