Beberapa Hal Tentang Buah Pepaya

2
2356
Beberapa Hal Tentang Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mudah ditemukan di daerah tropis, dan tentu saja termasuk di Indonesia ini. Karena kemudahan inilah tak pelak menjadikannya sebagai buah murah jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Namun, dengan kemurahan dan kemudahan itu bukan berarti pepaya menjadi tak berharga bagi tubuh kita. Sebaliknya. ia merupakan salah satu buah yang sangat baik apabila dimanfaatkan guna mendukung kesehatan tubuh. Bukan saja sebatas dikonsumsi sebagai asupan makanan, akan tetapi juga digunakan sebagai salah satu komponen pada industri kecantikan.

Untuk konsumsi makanan sendiri, selain dikonsumsi sebagai buah, pepaya juga bisa dimasak sebagai sayuran. Sedangkan dalam penyajiannya, ada banyak varian bisa dipresentasikan bermodalkan pepaya.

Nama Lain Pepaya

Pepaya adalah istilah yang diterapkan dalam bahasa Indonesia, sementara itu ada banyak nama untuk menjuluki buah pepaya ini, antara satu daerah dengan daerah lainnya akan tidak sama.

Apabila nama latin dari pepaya ini adalah carica papaya L, maka di tiap daerah Nusantara ada banyak sebutannya. Di sebagian Jawa Tengah dan Jawa Timur, pepaya dinamakan sebagai buah kates ataupun (tela) gandhul. Ke arah barat sedikit, ada sebutan gedang bagi orang-orang Jawa Barat.Di Sumatera, pepaya juga dinamakan betik, punti ataupun ralempaya. Orang-orang Nusa Tenggara menyebutnya dengan istilah “padu” pun kalujawa. Di Sulawesi ada pula sebutan kapalay pun unti. Dan masih banyak lagi sebutan lain untuk pepaya.

Kaya Vitamin dan Mineral

Pepaya, meskipun menjadi buah yang murah dan kadang hanya dibiarkan dimangsa kelelawar pun burung, sejatinya memiliki kandungan vitamin yang tak terhingga. Baik itamin A, B, C, ataupun E. Bahkan juga memiliki kadar mineral yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Mineral yang terkandung dalam pepaya ini antara lain adalah Potasium dan Kalsium.

  • Potasium

Potasium adalah komponen yang salah satunya terkandung dalam buah pepaya, memiliki manfaat demi menjaga kesehatan jantung dan juga membantu menyetabilkan tekanan darah dalam tubuh.

  • Kalsium

Jika potasium memiliki manfaat pada seputar jantung dan darah, maka kalsium juga tak jauh berbeda. Karena kalsium juga memiliki fungsi membekukan darah tatkala permukaan kulit kita terluka dan mengeluarkan darah. Di samping itu, kalsium yang salah satunya dihasilkan dari buah pepaya ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kita. Pengeroposan tulang juga bisa dicegah salah satunya dengan mengonsumsi buah pepaya.

Enzim Papain

Papain merupakan enzim yang terkandung dalam pepaya, utamanya pepaya muda. Ukurannya, pepaya muda memiliki enzim papain yang besarnya lima kali lipat lebih besar dibandingkan pepaya yang sudah tua pun masak.

Enzim papain ini memiliki fungsi membantu mendukung metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. Hanya saja konsumsi pepaya –muda dengan tujuan mengambil sari papain ini sangat tidak dianjurkan bagi wanita hamil, pasalnya akan menimbulkan dampak buruk bagi si janin dalam kandungan.

Carica

Carica yang sangat terkenal karena memang enak rasanya itu memang hanya bisa dijumpai di dataran tinggi, khususnya dataran tinggi Dieng –Jawa Tengah. Namun carica jenis itupun ettap masuk dalam bangsa buah pepaya, hanya saja berukuran lebih kecil dan akan enak apabila menikmatinya sudah melalui proses pengolahan. [baca juga: Carica: Jenis Pepaya Gunung Yang Langka & Tumbuh di Dataran Tinggi Dieng]

Jangan Berlebihan

Meski memiliki manfaat lebih, dan harganyapun sangat ramah dengan dompet di saku. Namun tak disarankan untuk berlebihan mengonsumsi buah pepaya. Alasannya, apabila berlebihan bisa menimbulkan karotenemia, yaitu satu ketidakberesan yang gejalanya adalah timbulnya warna kekuning-kuningan yang nampak pada telapak kaki dan tangan. [uth]

Sumber Rujukan :
[1] Rahasia Pepaya Klasika – Kompas Cetak . Diakses pada 24 Februari 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com. Diakses pada 24 Februari 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here