Inilah Buah-Buahan Yang Memiliki Manfaat Menghilangkan Jerawat

7
2058
Buah Untuk Mengobati Sakit Jerawat
Manfaat Buah Untuk Mengobati Sakit Jerawat

Jerawat merupakan hal yang tak membuat nyaman kita dalam berpenampilan, karena keberadaannya yang memang acap dangat mencolok. Dikatakan mencolok pasalnya jerawat kebanyakan tumbuh dan berekembang di bagian wajah kita.

Memang yang banyak ditumbuhi jerawat adalah mereka yang masih dalam masa perkembangan dan memasuki masa-masa puber pertama. Anak Baru Gedhe, istilahnya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jerawat juga menghinggapi yang usianya lebih dewasa dan bahkan lebih tua. Dan bukan satu hal yang mustahil tumbuh berkembangnya jerawat ini di bagian selain wajah, punggung ataupun rambut adalah di antaranya.

Lalu bagaimana cara mengatasi timbulnya jerawat yang mengganggu kenyamanan kita itu?

Ada banyak cara bisa dilakukan demi mengatasi merebaknya jerawat di tubuh kita itu, baik pergi ke dokter spesial kulit -dan kelamin, ataupun pergi ke salon kecantikan guna melakukan facial serta perawatan kulit & wajah. Itu adalah hal yang tak keliru. Namun sejatinya ada pula perawatan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah demi meminimalisir terkena jerawat. Yaitu dengan memanfaatkan beberapa buah di seputar tempat tinggal.

Di bawah ini adalah beberapa buah yang memiliki efek baik terhadap kulit karena memiliki kandungan retinol, yaitu bahan obat yang biasanya dimanfaatkan guna menyembuhkan jerawat dan sekaligus mencegah penuaan dini.

  • Buah Delima

Delima merupakan buah yang memiliki beragam berkhasiat bagi kulit. Hal ini dikarenakan delima memiliki kandungan antioksidan, yaitu kadar yang mampu melawan radikal bebas, mengontrol jerawat, dan juga sekaligus mencegah terjadinya kekeriputan pada kulit.

  • Buah Anggur Merah

Anggur merah menjadi salah satu buah yang juga mempunyai kandungan antioksidan. Karenanya buah ini memiliki manfaat guna mencegah dan mengobati beberapa penyakit kulit, di antaranya adalah sakit eksim dan psoriasis.

  • Buah Alpukat

Alpukat adalah jenis buah yang banyak mengandung vitamin E, sehingga ada banyak kecenderungan pula bisa meningkatkan vitalitas bagi kulit kita. Alpukat juga diyakini memiliki kemampuan dalam mengurangi peradangan kulit sekaligus melembabkannya secara alami.

  • Buah Lemon

Buah yang satu ini menjadi buah istimewa bagi kulit karena mampu mengeluarkan limbah asam melewati kulit. Disamping itu kandungan asam sitratnya juga dipercaya mampu membersihkan hati, sehingga efeknya pada kulit adalah menjadi semakin bersih serta cerah.

  • Buah Melon

Bagi penggemar buah melon, sebagaimana telah banyak di tulis, banyak manfaat bisa ditemukan darinya. Vitamin A yang ada di dalamnya bisa meningkatkan reproduksi sel, sementara pengaruh bagi meningkatnya kesehatan kulit juga sangat bagus. Hal ini tak lain adalah terdapatnya kemampuan yang ada dalam kandungan buah melon ini, yaitu bisa menyerap radikal bebas.

  • Buah Semangka

Kadar vitamin A, B, dan C yang terdapat dalam buah semangka sangat berpengaruh pada kulit. Selain bisa menghilangkan noda-noda bekas yang tercipta, kandungan ini juga mampu membuat kulit segar, tetap erseri, dan juga terhidrasi.

  • Buah Apel

Apel yang bisa dengan mudah didapatkan di daerah Malang – Jawa Timur, adalah buah yang kaya akan pektin. Yaitu zat yang ampuh karena memiliki kemampuan mengusir jerawat. Selain itu kulit apel juga memiliki kadar fenol, yaitu kadar yang dipercaya mampu memberikan perlindungan UVB.

  • Buah Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C ini sangat membantu kita dalam melindungi kulit, utamanya dari kerusakan yang timbul akibat sengatan sinar matahari.

Jadi tunggu apa lagi? Tak usah sungkan mengonsumsi buah, yuk. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 8 Buah yang Bisa Mengusir Jerawat klikdokter.com Diakses pada 20 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 20 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here