Mekanis dan Khemis: Dua Cara Merawat dan Membersihkan Rongga Mulut Serta Gigi

7
3439
Mekanis dan Khemis: Dua Cara Merawat dan Membersihkan Rongga Mulut Serta Gigi
Mekanis dan Khemis: Dua Cara Merawat dan Membersihkan Rongga Mulut Serta Gigi

Di pulau Jawa, generasi sekarang mungkin tak banyak lagi yang bisa menemukan orang berkebiasaan nyirih ataupun nginang. Padahal sepuluh tahun lalu kita masih bisa menemukannya dengan mudah. Sedangkan di wilayah lain, misalnya di bagian Papua, kegiatan semacam nyirih masih dilakukan oleh beberapa masyarakat, namun bukan menggunakan daun sirih. Melainkan buah pinang.

Kita tentu akan bertanya, apa sih manfaat dari nyirih yang berbahan daun sirih itu?

Bagi sebagian orang, sirih menjadi daun yang akan dimanfaatkan pertama kali demi pencegahan pun pengobatan beberapa penyakit. Contohnya jika terkena sakit mata, maka akan diambil daun sirih dan lalu dibersihkan. Setelah itu di tumbuk halus, yang kemudian di taruh ke dalam air. Air itu disaring. Nah air tersebut kita gunakan untuk membasuh mata. Sirih juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan seputar mulut kita, utamanya terhadap kesehatan gigi yang meliputi plak dan juga karang gigi.

Membersihkan Plak & Karang Gigi

Ada banyak langkah ditempuh guna membersihkan plak dan karang gigi. Biasanya adalah dengan datang secara rutin ke dokter gigi. Sejatinya membersihkan plak bisa dilakukan melalui 2 cara; mekanis dan khemis.

  • Cara Mekanis

Sebagaimna bahasanya, mekanis memiliki definisi tak jauh beda dnegan “mekanik,” yaitu salah satu cara efektif yang bisa ditempuh dalam membersihkan plak serta mencegah keradangan. Cara ini acap dilakukan mereka para ahli yang menguasai gigi, tentu saja termasuk dokter gigi. Namun bisa pula dilakukan sendiri, dengan catatan mengerti dan memahami.Salah satu yang bisa dilakukan sendiri itu adalah melakukan rutinitas “sikat gigi” dengan pola sesuai anjuran.

Tingkat kebersihan dan kesehatan dalam menyikat gigi yang masih minim pada akhirnya membuat hasilnya tidak maksimal. Oleh karenanya dibutuhkan pula perawatan dan pembersihan gigi menggunakan cara khemis.

  • Kombinasi khemis

Membersihkan plak dan karang gigi adakalanya tak cukup dilakukan menggunakan cara mekanis. Maka kombinasi anatra mekanis dan khemis merupakan langkah yang bisa dijalankan.

Apa itu Cara Khemis?

Rutinitas sikat pun gosok gigi terkadang tak seratus persen mampu menyingkirkan plak serta karang yang menempel. Hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mengeluarkan produk berupa “mouthwash” alias ‘pembersih mulut’ sebagai hasil dari chemistry-nya. Dari kata chemistry inilah terpapar istilah “cara khemis.”

Perawatan dengan “mouthwash” ini kenyataannya cukup membantu. Pasalnya mouthwash bukan saja bermanfaat bagi gigi. Lebih dari itu, mouthwash juga dapat diandalkan untuk membersihan rongga mulut hanya dengan cara berkumur.

  • Obat Kumur

Obat kumur ‘mouthwash’ ini mampu menghambat pembentukan plak pada gigi karena kandungan yang ada di dalamnya memiliki kemampuan untuk mencegah melekatnya bakteri dan sekaligus menghambat pertumbuhannya.

Produk “mouthwash” kini mudah ditemukan di apotek pun toko-toko terdekat. Sehingga tak akan ada kesulitan asalkan kita memiliki ang untuk membelinya. Namun bagi Anda yang tetap hendak berhemat, sejatinya kita juga tetap bisa melakukan perawatan gigi dan mulut dengan cara “khemis” namun tanpa harus membelinya. Yaitu memanfaatkan mouthwash alami berupa air rebusan sirih.

  • Air Sirih Rebus

Macam-macam obat kumur produk pabrik memang sangat gampang ditemukan di pasaran. Kan tetapi setiap buatan pabrik tentu saja memiliki efek samping, karena mereka mau tak mau tetap menambahkan bahan tertentu sebagai pengawet. Nah, demi meminimalisir efek samping yang ditimbulkan, kita tetap bisa melakukan perawatan secara ‘khemis’ bahkan secara alami. Yaitu dengan menggunakan air daun sirih rebus.

Mengacu pada banyak penelitian, air rebusan daun sirih telah terbukti mampu menurunkan kadar plak yang terdapa pada rongga mulut. Ini merupakan solusi jitu bagi kesehatan gigi dan mulut. Karena selain murah, bahannya pun masih mudah kita temukan, bahkan bisa kita tanam dan budidayakan dalam pot sebagai taman di seputar rumah tinggal. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Berkumur dengan Daun Sirih Membantu Menghilangkan Plak klikdokter.com Diakses pada 23 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 23 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] Mulut adalah juga bagian yang rawan karena mudah terjangkiti kanker. Sebagai pemicu juga sagat beragam, bisa karena makanan, bis apula karena pola hidup kurang bersih. Atau hubungan seks yang tidak sehat. Yang pasti butuh diperhatikan adalah jangan meremehkan pada sariawan, apalagi sariawan itu susah sembuhnya. Pasalnya bukan tidak mungkin hal itu adalah awal dari munculnya penyakit kanker. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here