Tahukah Anda Bawang Merah Memiliki Banyak Manfaat?

6
2774
Tahukah Anda Bawang Merah Memiliki Banyak Manfaat?
Bawang Merah dan Bombay

Bawang merah dan bawang putih adalah jenis tumbuhan dari keluarga Amaryllidaceae dan Genus Alium yang memiliki keunikan pada umbinya karena bentuknya berlapis atau bersiung. Selain bentuk lapisan pun siung, yang menjadi pembeda keduanya adalah pada warna umbinya. Dinamakan bawang putih karena memiliki umbi berwarna putih, sedangkan bawang merah mempunyai umbi berwarna merah (maroon).

Paragraf di atas adalah kutipan dari artikel yang pernah membahas mengenai keberadaan dan manfaat bawang merah pun bawang putih. [baca juga: Beberapa Kandungan serta Manfaat dari Bawang Merah dan Bawang Putih]. Masih berkaitan dengannya, berikut ini adalah juga bahasan tentang bawang merah yang ternyata sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

  • Meminimalisir Diabetes, Anti Virus & Bakteri

Ketika mengupasnya, adakalanya bawang merah ini akan menyebabkan timbulnya linangan air mata, akan tetapi di balik itu ada khasiat yang sangat bagus bagi badan kita. Di antaranya adalah sebagai bahan anti-oksidan, berkadar mineral, bervitamin, bahkan juga memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur.

Bagi penderita diabetes, konsumsi bawang merah sangat bagus karena ia merupakan salah satu bagian dari obat herbal yang dimanfaatkan guna menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Mengatasi Cacingan

Bagi Anda yang memiliki masalah pada pencernaan dan sakit perut, konsumsi bawang merah menjadi langkah awal yang bisa ditempuh, pasalnya bawang merah ini memiliki kemampuan dalam mengatasi sembelit, dan bahkan juga efektif sebagai obat guna menyembuhkan cacingan.

  • Mengurangi Kolesterol

Bawang merang yang memiliki kadar allicin memiliki manfaat mengurangi produksi kolesterol. Selain itu allicin dalam bawang merah ini juga sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Sehubungan dengan hal di atas, bawang merah yang rendah kalori namun memiliki nutrisi yang tinggi ini tepat dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani diet. Salah satunya adalah dengan menambahkan bawang merah saat menikmati makanan.

  • Mencegah Kanker

Bawang merah sangat bermanfaat guna membantu mencegah tejadinya kanker. Pasalnya vitamin A yang banyak terkandung dalam bawang merah muda, yaitu yang memiliki kandungan antioksidan, sangat efektif untuk mengurangi risiko kanker rongga mulut dan mencegah perkembangannya. Lebih dari itu, konsumsi bawang merah juga sangat membantu mencegah kanker hati, karena sel-sel kanker yang ada sedikit demi sedikit akan dihancurkan. Dengan begitu, kanker perut secara otomatis juga akan bisa tercegah.

  • Menghilangkan Racun

Bawang merah bermanfaat dalam hal membuang racun, yaitu dengan cara memakan empat potong irisan bawang merah (goreng) selama 14 hari. Dengan begitu maka selanjutnya fungsi hati akan terbantu dalam proses pembuangan racun dalam tubuh. Jika bisa membuang toxin, tentu saja bawang merah juga bisa dijadikan penangkal racun alias anti toxin.

  • Membuat Gigi Sehat

Bawang merah diyakini beberapa orang mampu menguatkan dan menyehatkan gigi. Caranya adalah dengan mengunyah bawang merah selama tiga menit setiap pagi hari. Dengan begitu bakteri pada gigi secara tidak langsung akan terhancurkan.

  • Kekebalan Tubuh

Beberapa orang memiliki cara agar tetap sehat dan bugar. Salah satunya dengan mengonsumsi bawang merah. Langkah yang diambil agar tetap nikmat adalah mencampur bawang merah dengan beberapa hal lain. Sebagai contoh adalah dengan dibikin jus bersama madu.

Paduan jus di atas dikonsumsi dengan ukuran satu sendok teh sebanyak tiga kali dalam sehari, maka dipercaya memberikan efek bagus gai tubuh. Di antaranya adalah kemampuan untuk mengurangi terkena bronkitis, influenza, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan juga mmebantu mencairkan dahak.

  • Mengurangis Sakit Memar & Sengatan Serangga

Bawang merah acap pula digunakan untuk menggosok daerah yang terkena sengatan serangga. Bisa dengan cara diiris atau bisa pula dengan cara dihaluskan terlebih dahulu. Telah terbukti sengatan serangga itu bisa disembuhkan, di antaranya adalah gigitan nyamuk, sengatan lebah ataupun sengatan tawon.

Selain untuk snegatan serangga, bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat memar, baik terkilir ataupun terkena masala lain. Sebagai contoh adalah terkena masalah bisul, ataupun benjolan semacamnya.

  • Meminimalisir Efek Penuaan

Efek penuaan yang terjadi akibat usia ada banyak. Antara lain adalah terjadinya pengeroposan pada tulang dan juga tingkat kepikunan alias alzheimer. Dengan mengkonsumsi bawang merah diyakini fungsi kerja otak akan terbantu sehingga tetap lancar dan alzheimer pun akan efektif terhindari. Di samping alzheimer, osteoprosis, dan tulang keropos, bawang merah juga dapat membantu kulit tetap terjaga.

  • Bagus Untuk Mata

Bawang merah memiliki kandungan yang tinggi akan sulfur, sistein, dan lesitin. Semua kandungan itu bermanfaat karena mampu melindungi mata dari pembentukan katarak.

  • Baik Untuk Rambut

Orang-orang tua terdahulu sebelum marak emnggunakan sampo memiliki cara alami dalam membersihkan rambut. Selain menggunakan merang dan daun dadap, mereka juga memanfaatkan bawang merah yang dihaluskan.

Dengan membalurkan bawang merah halus setiap hari pada kulit kepala, maka pertumbuhan rambut akan menjadi terbantu, sedangkan ketombe secara tidak langsung juga akan mampu terhilangkan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Menakjubkan! ini Manfaat Bawang Merah yang Kalahkan Obat Kimia. tribunnews.com. Diakses pada 4 Maret 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 4 Maret 2015

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here