Teknologi Safety Car Juga Mengalami Perkembangan Seiring Berkembangnya MotoGP

4
1969
Moto Grand Prix
Moto Grand Prix

Dari tahun ke tahun kita telah melihat beberapa kali perubahan peraturan pada lomba balap motor paling bergengsi, GP Moto. Perubahan yang juga dikatakan sebagai pengembangan seiring berkembangnya tekhnologi masa kini. Bertahun-tahun itu pula kita menyaksikan beberapa pabrikan motor saling berlomba mencari nama dengan mengandalkan para teknisinya.

Seiring dengan pengembangan teknologi yang terjadi di dunia balap motor motoGP musim 2015/2016, perkembangan juga terjadi pada mobil pengawal balap atau yang lebih terkenal dinamakan sebagai safety car. Teknologi terkini yang diterapkan pada safety car itu adalah sistem injeksi air.

Pabrikan Jerman

Sebagai penggarap safety car itu yang dipercaya adalah pabrikan asal Jerman. Tak lain adalah BMW.   Yang akhirnya BMW memenuhi permintaan Dorna Motorsport yang berlaku sebagai penyelenggara MotoGP, yaitu dengan menghadirkan New BMW M4 Coupe, sebuah mobil yang mengusung banyak perubahan di dalamnya.

New Water Injection

Perubahan paling fenomenal yang dilakukan pihak BMW ini adalah dengan menghadirkan New Water Injection System. Yaitu sistem injeksi air yang dipercaya mampu mendongkrak performanya namun juga sekaligus mengurangi bahan bakar yang dikonsumsi.

Sistem baru itu sengaja diperkenalkan oleh BMW dengan alasan menampilkan mobil dengan bahan bakar lebih hemat namun juga memiliki performa lebih canggih.

  • Mampu Mendinginkan Suhu

Injeksi air ini diklaim memiliki kemampuan mendinginkan temperatur pada ruang bakar. Oleh karenanya risiko kemungiinan terjadinya knocking alias mesin menggelitik juga sangat kecil. Dengan begitu performanya juga tak mudah menurun.

  • Penyimpanan Air

Penyimpanan air pada mobil berteknologi terkini ini ada di dalam tangki berkapasitas lima liter air yang diletakkan pada bagasi. Sebagai kepentingan sistem injeksi baru, selain melengkapinya dengan pompa air, di dalamnya juga disertakan katup yang dikontrol oleh elektronik mesin dan juga sensor.

Cooling Machine

Lain dari yang disebutkan di atas, safety car ini juga memiliki sistem pendingin modern yang letaknya bersebelahan dengan radiator utama. Berbentuk seeprti radiator tambahan, sistem pendingin ini memiliki fungsi guna menyeimbangkan pengendalian suhu tinggi dan rendah pada sirkuit temperatut, gearbox dan juga turbocharger.

Suhu udara yang panas dari turbocharger akan didinginkan dengan indirect intercooling dengan tambahan pompa air listrik.

  • Interior Room

Sesuai kegunaannnya, interior mobil ini didesain berbeda dengan mobil pada umumnya. Yaitu kursi mobil bagian belakang ditiadakan, sedangkan untuk kursi bagian depan diganti dengan menggunakan kursi balap recaro bersabuk pengaman Schroth.

Dengan desin tersebut, tentunya pengendara dan penumpang di atasnya akan merasa lebih nyaman ketika melingitari lintasan demi memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelayakan lomba balap motor motoGP pada setiap seri Grand Prixnya.

Kendaraan Official Lain

Selain safety car, BMW ternyata juga menyiapkan beberapa kendaraan lain sebagai bagian dari kelengkapan teim official lomba. Masing-masing adalah sebagai berikut;

    1. Mobil BMW M550d x Drive Touring yang merupakan mobil diperuntukkan sebagai safety officer car
    2. Mobil BMW X5 sebagai mobil kesehatan alias medical car operational
    3. Motor BMW S1000 RR sebagai kelengkapan safety bike utamanya pada MotoGP musim 2015.

Demikianlah beberapa pengembangan yang dilakukan oleh BMW sebagai pihak yang dipercaya dalam hal pengadaan keamanan lomba. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Safety Car MotoGP Berinjeksi Air. Koran Cetak Minggu Pagi 1 Maret 2015. Diakses pada 5 Maret 2015
[2] Gambar ilustrasi photos.motogp.com Diakses pada 5 Maret 2015

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here