Tahukah Anda, Konsumsi Telur Juga Bisa Menyebabkan Alergi Bagi Si Kecil?

11
3135
Tahukah Anda, Telur Yang Baik Bagi Kesehatan Adakalanya Menyebabkan Alergi Bagi Si Kecil?
Tahukah Anda, Telur Yang Baik Bagi Kesehatan Adakalanya Menyebabkan Alergi Bagi Si Kecil?

Telur menjadi makanan favorit bagi sebagian orang, karena dari telur bisa diolah berbagai menu masakan. Cara mengolahnya juga bisa dilakukan dengan bermacam gaya, baik setelah pun sebelum dimasak. [Selengkapnya baca juga tentang Cara Mencampur Kuning dan Putih Telur Tanpa Harus Memecahkan Cangkangnya]

Dengan telur banyak olahragawan dan juga pekerja yang mengonsumsinya demi mendapatkan kebugaran dan keefektian kerja. Lalu telur apa saja yang bisa dikonsumsi dan apa pula kandungan di dalamnya?

Telur Apa Saja?

Telur ayam adalah asupan yang lazim dikonsumsi, baik ayam negeri pun aam lokal. Akan tetapi kenyataannya masih terdapat banyak telur lain yang tetap bisa kita konsumsi pula. Di antaranya adalah telur bebek, telur puyuh, dan jenis unggas lainnya.

Dari berbagai macam telur itu, secara umum memiliki kadar yang tak jauh berbeda dan sama-sama menyehatkan tubuh.

Kandungan Dalam telur

Dari telur ada banyak kadar yang menyehatkan tubuh. Di antaranya adalah gizi, nutrisi, vitamin A, B, D, E, zinc, dan juga fosfor. Selain itu, meskipun telur juga memiliki kandungan lemak, akan tetapi kadarnya juga tak sebesar pada lainnya, baik pada daging ayam, daging sapi, daging bebek, dan lain-lain.

Dengan begitu, telur merupakan asupan bagus, utamanya bagi mereka yang memerlukan protein tinggi namun tak tinggi kadar lemak. Dari berbagai macam telur tersebut, secara umum keseluruhannya memiliki kadar yang tak jauh berbeda yang sama-sama menyehatkan tubuh.

Zat Putih Telur

Putih telur yang berujud cairan putih dan bening dikenal pula dengan istilah albumen atau glair/glaire. Terlepas sudah ataupun belum dibuahi, cairan bakal putih telur ini tetap ada beserta kandungan 10% proteinnya.

Karena memiliki protein tinggi dan rendah lemak, maka putih telur juga berguna untuk melindungi kuning telur dan menyediakan nutrisi tambahan bagi pertumbuhan embrio. Ini adalah kebalikan dari kuning telur dengan kadar lemaknya yang tinggi.

Kadar Putih Telur

Selain memiliki zat peptida, di dalam putih telur juga terdapat fosfat. Hal ini menjadi bagian bermanfaat bagi mereka yang memiliki niat diet lemak demi menjaga kesehatan.

Bukan saja bagi orang tua, putih telur yang bertekstur menyerupai agar-agar dan disukai anak-anak ini juga bagsu bagi si kecil. Pasalnya kandungan protein tinggi menjadi bekal yang sangat membantu bagi pertumbuhannya.

Manfaat Lebih

Dari banyak penelitian, diakui bahwa kandungan putih telur memiliki manfaat tinggi. Oleh karenanya para pekerja keras dan olahragawan juga mendapatkan manfaat lebih apabila berminat mengonsumsinya, sebagai contoh adalah pembentukan otot bagi para binaragawan.

Lain-Lain

Tak semua orang memiliki selera sama, begitu pula tak semua orang juga memiliki daya tahan yang serupa. Oleh karena itu, meskipun telur bisa menjadi sumber makanan endah lemak dengan protein tinggi, namun ada beberapa orang yang memiliki pantangan konsumsi telur, karena jika tetap memakannya, maka bukan tidak mungkin akan timbul alergi di beberapa bagian tubuhnya.

Pada umumnya alergi disebabkan oleh konusmi telur bagian putihnya. Dan pada umumnya diderita oleh para bayi yang sedang mengalami reaksi alamiah. Artinya, seiring berjalannya waktu, pada fase usia tertentu hal ini bisa teratasi dengan sendirinya. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Putih Telur id.wikipedia.org Diakses pada 8 Februari 2015
[2] Kandungan Putih Telur peterparkerblog.com Diakses pada 8 Februari 2015
[3] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 8 Februari 2015

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here