Beberapa Hal yang Bisa Dijadikan Contoh Bisnis Rumahan

3
1510
Beberapa Contoh Bisnis Rumahan
Beberapa Contoh Bisnis Rumahan

Memulai membangun rumahtangga dengan pasangan adakalanya harus mengalahkan berbagai hal, meski itu berupa pekerjaan tetap dan rutin sekalipun. Salah satu alasannya adalah keharusan untuk rela meninggalkan pekerjaan akibat harus pindah kota.

Perasaan bahagia karena dekat dengan orang yang dicintai tentu saja menjaid hal terindah dalam kehidupan selanjutnya. Akan tetapi jika setiap hari akhirnya tak memiliki aktivitas dan pekerjaan sebagaimana telah dilakukan pada waktu-waktu sebelumnya, bukan tidak mungkin akan merasa penat, dan juga menjadi uring-uringan.

Kegiatan positif yang bisa dimulai dalam rangka mengisi kegalauan selepas resign dari pekerjaan tetap di kantoran semacam itu sejatinya bisa datasi dengan banyak aktivitas. Bahkan selain sesuai hobi, tak jarang justru aktivitas ini bisa menjadi sumber penghasilan yang bisa dikembangkan serius hingga mampu menghidupi banyak orang. Apa saja contohnya?

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah dalam mengisi waktu dan bisa dijadikan peluang memperoleh penghasilan;

Menjual Minuman dan Makanan Kecil

Membuka warung kecil-kecilan di rumah yang tanpa modal besar bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menjual beberapa macam minuman dan juga makanan kecil. Hal ini akan lebih menjanjikan apabila di seputar rumah terdapat banyakk anak kecil. Aneka macam jus ataupun milkshake bisa dikemas dan dikasih sentuhan agar dapat menarik perhatian.

Berjualan Pulsa

Hand Phone ataupun gadget sudah menjadi “semacam” kebutuhan pokok pada era informasi belakangan ini. Dari sini ada yang bisa kita lihat celah berkegiatan namun tetap menghasilkan, yaitu berjualan pulsa. Ini adalah hal yang sangat sederhana dilakukan. Pasalnya tak harus memiliki lapak khusus, dan juga modal berlebih.

Bisinis Online

Hand Phone yang menjadi kebutuhan saat ini juga telah menyediakan fasilitas perambah internet. Sehingga membuat kita tak asing dnegan perkembangan pada era digital yang selanjutnya membuat kita juga bisa mengenal akrab dengan media yang tersebar di dunia maya. Baik Twitter, Facebook, Pinterest, Instagram, dan masih banyak lagi.

Fasilitas-fasilitas di dunia online yang telah familiar tersebut sejatinya bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang yang juga menambah penghasilan. Serupa di dunia nyata, di sana pun kita bisa menjumpai selera pasar yang sedang merebak, dan itu adalah peluang bagi kita. Sebagai contoh adalah kebutuhan para wanita yang acapkali susah ditemukan di toko-toko virtual, entah kosmetik, entah fashion, dan lain sebagainya.

Penulis Lepas

Sekarang ini tentu jarang sekali di antara kita yang buta aksara. Terbukti telah banyak dari kita yang telah mampu menulis dan juga membaca. Dari banyaknya insan pembaca, tentu saja ada peluang bagi sebagian orang untuk “menulis.” Maka, memiliki kemampuan dan terampil menulis adalah hal yang juga bisa dilakukan. Apalagi telah banyak pula media pun lembaga yang membuka kesempatan bagi para penulis lepas. Di kondisi ini, selain kepuasan batin karena hobinya terpenuhi, produktifitas yang tercipta dari tulisan –yang juga bermanfaat bagi orang lain, juga akan terbalaskan dengan tambahan penghasilan yang tercipta.

Membuka Lapak Sembako

Sekiranya ada kemampuan dan modal cukup, ditambah lagi siap untuk tak pergi kemana-mana saban harinya, membuka lapak sembako adalah kegiatan yang bisa dipilih sebagai pengisi waktu di rumah namun tetap menghasilkan. Namanua juga sembako alias ‘sembilan bahan pokok, maka ada banyak manusia yang akan tetap membutuhkannya. Sehingga ini menjadi peluang yang tiada batasnya. Dalam memulai dan menekuninya, sejatinya selain bisa membisniskan keseluruhan sembako,bisa juga memfokuskan diri pada satu barang. Sebagai contoh adalah jualan beras saja, atau gas saja.

Bisnis Rental

Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan, baik dalam keseharian ataupun dalam periode tertentu. Kebutuhan ini sebenarnya juga bisa dimanfaatkan untuk berkegiatan di rumah namun juga menghasilkan uang. Salah satunya adalah bisnis penyewaan alias rental.

Ada banyak hal bisa disewakan. Dari yang paling sepele adalah buku komik, atau agak besaran sedikit yaitu bisnis audio & sound system. Lainnya bisa pula bisnis rental baju-baju dan tas pesta. Dan tentu saja adalah bisnis rental mobil. Smeuanya bisa dilakukan di rumah demi menghilangkan kepenatan, ataupun justru dijadikan pekerjaan serius tanpa harus pergi ke suatu kantor yang letaknya jauh dari tempat tinggal. [uth]

Sumber Gambar:
[1] Ilustrasi pixabay.com Diakses pada 20 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here