Inilah Jenis Kucing Unik di Dunia

2
6457
jenis kucing
jenis kucing

Kucing adalah salah satu jenis hewan yang paling digemari. Hewan jenis ini dikenal secara tradisional sebagai hewan yang dapat hidup bersama dengan manusia. Kucing dikenal sebagai salah satu teman manusia. Selain terbiasa dengan hidup di habitat liar, kucing juga dapat beradaptasi menjadi hewan rumah yang hidup bersandingan dengan manusia. Kucing peliharaan di Indonesia cukup dikenal, mulai dengan kucing lokal, persia atau angora.

Jenis kucing yang paling dikenal di Indonesia, selain kucing lokal, adalah persia dan angora. Kedua jenis kucing ini cukup diburu dan digemari menjadi hewan piaraan. Kucing memang identik dengan sikap manja dengan pemiliknya selain penampilan yang menarik. Meski tidak seperti anjing yang dapat diberi tugas lebih kompleks, kucing tetap menjadi salah satu peliharaan favorit, selain anjing, burung dan ikan.

Jenis-jenis Kucing 

Jenis kucing di dunia cukup beragam. Tidak semua jenis ini dikenal di Indonesia. Dari beragam jenis tersebut, terdapat pula beberapa jenis yang tidak umum untuk tinggal di rumah bersama dengan manusia. Berikut ini adalah daftar beberapa jenis kucing di dunia:

Kucing American Bobtail 

Jenis Kucing American_bobtail_2Kucing jenis ini adalah jenis kucing hutan dengan ekor pendek. Kucing ini sempat mencapai jumlah yang sedikit di wilayah Amerika. upaya penankaran dan pengembangbiakan ulang dilakukan sejak tahun 1960an untuk menyelamatkan jenis kucing ini dari kepunahan. Jenis kucing ini kembali mudah ditemukan di wilayah Amerika. Kucing dengan dasar kemampuan beradaptasi dengan manusia menyebabkan kucing hutan jenis ini kini banyak ditemukan di lingkungan manusia.

Kucing Ras Indonesia

jenis Kucing INdonesiaIndonesia memiliki ras kucing sendiri. Beberapa ahli kucing mengindetifikasikannya sebagai “javanese cat” atau kucing Jawa. Kucing asli Indonesia bisa hidup di lungan liar maupun di lingkungan manusia. Daya tahan kucing jenis lokal pun lebih baik dibandingkan dengan kucing kelas impor, seperti angora atau kucing persia. Hal ini disebabkan oleh proses pengkondisian secara alamiah yang bisa menempatkan hewan ini sebagai pemburu yang dapat bertahan secara alamiah.

Jenis Kucing Manx

Jenis Kucing ManxSecara umum terdapat dua jenis Manx, yaitu Manx berbulu panjang dan manx biasa. Kucing jenis ini berkembang di Inggris terutama di salah satu pulau bernama Island of Man. Kucing ini ditandai dengan ekor yang pendek atau bahkan tanpa ekor sama sekali. Kucing jenis ini cukup tangguh untuk beradaptasi dengan beragam situasi lingkungan.

Kucing Siam 

jenis kucing siamSiam adalah cara lain menyebut Thailand. Kucing jenis ini dikenal dengan tubuh yang sedikit unik dibandingkan dengan bentuk tubuh kucing lainnya. Salah satu keunikan jenis kucing ini adalah tubuhnya yang relatif panjang dan kurus. Kucing jenis ini berbulu pendek. Umumnya kucing siam memiliki ekor yang panjang dan lurus. Siam dikenal sebagai kucing alam yang bisa berdaptasi untuk tinggal di lingkungan manusia.

Kucing Persia

Jenis Kucing PersiaKucing Persia mungkin adalah salah sati favorit dan jenis yang paling banyak dikenal di Indonesia. Kucing ini memiliki kekhasan bulu yang tebal. Pada prinsipnya, kucing jenis ini pun bisa hidup di lingkungan terbuka dan bebas. Namun, di Indonesia kucing ini umumnya diperlihara dalam kandang, terbatas dengan asupan makanan yang ketat dikendalikan.

