Inilah Beberapa Jenis Bunga Mawar

8
8096
Inilah Berbagai Macam Bunga
Inilah Berbagai Macam Bunga

Keberadaan bunga membawa peranan penting pada perkembangan hidup di segala sisih kehidupan, , baik pada lingkungan tumbuhan, hewan ataupun manusia. Karena dengan keberadaan bunga, semua makhluk bisa melangsungkan kehidupannya. Sebagai contoh adalah keberadaan kumbang pun serangga madu yang hidupnya tak bisa lepas dari keberadaan bunga. Pun dengan terjadinya buah adalah juga diawali dengan bunga.

Bagi manusia, istilah bunga memang bisa merujuk pada banyak hal. Selain bunga desa tentu ada julukan bunga bank. Namun bunga yang tumbuh di kebon adalah bunga yang ujudnya memang nyata, dan bisa didefinisikan ke dalam berbagai hal. Bunga sebagai tanda cinta, bunga tanda kematian, bunga lambang kesedihan, dan seterusnya.

Berbicara tentang bunga, dari satu nama saja sejatinya kita sudah bisa menemukan banyak varian yang kadang tak cuklup otak kita untuk mengingatnya. Salah satunya adalah “bunga mawar.”    Dari satu nama bunga “mawar,” terbukti ada banyak macamnya. Berikut adalah di antaranya;

Wild Roses

Sebagaimana istilah bahasa Inggrisnya “wild,” maka Wild Rose merupakan mawar yang jenis poertumbuhannya liar. Bentuknya yang sederhana telah dikenal lama banyak manusia.

Old Garden Roses

Old Garden Roses dalah mawar unik dan harum sebagai hasil persilangan sebelum diperkenalkan Hybrid Tea pada tahun 1867. Di bawah ini adalah jenis-jenis mawar Old Garden sesuai urutan umur dari yang paling tua;

  • Alba

Alba adalah mawar Old Gardenertua berwarna putih yang merupakan hasil dari persilangan antara Rosa Arvensis dengan Rosa alba. Alba yang berbunga satu tahun sekali ini awalnya dibawa ke Inggris oleh bangsa Romawi kuno.

  • Gallica

Gallica adalah mawar hasil persilangan dari Rosa Gallica yang asal-mulanya dari benua Eropa bagian tengah dan selatan. Serupa dengan alba, gallica ini akan berbunga sekali dalam setahun, tepatnya pada musim panas.

  • Damask

Damask merupakan mawar Persia yang oleh Robert de Brie dibawa ke Eropa seputar  tahun 1254 dan tahun 1276. Beberapa pengembangan dari bunga mawar Damask adalah Summer Damasks, yaitu persilangan antara mawar Gallica dengan Rosa phoenicea, dan juga mawar Autumn Damasks, yaitu persilangan antara Gallica dengan Rosa moschata.

  • Centifolia atau Provence

Mawar Centifolia dikenal pula dengan julukan Provence. yaitu mawar yang memiliki definisi “seribu daun mahkota,” merupakan mawar yang berbunga setahun satu kali sebagai hasil pemuliaan pada abad ke-17 di Belanda.

  • Moss

Moss merupakan mawar yang masih kerabat dekat Centifolia. Mawar yang berbungan setahun sekali ini pada batang dan daun-daun kelopak berpenampilan mirip ditumbuhi lumut hijau.

  • China

Berbeda dengan kebanyakan mawar, China ini adalah mawar yang mampu berbunga berkali-kali sepanjang musim panas hingga akhir musim gugur. Mawar China ini memiliki 4 jenis; ‘Slater’s Crimson China’ 1792, ‘Parsons’ Pink China’ 1793, ‘Hume’s Blush China’ 1809, dan ‘Parks’ Yellow Tea Scented China’ 1824.  Mawar China pertama kali dibawa ke Eropa pada akhir abad ke-18 dan 19.   Karena memiliki kemampuan berbunga berkali-kali, maka jenis-jenis ini dimuliakan menjadi mawar Old Garden

  • The Portland Rose

Nama “Portland” disematkan demi mengenang Duke of Portland yang pertamakali menerima mawar jenis ini dari Italia, yaitu sekitar tahun 1800. Sehingga dikategorikan sebagai nenek-moyangnyamawar Portland.

