Hanya Butuh Waktu 2 Menit; Cara Cepat Mendinginkan Minuman Kemasan Kaleng dan Botol

11
10536
Hanya Butuh Waktu 2 Menit; Cara Cepat Mendinginkan Minuman Kaleng dan Botol - Ensiklopedia
Hanya Butuh Waktu 2 Menit; Cara Cepat Mendinginkan Minuman Kaleng dan Botol - Ensiklopedia

Memiliki keinginan serba intan dewasa ini telah banyak dilakukan banyak orang. Baik itu yang berkaitan dengan cita-cita, keinginan, bahkan juga dalam hal makanan pun minuman. Berkehendak instan memang menjadi hal yang memiliki efek negatif. Akan tetapi tak melulu negatif, karena tetap ada keyakinan bahwa di dalam negatif akan selalu ada sisi positif yang menyertainya. Sebagai contoh adalah dalam hal makanan pun minuman, apabila kita tak punya cukup waktu dan lebih menghendaki waktunya untuk mengerjakan sesuatu, maka untuk urusan makanan dan minuman tentu akan lebih memilih yang instant dan tlebih gampang dinikmati.

Minuman dan Makanan Instant

Ada banyak produk minuman dan makanan instant tersedia. Selain di warung makan, berbagai macam makanan dan minuman berkemasan juga marak di toko-toko terdekat. Baik itu minuman berkemasan botol ataupun kaleng, dan juga makanan instant semacam mie yang tak butuh waktu lama untuk menikmatinya.

  • Minuman Kemasan

Minuman kemasan baik yang berujud botol ataupun kaleng, keduanya menjadi minuman yang banyak disuka. Pasalnya selain instant minuman-minuman berkemasan ini rasanya juga enak dan menyegarkan.

Namun adakalanya jenis minuman kemasan itu lebih nikmat apabila disajikan dalam keadaan dingin. Oleh karenanya dibutuhkan cara guna mendinginkannya.

  • Menyimpan Dalam Lemari Es

Memasukkan dan menyimpan berbagai jenis minuman kemasan ke dalam kulkas pun lemari es telah menjadi kebiasaan yang jamak dilakukan guna mendinginkan minuman. Ini menjadi cara santai dan tak membutuhkan trik khusus, karena tinggal menaruhnya dalam kulkas dan lalu ditinggalkan begitu saja. Hanya saja cara ini juga memiliki kelemahan, yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama. Bagi yang tak buru-buru, menyimpan minuman kemasan dalam lemari es dengan tujuan mendapatkan hasil minuman dingin ini merupakan proses yang tak memusingkan. Akan tetapi bagi sebagian lainnya, hal ini kerap menjadi masalah karena acap membuat kesal, apalagi ketika rasa haus telah melanda dan tak bisa terbendung lagi.

Mendinginkan Minuman

Demi mengatasi lamanya waktu dalam mendinginkan minuman kemasan tersebut, sejatinya ada cara lain yang bisa ditempuh. Namun tetap saja menggunakan bahan es sebagai media pendinginnya.

Apabila Anda pernah melihat cara-cara yang dilakukan oleh beberapa pedagang asongan, mungkin tak akan asing lagi dengan cara yang satu ini. Yaitu dengan menaruh minuman kemasan dalam satu kotak yang di dalamnya telah diberikan es sebagai bahan pendingin. Namun berikut ini ada lagi langkah berbeda yang bisa ditempuh, yaitu dengan menaburkan garam di dalamnya.

Cara Cepat & Tak Memakan Waktu

    • Media
      • Minuman kemasan yang hendak didinginkan
      • Wadah; bisa abskom, ember, dan lain-lain
      • Es balok ataupun es batu
      • Garam (2 sendok makan)
      • Air
    • Langkah-Langkah
      • Pertama, masukan air secukupnya ke dalam wadah yang teersedia, dan masukkan pula es batu dalam jumlah yang banyak.
      • Masukan pula garam sebanyak 2 sendok makan di dalamnya, selanjutnya aduk secara rata hingga garam tersebut larut dan bisa menyatu.
      • Langkah ketiga adalah memasukkan minuman kaleng yang hendak didinginkan ke dalam wadah. Pastikan semua bagian kemasan minuman itu tertutupi es batu.
      • Diamkan selama kurang lebih 2 menit, lalu angkat minuman. Dan lihat hasilnya.

Lebih jelasnya silakan amati video di Youtube tersebut. Semoga bermanfaat. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] How to Cool a Drink in 2 Minutes youtube.com Diakses pada 31 Januari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 31 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

  1. […] Namun hal itu juga tak berlaku bagi semua orang pun semua makanan. Pasalnya, pada beberapa orang juga ada yang akan merasakan nyaman tatkala mengonsumsi minuman dan makanan hangat saat tenggorokan dan mulut bermasalah. Lendir menjadi encer adalah justru pengaruh yang didapatkannya.     Hal serupa berlaku pula untuk jenis makanan  pun minuman yang dingin, sebagai contoh adalah es krim yang dingin. [Baca juga: Hanya Butuh Waktu 2 Menit; Cara Cepat Mendinginkan Minuman Kemasan Kaleng dan Botol] […]

  2. […] Asupan makanan berkadar karbohidrat dan gula tinggi, misalnya jus ataupun susu formula bisa mempengaruhi risiko terkena karies pada permukaan gigi. Para peneliti juga menyatakan bahwa anak dengan konsumsi karbohidrat berlebih, utamanya sukrosa, akan lebih cenderung terkena karies gigi dari pemberian nutrisi melewati botol. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here