Cara Praktis dan Cepat Memotong Buah Semangka

4
6656
Bukan Saja Dagingnya, Namun Biji Pada Buah Semangka Ternyata Juga Memiliki Manfaat Lebih

Semangka menjadi buah yang memiliki manfaat ganda. karena selain bisa mengenyangkan perut, semangka juga mampu menyembuhkan rasa dahaga karena telah terbukti mempunyai kandungan air tak terhingga.  Dari khasiatnya yang ganda itu tak pelak buah semangka tepat apabila  disantap usai kerja-keras ataupun setelah melakukan aktifitas olah raga.

Selain itu, buah semangka juga cocok disajikan dalam acara-acara resmi, baik acara hajatan di kampung ataupun pesta kenegaraan. Oleh karenanya ada tangan-tangan terampil yang acap mengolah buah semangka untuk dijadikan bahan dekorasi dengan nilai seni yang sangat tinggi. Serupa dengan ice-carving yang nilai seni tingginya ditunjukkan dengan metode pahatan es batu.

Sederhana Namun Tetap Istimewa

Dalam penyajiannya, buah semangka bisa dipresentasikan dalam banyak bentuk. Dipadukan sebagai isi kotak snack, ditaruh pada buffet, atau sekedar dipadukan dengan menu lain sebagaimana yang acap kita lihat pada acara tumpengan.

Dari bentuknya yang sederhana itu, terbukti bahwa buah smenagka memiliki banyak keistimewaan dan bisa disajikan dalam segala suasana.

Memotong Buah Semangka

Pada umumnya bentuk potongan buah semangka adalah sebagaimana yang kita saksikan pada tukang buah keliling, yaitu tipis namun berpenampang panjang dan besar. Atau malah kecil-kecil kotak dan padat seperti yang disajikan mengelilingi tumpeng.     Namun ada langkah lain yang bisa menghasilkan potongan serupa.

Berikut ini adalah contoh lain lagi yang bisa dilakukan dalam memotong buah semangka sebagai santapan kita. Cukup simple, praktis, dan tak memakan banyak energi. Alatnya pun tak memerlukan yang canggih-canggih, hanya pisau dan telenan saja. Namun ada syaratnya, dua alat itu dan juga tangan kita harus dalam kondisi bersih dan higienis.

Praktis dan Cepat Memotong Semangka

Karena yang akan dipotong adalah semangka, maka langkah paling awal yang harus disiapkan adalah sebentuk buah semangka utuh berujud bulat layaknya bola sepak.

  • Potong Vertikal

Buah semangka berbentuk bola mulai dibelah dengan arah vertikal. Artinya bagian pangkal buah harus ada di bawah ataupun di atas.

  • Ambil Separuh Bagian Semangka

Usai dibelah, ambil salah satu bagian semangka yang telah dibelah, lalu letakkan di atas talenan dengan posisi tengkurap menyerupai kura-kura. Selanjutnya potong dari pinggir ke tengah hingga ke pinggir lagi separuh semangka itu. Usahakan jarak potongan satu dengan lainnya sama agar hasilnya juga serupa.

  • Putar 90 Derajat

Langkah berikutnya adalah tetap membiarkan posisi semangka itu tengkurang ala kura-kura, namun putar dengan arah 90 derajat, searah jarum jam, atau sebaliknya. Lakukan pemotongan serupa dengan langkah awal tadi, yaitu dari sisi pinggir ke tengah, hingga sisi pinggir lagi, berjarak sama.

Hasil Potongan

Dari langkah-langkah di atas, akan dihasilkan potongan-potongan semangka dengan bentuk kotak, akan tetapi memang akan memiliki daging semangka dengan besar yang tak serupa. Yang ada di tengah tentu saja akan lebih banyak dagingnya dibandingkan dengan yang di bagian pinggir. Itu kelemahannya.

Namun bukan tanpa kelebihan, karena jika memotong semangka dengan cara ini, selain praktis dan mudah, buah semangka yang hendak disantap juga kecil kemungkinan menjadi kotor, karena tangan kita tak bersentuhan langsung dengannya. Untuk lebih jelasnya silakan amati sumber gambar video terlampir di bawah ini. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Video ‘Cara Praktis Membelah Buah Semangka’  YouTube.com Diakses pada 16 Februari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 16 Februari 2015

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here