Inilah Cara Menempelkan –Embed Timeline Twitter Ke Dalam Artikel

5
2179
Cara Menempelkan Kicauan Twitter Pada Artikel
Cara Menempelkan Kicauan Twitter Pada Artikel

Merebaknya sosial media dewasa ini membuat banyak orang tak bisa lepas darinya. Selain banyak madharatnya, tak bisa dipungkiri terdapat pula banyak manfaat yang bisa kita ambil darinya. Karena ada banyak sosial media yang tersedia, tak pelak satu orang pun memiliki akun di mana-mana.

Mengacu pada banyaknya media sosial yang digunakan, keterkaitan antara media satu dengan yang lain dewasa ini sudah tak bisa dihindari lagi. Karena jika hendak berdiri sendiri dan tak membuka kemungkinan untuk bisa dikaitkan pada pihak lain, maka besar kemungkinan akan menjadi faktor pengurang bagi media bersangkutan.

Share atau Bagikan

Banyak platform media blog yang pada akhirnya juga menyertakan fasilitas share alias bagikan kepada media lain, bukan saja satu media, namun lebih. Sebagai contoh adalah blog dengan mesin wordpress maka disediakan fitur sharing kepada media lain; twitter, facebook, linked in, pinterest, dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan platform website pun weblog lain, blogspot, tumblr, dan lain sebagainya.

Cross Posting

Selain fasilitas “berbagi,” yang tak boleh ketinggalan adalah juga fitur cross posting dari berbagai media sosial. Bisa dari weblog di-cross posting menuju sesama weblog, bisa dari weblog ke sosial media pun sebaliknya, dan bisa pula crossposting dari sesama sosial media [baca juga: Cara Crossposting Facebook ke Twitter dan Cross-Posting Twitter Menuju Facebook ].

Embed Script

Apabila tersedia fitur sharing dan cross posting, maka masih ada juga fasilitas ’embed.’ Yaitu menempelkan satu script (kode pemrograman) yang memuat tulisan, gambar, pun data lain ke dalam satu media.

Ihwal ’embed script’ ini sejatinya telah disediakan oleh pihak youtube yang memerdekakan siapa saja untuk mengambil gambar videonya guna ditempel pada halaman/tempat lain.    Seiring dengan pengguna media daring berujud twitter, maka fasilitas embed juga disediakan olehnya. Sehingga sesiapapun bisa mengambil hasil ocehan di twitter dan lalu menempelkannya di tempat lain.

Cara Embed Twitter Ke Artikel

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa ditempuh guna mengambil sebuah kicauan di twitter dan lalu meletakkannya pada sebuah artikel pun tempat lain;

Cara Menempelkan Kicauan Twitter Pada Artikel
Cara Menempelkan Kicauan Twitter Pada Artikel
  • Sorot menu more tweet.

Sorot menu “more tweet” pada kicauan yang hendak dilampirkan,

  • Klik “Embed Tweet”

Setelah muncul jendela baru embed tweet yang berisi script

  • Salin/copy script html yang muncul

asdfgh

  • Buka Media Lain

Pindah ke layanan lain yang kita kehendaki, sebagai contoh adalah pada jurnal (artikel) pada weblog/website yang kita miliki

  • Centang Mode html

Pilih/centang pada editor jurnal dan kemudian tempelkan (paste) script html tadi pada posisi yang di kehendaki. [uth]


Sumber Rujukan :
[1] Gambar ilustrasi adalah screen shoot dari twitter ensiklo. Diakses pada 11 Februari 2015

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here