Jenis Kucing Peterbald

Jenis Kucing PeterbaldSiapa mengira bahwa ada kucing tanpa bulu. Orang Indonesia mungkin kurang mengenal jenis kucing ini. Kucing Peterbald adalah salah satu jenis kucing dari Rusia yang tidak memiliki bulu. Kucing jenis ini adalah persilangan dari jenis kucing Sphynx dan oriental Shorthair. Kucing ini bukan tanpa bulu sama sekali, melainkan memiliki bulu yang sangat tipis. The International Cat Association (TICA) telah mengakui kucing ini sebagai salah satu kekayaan jenis kucing dunia.

Scottish Fold 

Jenis Kucing Scottish_FoldKucing jenis ini dikenal dengan bentuknya yang unik dan menggelikan. Ada yang menyebut kucing ini dengan panggilan “si telinga lipat”. Kucing ini memang memiliki keunikan tubuh yang gempal dan telinga yang terlipat. Sebutan lain kucing dari Skotlandia ini adalah kucing burung hantu. Kucing ini mulanya hidup sebagai jenis hewan liar di Scotlandia, kini kucing ini sudah masuk ke dalam kategori kucing peliharaan rumahan.

Jenis Kucing Sphynx

jenis kucing SphynxKucing jenis ini hidup di Canada. Sphynx merupakan ras utama yang menurunkan rasa kucing Peterbald. Jenis ini dikenal sebagai kucing tanpa bulu atau berbulu pendek. Sekilas jika diperhatikan, tubuh kucing jenis ini tampak tidak memiliki bulu. Namun, jika diperhatikan secara seksama kucing ini memiliki bulu yang sangat tipis dan pendek sehingga meninmbulkan kesan bahwa kucing ini tidak memiliki bulu. Kucing ini tersebar di beberapa wilayah Canada. Kucing ini juga mengingatkan pada legenda Sphynx yang ada di Mesir kuno.

Kucing Angora

Jenis Kucing AngoraKucing Angora mulanya disebut sebagai kucing Turki. Kucing ini identik dengan nama Anggora (Angkara), Turki. Jenis kucing ini cukup dikenal di Indonesia, selain kucing Persia. Keunikan kucing ini terletak pada ketebalan bulu yang membalut tubuh kucing ini. Di Indonesia, Angora cukup dikenal sebagai hewan peliharaan berkelas.

Kucing Nebelung

Jenis Kucing NebelungKucing jenis ini merupakan percampuran antara jenis angora dan russian blue. Kucing dengan percampurannya, kucing jenis ini membawa genetika angora yang berbulu panjang dan lebat serta warna dari Russian Blue yang berwarna abu-abu kebiruan. Kucing jenis ini disilangkan oleh Corra Cobb.

Kucing Hutan Norwegia

Jenis Kucing DUniaKucing berbulu tebal ini merupakan varietas alami di Norwegia. Ketebalan bulu merupakan bagian dari adaptasi kucing jenis ini dengan alam Norwegia yang dikenal bersuhu rendah dan dingin. Kucing jenis ini hidup sebagai kucing liar di wilayah Norwegia. Meski demikian, kucing ini kini dikenal pula sebagai kucing peliharaan. Dengan bentuknya yang berbulu tebal, tidak semua orang mudah untuk membedakan jenis kucing ini dengan jenis angora atau kucing persia yang juga memiliki bulu tebal.

 Kucing Munckhin si Kaki Pendek

Jenis Kucing MunckhinSebutan si Kaki Pendek identik dengan kucing jenis ini. Munckhin memang unik jika dilihat dari struktur kakinya yang lebih pendek dibandingkan dengan jenis kucing lain. Kucing ini menjadi unik jika membandingkan kaki dan tubuhnya yang relatif panjang. Kaki pendek kucing ini menopang tubuh yang panjang. 

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Jenis kucing yang paling dikenal di Indonesia, selain kucing lokal, adalah persia dan angora. Kedua jenis kucing ini cukup diburu dan digemari menjadi hewan piaraan. Kucing memang identik dengan sikap manja dengan pemiliknya selain penampilan yang menarik. Meski tidak seperti anjing yang dapat diberi tugas lebih kompleks, kucing tetap menjadi salah satu peliharaan favorit, selain anjing, burung dan ikan.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here