Mendadak Terbangun Dari Tidur Menjadi Tanda Waspada Terhadap Penyakit

5
6203
Penyebab terjaga kala tidur nyenyak
Inilah Cara Agar Bayi Bisa Tidur 8 Jam Penuh di Malam Hari

Mendadak terjaga ataupun terbangun kala kita sedang tidur nyenyak merupakan hal yang sangat tak diharapkan. Apalagi jika itu disebabkan oleh hal yang tak selayaknya dialami.

Terbangun dari tidur karena terasa ingin kencing (akibat sebelumnya terlalu banyak minum air) bisa jadi akan dapat dimaklumi. Namun kenyataannya ada hal lain di luar itu yang juga menjadi penyebabnya. Dan celakanya di antara penyebab kita terbangun saat tidur adalah hal yang memiliki indikasi tak baik bagi kesehatan.

Di bawah ini adalah beberapa contoh penyebab kita bisa terbangun secara mendadak saat tidur nyenyak, yang sekaligus bisa kita jadikan salah satu sinyal dan pertanda bahwa ada gangguan yang menyerang kesehatan tubuh kita.

  • Sakit Batuk

Ingin misuh gegara tidur kita terganggu akibat mendadak batuk adalah hal yang lumrah sekaligus menyebalkan. Namun ada yang lebih butuh diperhatikan bahwa kondisi batuk di tengah tidur nyenyak ini terjadi bukan tidak mungkin akibat asam yang ada di perut tiba-tiba naik menuju arah tenggorokan. Hal ini acap diderita oleh mereka yang memiliki lemak perut berlebihan.

  • Sakit Kepala

Banyak orang memilih merebahkan badan dan berusaha tidur saat sakit kepala melanda. Dari kebiasaan itu tak sedikit yang berasumsi bahwa dengan tidur dan memejamkan mata maka tubuh tak akan lagi merasakan sakit kepala. Kenyataannya itu tak benar. Karena justru kondisi semacam itulah yang malah membikin kita acapkali terbangun ketika sedang lelap.

  • Sesak Napas

Gangguan pernapasan menjadi hal yang tak bisa diremehkan. Karena dari sana kita menjadi terganggu dalam banyak hal. Termasuk di antaranya adalah saat kita tengah tidur nyenyak. Pada akhirnya alih-alih mengistirahatkan badan, namun justru menjadi terganggu akibat menderita sesak napas, baik itu karena masalah asma ataupun kondisi detak jantung yang tidak beraturan.

  • Kaki Kram dan Kesemutan

Tak beresnya peredaran darah pada tubuh, utamanya pada kaki menjadi masalah tak sepele. Karena dari kondisi darah yang peredarannnya kurang lancar semacam ini memiliki kemungkinan besar pula mengganggu tidur kita. Dari kram dan kesemutan pada kaki, kita bisa menyimpulkan bahwa ada peredaran darah yang kurang lancar. Dari darah yang tak lancar ini, kita pun bisa meyakini akan kandungan gula darah dalam tubuh yang tinggi.

  • Sakit Pinggang

Kelelahan, dan lalu merasakan sakit pada pinggang, bisa menjadi salah satu penyebab kita terbangun di tengah malam. Memang mengganjal pinggang menggunakan bantal pun guling menjadi salah satu solusi pertama yang bisa dilakukan. Namun keadaan yang tak mengenakkan karena tidur terganggu tentu saja juga tak bisa ditolerir lagi.

Demikian beberapa hal yang bisa dipaparkan sebagai pengganggu lelapnya tidur. Dengan mengerti dan lalu memahami berbagai hal yang bisa mengganggu kenyamanan kita dalam beristirahat itu, seyogyanya ada tindak lanjut yang bisa kita lakukan demi meminimalisir penyakit, dan bahkan juga demi mencegahnya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Sering Terbangun Saat Tidur Berindikasi Masalah Kesehatan molto.co.id Diakses pada 21 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 21 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here