Donor Darah Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Diri Sendiri

5
2226
Manfaat donor darah bagi kesehatan
Manfaat donor darah bagi kesehatan

Darah menjadi kebutuhan dalam tubuh yang tak bisa diabaikan selama kita masih hidup. Karena dengan darahlah ada banyak organ tubuh ini mampu mengambil perannya masing-masing.  Faktor pentingnya darah itu juga menjadikannya sebagai hal yang tak bisa ditunda lagi dalam pengadaan stock darah di rumah sakit ataupun di puskesmas. Sehingga butuh pemasok untuk memenuhinya.

Donor darah adalah salah satu cara memperoleh pasokan darah yang banyak dibutuhkan orang. Sedangkan para pemasok bukanlah smebarang orang yang merasa memiliki darah berlebih. Lain dari itu adalah mereka yang berbadan sehat, memenuhi syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh medis, dan tentu saja secara sukarela bersedia menjadi pendonornya.

Lalu apa keuntungan dari donor darah itu? Dan kenapa pula harus repot-repot memberikan darah kepada orang lain?

Selain mendermakan darah sebagai bagian dari kebaikan perintah Tuhan pun karena jiwa kemanusiaan yang terpanggil, melakukan donor darah juga memiliki keuntungan lain. Dan di bawah ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari donor.

  • Menyelamatkan Jiwa

Saru orang yang mendonorkan darah diyakini bisa menyelamatkan 3 sampai dengan 4 orang yang sedang membutuhkannya.

  • Mengecilkan Risiko Sakit Jantung

Darah dalam tubuh kita memiliki kandungan zat besi yang juga memiliki pengaruh terhadap ketebalannya. Artinya, apabila kadar zat besi itu tinggi makan bukan tidak mungkin akan menyebabkan darah menjadi lebih tebal. Selain itu, kandungan zat besi yang meningkat juga bisa mempercepat proses oksidasi kolesterol, sehingga ada kecenderungan terjadinya satu gesekan pada saat darah mengalir menuju pembuluh darah, yang pada akhirnya menghambat alirannya pada pembuluh darah.

Dari alur yang terpaparkan, donor darah menjadi solusi guna menurunkan risiko penyakit jantung karena aliran darah juga mengalami kelancaran.

  • Free Check Up

Telah banyak diketahui bahwa biaya berobat sekarang ini tak juga rendah. Oleh karenanya ada kalimat satire yang acap kita dengar; ‘orang miskin dilarang sakit!’

Dengan melakukan kegiatan donor darah [baca juga tentang pentingnya donor darah], secara otomatis tubuh kita akan diperiksa dulu kondisinya demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Nah, dengan perlakuan semacam ini tentu saja sangat menggembirakan bagi para pendonor. Karena mereka tak perlu mengeluarkan biaya check up guna mengetahui kondisi tubuhnya. Ada banyak hal bisa diketahui dengan segara, antara lain adalah tekanan darah, nadi, suhu, darah kadar hemoglobin di dalam darah.

Dan selepas diambil darahnya, masih ada serangkaian tes darah untuk mengetahui ada-tidaknya infeksi.

  • Mencegah Kanker

Ada banyak cara guna mengurangi risiko terkena kanker, baik itu dengan cara menjaga pola makan, pola tidur, dan lain sebagainya. Dan kenyataannya donor darah adalah langkah lain yang juga bisa ditempuh demi tujuan serupa. Mencegah kanker.

  • Membakar Kalori

Banyak cara dilakukan orang dengan tujuan menjaga tubuh. Salah satunya adalah dengan cara ‘diet.’ Namun ada pula yang melakukan olah raga secara rutin, tujuannya serupa, menjaga tubuh agar jangan kegemukan dan juga kendor.

Berbicara tentang membakar kalori dalam tubuh, selain dengan berolahraga, melakukan donor darah secara rutin menjadi hal yang sangat bagus dan bisa dilihat hasilnya. Pasalnya ketika kita sukarela mendonorkan darah, dari darah sebanyak 450 ml kenyataannya sudah mampu membakar sebesar 650 kalori.

Meskipun donor darah ini tetap tak boleh dijadikan sebagai cara utama untuk menurunkan berat badan, namun ini menjadi slaah satu kiat yang bisa dilakukan.

  • Awet Muda dan Panjang Umur

Otak menjadi lebih tenang dan stabi bagi mereka yang rela mendonorkan darahnya. Hal ini dimungkinkan karena para pendonor akan merasa bahagia sebab ada kebanggaan tersendiri dari kemampuannya menolong orang lain. Dari terbebasnya beban pikiranini bukan tidak mungkin usia hidup pun akan bertambah, sedangkan tampang bahagia juga akan membuat wajah tak gampang menua.

Demikian. Semoga cukup membantu, baik terhadap kondisi kesehatan kita, ataupun terhadap orang lain. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 5 Manfaat Mendonorkan Darah klikdokter.com Diakses pada 22 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 22 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here