Inilah Cara Mencampur Kuning dan Putih Telur Tanpa Harus Memecahkan Cangkangnya

4
5460
Tahukah Anda, Telur Yang Baik Bagi Kesehatan Adakalanya Menyebabkan Alergi Bagi Si Kecil?
Tahukah Anda, Telur Yang Baik Bagi Kesehatan Adakalanya Menyebabkan Alergi Bagi Si Kecil?

Telur menjadi menu yang banyak digemari oleh khalayak, karena selain menjadi hidangan yang memiliki manfaat menyehatkan bagi tubuh juga memiliki rasa yang lezat. Apalagi jika pintar membuat varian hidangannya. Bisa digoreng dadar, bisa dibikin telur mata sapi, bisa dikemas menjadi omelet, bisa dimasak kecap atau direbus begitu saja, dan amsih banyak lagi.

Ada sebagian yang tak menyukai putih telur dan hanya mengehendaki kuning telurnya, pun sebaliknya. Namun tak sedikit pula yang justru menghendaki antara putih dan kuning telur itu bercampur menjadi satu. Sehingga antara gizi dan protein yang ada di telur itu bisa langsung dinikmati berbarengan.

Mencampur Putih dan Kuning Telur

Jika ingin membuat dadar ataupun omelet kita musti mencampurkan antara putih dan kuning dalam telur. Hal itu lazim dilakukan dengan cara memecahkan telur lalu ditaruh dalam sebauh wadah, dan kemudian dikocok, baik menggunakan sendok/grapu ataupun menggunakan mixer. Setelah kuning telur dan putihnya bercampur, adonan lain bisa segera dimasukkan dan menuju proses selanjutnya.

Namun adakalanya kita juga menghendaki bercampurnya kuning dan putih telur ini tanpa harus memecahkan cangkangnya terlebih dahulu. Pasalnya, ada keinginan untuk menikmati telur rebus yang tak terpisah antara isi putih dan kuningnya. Lalu bagaimana caranya?

Mengocok Telur Tanpa Memecahkan Cangkang

Adakalanya kita pingin menikmati telur rebus, namun hanya ingin memakan pada abgian kuningnya saja karena tak menyukai bagian putihnya. Menyiasati hal tersebut, agar tak ada yang dibuang sia-sia, sejatinya ada trik khusus bisa diterapkan. Yaitu dengan cara baru yang lebih unik; mengocok telur agar kuning dan putihnya bisa tetap menyatu namun masih berada di dalam cangkang tanpa harus memecahkannya lebih dahulu. Ini bisa dilakukan karena hasilnya apabila dijadikan telur rebus keseluruhan isinya akan berubah warna menjadi kuning, karena putih telurnya telah menyatu.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan;

  • Siapkan Kaos Lengan Panjang

Langkah pertama yang harus ditempuh adalah menyiapkan sebuah telur mentah dan lalu mengambil kaos lengan panjang. Masukkan telur tersebut ke dalam bagian lengan panjang dari kaos hingga posisinya ada di tengah-tengahnya.

  • Ikat Menggunakan Benang

Langkah selanjutnya adalah emngambil benang, dan lalu ikatkan benang tersebut pada kedua ujung lengan yang di tengahnya ada telurnya. Pastikan pengikatannya adalah kuat dan kencang.

  • Putar Bagian Lengan Kaos

Langkah ketiga adalah memegang kedua ujung lengan pada kaos dengan menggunakan masing-masing tangan kita, kanan dan kiri. Selanjutnya gerakkan dengan arah memutar –maju ataupun mundur bagian lengan kaos yang berisi telur tersebut sampai beberapa kali putaran.

  • Tarik Lurus & Rentangkan Lengan Kaos

Sesudah beberapa putaran, lalu tarik dan rentangkan kaos bagian lengan tersebut sehingga menjadi berputar dengan arah berlawanan. Cara ini seyogyanya agar dilakukan beberapa kali sebelum memecahkan ataupun merebus telur yang telah diputar-putar tersebut.

Apabila ada yang belum jelas, silakan mengamati gambar panduannya di video Youtube terlampir. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] How to Scramble Eggs Inside Their Shell youtube.com Diakses pada 27 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 27 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here