Batu Merah Delima [Ruby]: Keunikan, Kepercayaan dan Fakta Ilmiah Lainnya

7
8941
batu Siklop Papua

Batu Merah Delima dikenal dengan sebutan lain sebagai Ruby. Jenis batu permata ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak dicari oleh kolektor atau penggemar bebatuan mulia. Merah Delima termasuk bebatuan tua yang cukup banyak mencari incaran dengan pelbagai mitos dan kepercayaan yang melekat pada batu ini.

Batu Merah Delima Cincin
Batu Merah Delima yang telah diolah sebagai bahan baku cincin

Batu jenis ini tergolong sebagai batu yang langka. Batu ini memiliki kesolidan warna merah yang cukup kuat. Kuatnya warna merah pada batu ini menyebabkan kemampuan batu ini untuk mempengaruhi warna medium lain yang berada di sekitarnya, seperti pada air dalam gelas. Nilai jual yang tinggi batu ini disebabkan pula oleh jumlah batu ini yang tergolong jarang. Batu ini tergolong sebagai salah satu batu yang langka dibandingkan dengan bebatuan seperti Kecubung dan Bacan.

[Baca juga: Jenis-Jenis Batu Mulia Khas Indonesia]

Nilai Kekerasan Batu Merah Delima

Kekerasan batu merah delima mencapai 9 skala mohs. Nilai kekerasan (hardness) tersebut menjadi salah satu faktor yang memengaruhi harga batu jenis merah delima ini. Nilai ini berbanding jauh dengan beberapa batu lain, seperti bacan yang hanya bernilai kekerasan 2-4 dan Pirus 3-5. Faktor kelangkaan, kekuatan warna dan nilai kekerasan batu ketiganya memengaruhi nilai batu ini secara keseluruhan di pasar perdagangan batu permata. Batu ini di kalangan penggemar dan kolektor yang mengetahuhi jenis batu sudah tidak disebut sebagai akik, melainkan sebagai permata.

Dengan nilai kekerasan yang mencapai 9 skala mohs, satu-satunya batu yang mengalahkan nilai tersebut adalah intan (diamond) yang mencapai nilai 10. Nilai keras yang melekat pada intan menyebabkan batu ini berharga paling mahal. Batu intan bahkan digunakan sebagai salah satu bahan baku mata bor untuk penambangan minyak.

[Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Batu Bacan]

Warna Merah Delima

Merah Delima
Merah Delima dalam bentuk perhiasan selain cincin

Warna utama batu Ruby didominasi oleh warna merah. Secara umum warna yang melekat pada batuan ini adalah merah cerah hingga merah kecokelatan. Warna yang paling dicari pada jenis batu ini adalah merah tunggal dengan warna yang mendalam (solid). Pada beberapa jenis lain, merah delima yang berwarna lebih kebiruan lebih mahal dijual di pasaran.

Warna Ruby yang baik dikenal apabila memiliki transparansi yang baik. Nilai warna inilah yang paling banyak memengaruhi harga di pasaran batu permata. Batu merah delima yang berwarna buram memiliki harga lebih rendah dibandingkan yang cerah dan memiliki transparansi yang baik. Merah delima baru memiliki nilai permata apabila memiliki transparansi yang memadai.

[Baca Juga: Psikologi Warna]

Harga Batu Merah Delima

Batu Merah Delima
Merah Delima dalam Bentuk Kristal

Prinsip pertama penentuan harga batu mulia atau permata sangat ditentukan oleh faktor subyektif kolektor. Beberapa kolektor secara “gila” dapat membeli permata dengan harga yang tinggi. Namun, secara umum, harga batu merah delima ditentukan oleh nilai kekerasan batu, warna, transparansi dan segi olahan batu. Batu permata jenis ini yang belum diolah dengan kualitas baik sudah mencapai harga 10-20 juta dalam bentuk yang mentah.

