Selain Sebagai Bumbu Dapur, Bawang Putih Juga Memiliki Manfaat Lain

5
2595
Makanan pelancar darah

Selain sebagai bumbu ketika memasak, bawang merah memiliki banyak manfaat yang berkaitan dengan kesehatan tubuh kita. Bisa digunakan sebagai bahan membersihkan rambut dan ketombe di kepala, bisa untuk menyembuhkan sakit karena sengatan serangga atau ada benjolan, bisa mempercantik kulit, dan masih banyak lagi. [baca juga: Tahukah Anda Bawang Merah Memiliki Banyak Manfaat?]

Serupa dengannya, selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh ketika kita mengonsumsinya secara tepat.

Beberapa Manfaat Konsumsi Bawang Putih

  • Mencegah Pengerasan Pembuluh Darah

Pengerasan pembuluh darah yang acap kita alami lambat laun akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia kita. Mengonsumsi bawang putih diyakini sebagian orang mampu membantu kita dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan pembuluh darah.

Ketika kesehatan pembuluh darah bisa dijaga, maka jantungpun akan secara otomatis juga terjaga.

  • Menurunkan Darah Tinggi

Menurut riset para ahli, bawang putih dinyatakan memiliki kemampuan dalam menurunkan tekanan darah sejumlah 7 hingga 8%. Hal ini tentu saja sangat membantu bagi para penderita hipertensi alias tekanan darah tinggi karena dengan konsumsi bawang putih maka tekanan darah bisa diturunkan.

  • Obat Infeksi Jamur

Sebelum ditemukan obat jamur kulit baik panu, kadas, kurap, dan lain-lain, orang-orang dahulu telah akrab dengan obat-obatan herbal yang kebanyakan juga merupakan bumbu dapur. Yaitu lengkuas, jahe, dan juga bawang putih.

Bawang putih menjadi salah satu obat jamur yang cukup bagus karena memiliki kemampuan mengobati infeksi jamur sebagaimana obat-obat antijamur yang sudah merebak di toko-toko terdekat.

  • Mencegah Kanker Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan bisa juga terserang penyakit kanker. Baik itu kanker usus besar, kanker rektal, ataupun kanker lambung. Demi meminimalisir hal tersebut, ada cara yang bisa dilakukansecara mudah dan rutin di rumah. Yaitu dengan mengkonsumsi minimal 1 siung bawang putih setiap harinya.

  • Mencegah Gigitan Kutu

Serupa dengan kita yang akan jarang digigit nyamuk apabila rutin meminum jamu, maka dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin dipercaya akan menurunkan frekuensi gigitan kutu pada tubuh.

Saran Pada Prosedur Operasi

Meskipun memiliki manfaat berlipat, namun ada baiknya mengurangi bahkan menghentikan konsumsi bawang putih ini. Yaitu bagi mereka yang hendak menjalani prosedur operasi.

Hal itu disarankan sebab ada sebuah penelitian yang menemukan tentang efek antipembekuan darah yang terkandung dalam bawang putih. Tentu ini tidak baik bagi tubuh yang hendak dioperasi. Oleh karenanya, anjuran yang sebaiknya dituruti adalah berhenti mengonsumsi bawang putih 7 hingga 10 hari sebelum masa operasi. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Inilah 5 Manfaat Bawang Putih klikdokter.com Diakses pada 5 Maret 2015
[2] Gambar ilustrasi wikipedia.org Diakses pada 5 Maret 2015

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here