Inilah Beberapa Hal Yang Wajib Dipahami Oleh Para Pekerja Malam

2
1744
Inilah Beberapa Hal Yang Wajib Dipahami Oleh Para Pekerja Malam
Inilah Beberapa Hal Yang Wajib Dipahami Oleh Para Pekerja Malam

Dewasa ini jam kerja pergi malam hari untuk bekerja sudah tak menjadi hal tabu bagi sebagian orang. Bahkan meskipun pekerjaannya juga di sawah. Karena adakalanya sawah butuh ditunggu pada malam hari. Tentu dengan berbagai alasan pun kegiatan.

Begitu pun dengan para pekerja kantoran serta pabrik. Bekerja pada malam hari menjadi hal wajib bagi mereka.

24 Jam Sehari & 7 Hari Seminggu

Berbagai macam profesi banyak dilakukan dengan waktu operasional yang tanpa henti. Karena jika itu terhenti, ada banyak kepentingan tak bisa berjalan sebagaimana mestinya. 24 sehari 7 hari perminggu, disiasati dengan sistem shift. Termasuk shift malam yang acap disebut shift tiga.

Selain pekerja pabrik, profesi-profesi lainnya adalah juga polisi, satpam, dokter, perawat, pilot, DJ (disc jockey), supir truk, pekerja hotel, petugas pelayanan publik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kondisi Fit

Dalam berkegiatan malam, tuntutan pertama yang harus dilakukan adalah menjaga badan untuk selalu bugar, sehingga kinerjanya juga bagus dan hasilnya memuaskan.

Guna menjaga badan supaya tetap bugar, ada banyak cara. Selain makan teratur dan penuh gizi, minum air putih yang juga musti terjaga, olah raga menjadi aktivitas lain yang juga sangat membantu.

Pola Tidur Kacau

Dengan kerja mengikuti jadwal shift tentu saja membuat tubuh ini berpola tak teratur. Seminggu lebih pun seminggu kurang harus kerja pagi, minggu berikutnya sudah harus berubah waktu kerjanya menjadi siang, dan tak lama kemudian berlanjut kerja malam. Ritme itu secara otomatis membuat jam biologis menjadi kacau.

Ketika jam biologis kacau bukan tidak mungkin banyak hal terpengaruhi karenanya. Di antaranya adalah insomnia ataupun susah tidur. Sedangkan pergaulan yang juga mengalami sedikit gangguan bisa pula memicu kecenderungan emosi serta depresi. Waktu yang tak teratur itu membuat orang lebih memilih konsumsi makanan cepat saji, hingga akhirnya mengarah pada ketidakberesan pada lambung.

Memicu Gula Darah dan Sakit Jantung

Telah banyak yang memaparkan bahwa angin malam sangat berbahaya bagi tubuh. Salah satunya adalah bagi keasehatan jantung dan paru-paru kita. Pasalnya dari angin malam pulalah salah satu penyebab terserangnya paru-paru basah.

Di samping itu, pola hidup yang terbalik juga membuat pekerja shift malam rentan terhadap penyakit diabetes karena kadar gula darah yang meninggi.

Obesitas

Serupa dengan sebelumnya. Pola hidup yang terbalik, siang dipakai untuk tidur yang harusnya malam hari, sedangkan malam justru dipakai layaknya siang yaitu bekerja dan memicingkan mata. Semua itu tak pelak mengakibatkan kita cenderung malas-malasan termasuk dalam menggerakkan badan. Pada akhirnya obesitas menghinggapi.

Mempengaruhi Reproduksi

Reproduksi menjadi hal penting dan harus diperhatikan, utamanya bagi para perempuan. Karena jika tidak, maka akan ada banyak kendala yang dihadapi. Termasuk susahnya mendapatkan keturunan.

Hal yang musti diwaspadai wanita hamil dengan tuntutan tetap bekerja shift malam, mereka memiliki risiko melahirkan bayi prematur. Oleh karenanya butuh diminimalisir kondisi ini.

Ihwal “bekerja malam hari” ini bukan saja berlaku sebatas pada mereka yang bekerja kantoran. Demi memperoleh ‘ketenangan dan kenyamanan’ dalam menghasilkan karya, adakalanya membalik jam kerja semacam ini juga dilakukan oleh mereka para pekerja rumahan dan pekerja kreatif. Sebagai contoh adalah para penulis ataupun pekerja IT.

Sumber Rujukan:
[1] Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam klikdokter.com Diakses pada 21 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 21 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here