Inilah Cara Mengalihkan Surat Elektronik –Email Forwarding

4
2387
Inilah Cara Mengalihkan Surat Elektronik --Email Forwarding

Dunia informasi yang selalu disertai dengan dunia komunikasi telah membawa kita kepada kecanggihan yang ada, sehingga bagi yang tak mengikutinya bukan tidak mungkin akan sering tertinggal dalam segala hal.

Merunut beberapa pengamatan tentang perkembangan jaman yang semakin modern, khususnya pada sisi TIK (teknologi informasi dan komunikasi), dipetakan selalu mengalami perkembangan rata-rata 1,5 tahun sekali. Jadi ketika Anda memegang alat telekomunikasi berupa gadget sebagai bagian dari tekhnologi informasi dan komunikasi, maka besar kemungkinan ada pembaruan tehnologi lagi pada bulan ke-19 sejak diluncurkan pertama kali. Begitulah perkembangan pada area TIK yang sering dinamakan sebagai “era digital.”

Berkirim Surat

Terlepas dari ada pun tidaknya perkembangan TIK, ada satu hal yang dari dulu selalu ada dan sangat penting keberadaannya, yaitu keberadaan sebuah “surat,” sebagai sarana utama dalam berkomunikasi.

Tatkala era digital belum merebak, jasa tukang pos sangat dibutuhkan dalam melayani segi-segi kehidupan manusia. Pasalnya tukang pos itulah yang menjadi salah satu bagian dari sarana komunikasi kita kepada pihak lain. Yaitu dengan mengiirmkan berita melalui surat yang dikirimkannya.

  • Email alias Surel

Era digital telah memudahkan banyak pihak, salah satunya adalah tukang pos. Karena dengan adanya surel (surat elektronik) –atau yang lebih dikenal dengan sebutan email, maka tukang pos tak lagi terlalu direpotkan untuk mengayuh sepeda pun menunggangi kendaraan lain demi mengantarkan surat demi surat ke tempat tujuannya.

Sejatinya serupa dengan yang dinamakan “surat” sebagaimana yang dikirimkan oleh tukang pos, pada email kita juga tetap membutuhkan akun yang menunjukkan alamat si empunya dan juga alamat si tertuju. Sedangkan lembaran surat demi surat bisa dibedakan sesuai beberapa kriteria, baik tanggal pengiriman judul surat (subyek), tembusan, dan lain-lain. Dari bentuk surat elektronik ini kita juga tetap bisa melampirkan lembaran (file) lain dengan beragam bentuk, baik dokumen, gambar, suara, gambar gerak a.k.a video.

  • Alamat Email Sebagai bagian dari ID

Tak ada ketentuan pasti dalam pemilihan nama dan atau alamat email yang hendak kita miliki. Bisa dalam bentuk huruf semua, bisa pula kombinasi antara huruf dan karakter angka pun beberapa tanda baca. Hal yang perlu diingat adalah bahwa pemilihan nama ini merupakan hal yang tak bisa diganti karena itu menjadi semacam “ID” bagi diri kita juga. Jadi tentukan secara pasti penentuan akun email yang hendak dimiliki.

  • Penyedia Layanan

Dewasa ini telah banyak yang menyediakan tempat untuk kita mengambil jatah alamata email, baik berbayar ataupun secara gratis. Yang paling sering digunakan adalah mail yang disediakan pihak yahoo.com dan juga surel yang difasilitasi oleh google.com

Kitapun bebas memilih salah satu pun menggunakan dua-duanya. Dari satu platform penyedia layanan email tersebut, kita juga bisa membuat lebih dari satu alamat email. Nah dari satu platform tersebut, ketika kita memiliki banyak email tentu kita akan ribet jika kudu mengiris semuanya secara bersamaan.

Namun tak usah risau dengan keribetan atas banyaknya email yang kita miliki tersebut, karena saat ini mereka (baik email dari google ataupun dari yahoo) telah memberikan kemudahan bagi kita, yaitu bisa mengarahkan banyak email pada akun lainnya. Email Forwardding istilahnya.

Pengalihan Surel (Mail Forwarding)

Lalu bagaimana ara forward email? Sebenarnya jika kita rajin utak-utik pada laman pengaturan (setting) yang ada di akun email kita, tak ada kesusahan berarti yang ditemui. Karena dua raksasa digital penyedia layanan email, yaitu google dan yahoo telah menyediakan pengaturan pengalihan (forwarding) email.

  • Cara Forward Gmail

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengalihkan email yang kita miliki di google, yaitu yang beralamat di @gmail.com;

1. Buka akun email Anda

2. Cermati bagian kanan atas –di bawah avatar Anda. Di sana ada gambar roda gigi yang merupakan icon pengaturan (setting). Silakan klik icon tersebut kemudian pillih pengaturan/setting

3. Setelah dipilih ‘pengaturan,’ Anda akan menemukan beberapa navigasi; General, Labels, Inbox, Accounts and Import, Filters Forwarding and POP/IMAP, Chat, Web Clips, dan lain-lain. Pilih saja Filters Forwarding and POP/IMAP.

Add a forwarding adress
Add a forwarding adress

4. Setelah itu tekan tombol “Add a forwarding adress” yang posisinya biasanya ada di bagian atas.

5. Setelah di tekan lalu isikan alamat email yang hendak dituju dan dijadikan tempat mem-forward alias mengalihkan.

6. Apabila telah memasukkan kode verifikasi (yang ada di alamat email tujuan), maka jangan lupa untuk memberikan tanda pada sebelah kalimat yang berbunyi “Forward a copy of incoming mail to.. … …”

Forward a copy of incoming mail to.. ... ...
Forward a copy of incoming mail to.. … …

7. Terakhir, tekan SAVE di bagian bawah untuk menyimpannya.

Jika berhasil, maka di bagian atas akan ada sebaris tulisan berisi pemberitahuan yang akan muncul selama 7 hari. Ini contoh kalimat dalam versi bahasa inggrisnya; You are forwarding your email to 123xxx@gmail.com. This notice will end in 7 days.

Demikian untuk pengaturan mengalihkan email di gmail.com. Untuk lebih jelasnya silakan sambil amati pula gambar terlampir. Sedangkan untuk mail-mail lain, pada prinsipnya sama, hanya langkah-langkahnya saja yang sedikit berbeda. Semoga bermanfaat. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 9 Februari 2015

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Dari layanan email milik google itu ada banyak fiturnya, termasuk menggantikannya menjadi email domain sendiri –yang saat ini berbayar–. Hanya saja, masih sedikit yang memahami semua fiturnya. Salah satunya adalah fitur mengganti “informasi nama pengirim” dan juga menyertakan “signature” alias tanda tangan di setiap pengiriman surat.   Maka di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk mengganti nama pengirim dan juga menyertakan signature. [Baca juga: Inilah Cara Mengalihkan Surat Elektronik –Email Forwarding] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here