Yang Harus Diperhatikan Untuk Mencegah dan Menghindari Mata Kering

6
2461
Beberapa Hal Yang Butuh Diperhatikan Guna Mencegah dan Menghindari Mata Kering
Beberapa Hal Yang Butuh Diperhatikan Guna Mencegah dan Menghindari Mata Kering

Mata menjadi bagian dari organ tubuh yang sangat penting. Karena dengan memiliki mata maka segala kegiatan akan lebih mudah dilaksanakan, tanpa harus merasa terhambat akibat membutuhkan bantuan dari pihak lain. Bandingkan saja bagi yang masih memiliki mata yang masih sehat dengan mereka yang matanya sudah tak tajam memandang bahkan dengan mereka yang mengalami disabilitas mata.

Melihat pentingnya mata bagi aktivitas kita sehari-hari, maka sudah semestinya kita selalu merawatnya dengan baik. Entah memberikan nutrisi yang cukup, pergi ke dokter untuk check up, dan lain sebagainya.

Salah satu perawatan mata demi menghindari mata kering, ada banyak langkah bisa kita tempuh. Di antaranya adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga bermacam ikan. Dan di bawah ini adalah beberapa hal yang butuh diperhatikan agar kita terhindar dari mengalami kekeringan pada bagian mata.

Konsumsi Air Minum

Mengonsumsi lebih banyak air merupakan langkah rutin dan murah yang bisa ditempuh. Dan ini adalah langkah sederhana namun memiliki manfaat lebih bagi kesehatan tubuh, termasuk di dalamnya adalah kondisi mata. Bahkan selain sebagai penyuplai kebutuhan akan cairan dan juga kebutuhan nutrisi dalam tubuh, air juga memiliki kemampuan guna melarutkan racun dari organ-organ vital serta menciptakan suhu lembab pada telinga, hidung dan tenggorokan.

Dehidrasi akibat kekurangan -meminum- air bukan saja nampak pada lemasnya badan, akan tetapi juga mampu mempengaruhi keberadaan air yang ada pada mata kita.

Asam Lemak

Asupan makanan yang mengandung asam lemak esensial pun Omega 3 menjadi hal penting bagi keseluruhan kondisi tubuh kita. Pasalnya dalam omega 3 terdapat kandungan EPA dan DHA yang keduanya mempunyai kemampuan untuk mencegah terjadinya pembentukan plak dalam pembuluh darah (aterosklerosis). Dengan begitu penyakit jantung, stroke, dan bahkan alzheimer (kepikunan) juga akan turut tercegah. Risiko terkena alzheimer secara dini bisa dicegah dan diminimalisir apabila tubuh memiliki Omega 3 yang jumlahnya cukup, karena omega 3 ini diyakini mampu meningkatkan fungsi mental, memori, dan konsentrasi.

Lalu apa saja yang memiliki omega 3 itu?

  • Ikan dan Minyak Ikan

Dari berbagai jenis ikan pun minyak ikan –yang tersedia di toko-toko terdekat, kita akan dapat menemukan omega 3. Sehingga ada banyak hal bisa kita minimalisir apabila mau secara rutin mengonsumsinya. Pasalnya selain alzeimer ataupun kepikunan, zat pada lemak ikan juga mampu meminimalisir gejala penyakit kejiwaan (schizophrenia), dan juga mencegah terjadinya mata kering.

Jika di perairan dingin ada jenis ikan salmon, halibut, sarden ataupun tuna. Maka di Indonesia ini yang memiliki asam lemak omega 3 dan dianjurkan banyak dikonsumsi adalah ikan sidat, terubuk, ikan tenggiri, ikan kembung, ikan bawal, ikan layang, seren, slengseng, dan juga tuna.

  • Minyak Biji Rami

Selain berbagai ikan, sumber lain yang memiliki kandungan Omega 3 sebagai materi bagus demi mencegah mata kering, tersedia pula minyak biji rami.

Antioksidan

Radikal bebas dalam tubuh bisa ditimbulkan dari berbagai macam. Antara lain adalah penuaan, buruknya pola makan, dan kurangnya olahraga. Gaya hidup juga mampu mempengaruhinya, yaitu kebiasaan merokok, berlebihan mengonsumsi alkohol pun obat-obatan. Dan apabila radikal bebas itu dibiarkan, tak pelak mata pun mengalami kondisi yang tak diinginkan.

Oleh karenanya demi membantu mencegah rusaknya mata kita, vitamin C, vitamin E, dan A menjadi hal penting dan tak bisa ditinggalkan karena merupakan vitamin yang kaya akan antioksidan.

  • Vitamin A
    Vitamin A merupakan vitamin yang bisa kita temukan dari mengonsumsi telur, hati, wortel , dan juga bayam. Vitamin A memiliki peranan penting pada retina mata kita dan juga pada pencahayaan. Di samping itu vitamin A juga mengurangi risiko terbentuknya katarak.
  • Vitamin C
    Sudah banyak yang memahami bahwa vitamin C menjadi kebutuhan yang tak bisa ditinggalkan. Karena dengan kekurangan vitamin C akibat dini langsung bisa diarsakan, yaitu timbul sariawan, bibir pecah-pecah, dan bermacam penyakit kulit lainnya. Dan bukan itu saja, selain mampu menguatkan tulang dan otot serta menjaga kesehatan gigi dan gusi, vitamin C menjadi hal yang tak bisa ditinggalkan guna menjaga kesehatan mata.
  • Vitamin E.
    Tindak pencegahan dan juga meminimalisir perkembangan katarak bisa memanfaatkan vitamin E yang bisa didapatkan dari banyak hal, baik kacang-kacangan ataupun sayur-sayuran yang berdaun hijau.

Kalium dan Zinc

Rumput laut merupakan asupan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, di dalamnya termasuk pula untuk mencegah kekeringan mata. Karena pada rumput laut akan sekaligus bisa ditemukan kalium dan juga zink.   Selain rumput laut, kita juga bisa menemukan kalium terbaik pada buah pisang, almond, buah kurma, ataupun buah alpukat. Sedangkan untuk kandungan zink, kita bisa mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, hati, jamur, biji bunga matahari, dan juga berbagai makanan yang mengandung ragi. Baik tempet ataupun tape.

Demikian adalah berapa hal yang bisa diperhatikan dalam menjaga kesehatan mata, utamanya demi menghindari terjadinya kekeringan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mata Kering? Atasi dengan 4 Makanan Ini! klikdokter.com Diakses pada 25 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 25 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here