Pengolahan menentukan nilai batu merah delima. Semakin baik Merah Delima diasah, semakin tinggi pula harganya. Kegagalan dalam penyepuhan merah delima dapat menyebabkan jatuhnya harga batu ini. Batu olahan yang mampu menampilkan sisi sisi-sisi cerah yang memantulkan cahaya dan menyemburatkan warna merah. Secara umum nilai kekerasan dan warna membedakan harga batu ini dengan bebatuan mulia lainnya.

[Baca Juga: Mengenal Batu Kecubung Lebih Dekat]

Jenis Batu Merah Delima

Batu Merah Delima Zoisit
Merah Delima Zoisit

Merah delima dikenal dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Merah Delima Burma (Merah Delima Burma/Myanmar). Jenis batu Ruby dari Myanmar ini dikenal cukup lama dengan kesolidan warnanya. Sebutan ini menjadi populer meski batu merah delima tida selalu harus berasal dari negara tersebut. Warna merah terang menjadi salah daya tarik jenis Rubi ini. Istilah ini digunakan sedikit bias, pada sisi lain istilah ini digunakan untuk menyebut batu merah delima sintetis. 
  2. Merah Delima Darah Merpati (Pigeon Blood Ruby). Merah delima jenis ini memiliki warna merah yang pekat dan berwarna sedikit kebiruan.
  3. Merah delima zoisit. Merah delima jenis ini tercampur dengan zoisit. Merah delima jenis ini banyak ditemukan di Tanzania. Nilai batu jenis ini lebih rendah dibandingkan dengan Ruby lainnya.
  4.  Merah Delima Bintang. Merah delima jenis ini menunjukkan hasil proses pemolesan dan kualitas benda. Jenis ini mampu memancarkan cahaya. Apabila diperiksa dengan sinar, batu ini akan memancarkan cahaya secara semburat berwarna merah.

Fakta Ilmiah Merah Delima

Sebagai bebatuan mineral, merah delima memiliki unsur penyusun yang berbeda dengan bebatuan mulia jenis lainnya [1]. Berikut adalah beberapa uraian rincian terkait dengan jenis batu ini:

Formula Kimiawi Al2O3
Warna umum Merah
Tingkat Kekerasan 9
Sistem Kristal Hexagonal
Indeks bias batu permata 1.76 – 1.77
Nilai Kecerahan batu Transparan
Nama lain Ruby
Jenis mineral Corundum

 

Merah Delima Palsu

Pada tahun 1902 batu Ruby pertama kali dibuat jenis sintetisnya. Pembuatan Ruby sistetis disebabkan oleh tingginya permintaan atas batu ini yang tidak diimbangi dengan suplai batu yang cukup. Proses pembuatan batu merah delima sintetis atau palsu dikenal dengan sebutan proses Verneuil. Guna membedakan batu merah delima asli dan palsu, nilai kekerasan menjadi salah satu ukurannya. Biasanya batu sintetis tidak dapat menyamai nilai kekerasan batu yang asli.

Rujukan

[1] The Precious Gemstone Ruby, minerals.net. Diakses pada 21 Januari 2015

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] uBatu Merah Delima dikenal dengan sebutan lain sebagai Ruby. Jenis batu permata ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak dicari oleh kolektor atau penggemar bebatuan mulia. Merah Delima termasuk bebatuan tua yang cukup banyak mencari incaran dengan pelbagai mitos dan kepercayaan yang melekat pada batu ini.  […]

  2. […] Batu Merah Delima dikenal dengan sebutan lain sebagai Ruby. Jenis batu permata ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak dicari oleh kolektor atau penggemar bebatuan mulia. Merah Delima termasuk bebatuan tua yang cukup banyak mencari incaran dengan pelbagai mitos dan kepercayaan yang melekat pada batu ini.  […]

  3. […] Batu Merah Delima dikenal dengan sebutan lain sebagai Ruby. Jenis batu permata ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak dicari oleh kolektor atau penggemar bebatuan mulia. Merah Delima termasuk bebatuan tua yang cukup banyak mencari incaran dengan pelbagai mitos dan kepercayaan yang melekat pada batu ini.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here