  • Bourbon

Bourbon adalah varian mawar yang awalnya dikenal di Perancis pada tahun 1823, namun mawar ini  berasal dari l’Île de Bourbon, yaitu salah satu daerah koloni Perancis di seputar Lautan Hindia –yang sekarang disebut Réunion. Mawar ini adalah buah persialangan antara ‘Autumn Damask’ dan ‘Old Blush China’.

  • Hybrid Perpetual

Adalah bunga mawar keturunan Bourbon yang banyak dijumpai di negara Inggris pada zaman Victoria. Bisa berbunga berkali-kali dalam setahun.

  • Tea

“Tea” adalah mawar yang merupakan hasil persilangan antara ‘Hume’s Blush China’ atau ‘Parks’ Yellow Tea Scented China’ dengan berbagai jenis Bourbon dan Noisette. Gen Bourbon sepertinya menurun ke sini, karenanya bisa berbunga berkali-kali walaupun tidak selalu berbau harum seperti teh.

  • Bermuda “Mysterious” Roses

Bermuda “Mysterious” Roses adalah jenis mawar “Misterius” Bermuda. Merupakan kelompok mawar asal Bermuda dan masih dibudidayakan di sana, bahkan telah lebih dari satu abad pembudidayaannya.  Mawar Bermuda termasuk jenis bunga yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena bisa ditanam di daerah tropis dan semi tropis., sehingga mampu berbunga dan bisa bertahan dalam cuaca panas ataupun lembap.     Dinamakan sebagai  “mawar misterius,” pasalnya nama aslinya sudah tidak diketahui lagi dan hanya diberi nama berdasarkan nama pemilik taman.

Climbing Roses

Arti bahasa Inggris dari “climbing” adalah memanjat. Maka Climbing Rose adalah kelompok mawar yang pertumbuhannya sering merambat di pagar ataupun bangunan. Jenis climbing rose antara lain adalah;  Ayrshire, Climbing China, Laevigata, Sempervirens, Noisette, Boursault, Climbing Tea, dan Climbing Bourbon.

Shrub Roses

Hampir menyerupai climbing rose, Shrub Rose termasuk jenis mawar semak yang tumbuh dengan semi-memanjat.

Modern Garden Roses

Adalah jenis mawar semak namun modern, masih keturunan dari mawar Old Garden yang  bentuknya beraneka ragam. Bunganya beraneka macam, ada yang besar namun terdapat pula yang kecil. Dari banyaknya varian mawar ini yang didasarkan atas ukuran tanaman dan ciri khas bunga, maka mawar semak modern yang mampu berbunga berulang kali ini masih dapat digolongkan ke dalam 2 kelompok lagi;

  • Hybrid Tea

Adalah jenis mawar yang produktif dan sangat ideal untuk dijadikan sebagai bunga potong. Pasalnya  pada satu batangnya mampu menghasilkan 5 sampai 6 bunga ukuran besar dan anggun. Ini adalah jenis mawar yang acap disematkan pada jas saat upacara pernikahan.

  • Floribunda

Adalah mawar yang bunganyakecil-kecil, namun dalam satu batangnya mampu menumbuhkan 10 bunga atau lebih. Mawar ini sangat cocok ditanam sebagai taman pada ruang-ruang terbuka karena rimbun dan bunganya juga terlihat mencolok dari kejauhan.

Buck Roses

Nama “Buck Roses” pada jenis mawar ini awalnya dipagut dari nama Profesor Griffith Buck, yaitu seseorang dari Iowa State University yang ahli dalam bidang hortikultura, dan berhasil memuliakan lebih dari 90 varietas mawar.     Jenis mawar “Buck Roses” kuat bertahan terhadap penyakit dan keganasan musim dingin.

English Roses

Adalah mawar harum dan mampu berbunga berkali-kali dalam setahun, yang muncul dari hibrida antara mawar Old Garden dan mawar modern.

Miniature Roses

Miniature Roses adalah bunga mawar yang memiliki ukuran mini, yaitu berdiameter 2 hingga 5 cm, namun juga mampu berbunga berulang kali.

Demikian adalah satu bunga bernama mawar, tapi kenyataannya masih terdapat banyak varian di dalamnya. Dengan mengetahuinya, semoga kita bisa makin memahami penggunaannya, mana yang hanya pas dijadikan taman, mana yang pantas untuk dijadikan hadiahh (berujud buket misalnya), dan mana pula yang bisa dipergunakan sebagai kelengkapan dekorasi pun pemanis ruangan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mawar id.wikipedia.org Diakses pada 18 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 18 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here