Tahukah Anda Manfaat “Senyuman” Bagi Kesehatan?

2
2021
Tahukah Anda Manfaat

Senyum menjadi hal yang semi wajib bagi mereka yang bekerja yang berhubungan langsung dengan pelanggan, tamu, ataupun klien.Sebagai contoh adalah sales & marketing, customer service, resepsionis, pekerja rumah sakit, pekerja hotel, dan masih banyak lagi. Pada profesi-profesi tersebut, senyum dihadirkan sedari awal karena profesi yang sedang dijalani merupakan bidang pelayanan alias service yang tentu saja membutuhkan sentuhan hangat terhadap orang yang dilayaninya.

Sedangkan bagi pihak yang mendapatkan senyuman, senyum ini menjadi first impresion yang juga memiliki sifat penunjukan kesan awal –dan pertama– yang bisa dijadikan tolok ukur dalam mengambil tindakan pada waktu selanjutnya.

Senyum Sehat

Ketika membaca dua rangkaian kata ‘senyum sehat,’ barangkali yang terlintas adalah iklan pasta gigi. Bukan satu kesalahan. Karena bagi pengiklan pasta gigi, ia ingin menunjukkan bahwa dengan menggunakan produk pasta giginya maka dijamin gigi bersih dan sehat, sehingga setelah bersih dan sehat bisa tersenyum. Dan tersenyum itu dikategorikan sebagai perbuatan yang sehat.

Ya, senyum yang bukan sebatas pada kewajiban dan tuntutan pekerjaan memang bisa dikategorikan sebagai ekspresi yang menyehatkan. Dengan senyum pula yang nampak dan tersirat adalah ceria dan bahagia. Lain dari itu, selain membuat sehat tubuh, ternyata senyum juga memiliki efek positif terhadap jiwa kita.

  • Kekebalan Tubuh

Jarang orang yang menyadari bahwa dengan tersenyum maka sistem kekebalan tubuh secara tidak langsung bisa meningkat. Pasalnya, ketika kita tersenyum maka tubuh akan mengikuti ritme keceriaannya yaitu bisa relaks. Selanjutnya daya tahan tubuh pun akan tercipta.

Tersenyum otomatis juga menciptakan suasana hati tak terlalu sesak. Dengan begitu solusi untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi juga akan terlaksana secara  mudah.

  • Mengatasi Stres

Kegiatan harian yang tak jarang hanya menyisakan penat, bosan, ataupun jenuh akan sedikit terobati ketika mengusahakan diri untuk tersenyum. Minimal senyum dan tertawa menyikapi dan menertawai diri sendiri. Dengan begitu kita akan kembali bersemangat dalam beraktivitas dan terhindar dari kejenuhan yang ada, stres pun tak ajan mudah menghinggapi.

  • Mengurangi pun Menghilangkan Rasa Sakit

Ada banyak yang meyakini bahwa dengan tersenyum segala rasa sakit dan kepedihan bisa sedikit terobati, bahkan ada yang mampu terhilangkan. Hal ini bisa dipahami, karena dengan senyum maka hormon endorfin pada tubuh secara otomatis akan terpicu. Hormon endorfin adalah hormon yang dapat menghilangkan rasa sakit secara alami pada tubuh.

  • Awet Muda

Percaya pun tidak, dengan tersenyum maka wajah dan tubuh akan tetap terlihat awet muda dan nampak lebih sehat. Ini diyakini karena aktivitas tersenyum bisa membuat otot-otot pada wajah terangkat.

Tahu Waktu dan Tempat

Begitulah manfaat senyum bagi kesehatan tubuh kita. Tersenyum di sini tentu saja dilakukan dengan ritme wajar, sebagai contoh adalah senyum selama 1 hingga 2 menit pada waktu dan tempat semestinya. Bukan ritme berlebihan. Karena jika berlebihan tentu saja bukan mengurangi stress, membikin awet muda, menghilangkan rasa sakit, menambah kekebalan tubuh. Namun sebaliknya, malah bisa-bisa mempercepat penuaan, terlihat makin stress, dan lain sebagainya. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Manfaat Senyum Bagi Kesehatan. Kompas Cetak Selasa 17 Maret 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com. Diakses pada 14 Maret 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here