Apa Mimpi Basah Itu dan Kapan Manusia Mengalaminya?

1
21568
Apa Mimpi Basah Itu dan Berapa Usia Terjadinya

Mimpi basah adalah bagian dari perjalanan manusia dalam menapai usianya, di mana kebanyakan orang yang memiliki pengalaman mimpi basah adalah mereka yang telah memiliki usia dewasa, atau minimal telah beranjak dari anak-anak dan memasuki usia remaja.

Oleh karenanya, mimpi basah seringkali juga dijadikan sebagai tanda untuk mencirikan usia yang mengalaminya telah akil baligh. Utamanya bagi kaum remaja pria.

Akil Baligh dan Puber

Banyak pengalaman memang menunjukkan bahwa mimpi basah banyak dialami oleh mereka, para remaja pria. Yaitu di satu saat tidur pada masa pubernya. Hanya saja tetap ada kemungkinan lain di luar itu, tak sedikit yang tak remaja pun berulangkali mengalami mimpi basah, bahkan bukan sebatas para pria saja, melainkan mereka kaum hawa pula.

Jika demikian, pasti ada banyak pertanyaan berkaitan dengannya. Apa mimpi basah itu? Apa pula penyebab kemunculnya? Kapan saja bisa mengalami mimpi basah? Dan masih banyak kalimat tanya lainnya.

Apa Mimpi Basah itu?

Mimpi basah adalah satu kondisi kaum adam mengalami ejakulasi sperma pada saat tidur. Lebih dari 60% pria berusia 17 dan 18 tahun adalah mereka yang mengalami kondisi ini.

Namun seiring berjalannya waktu, frekuensi mimpi basah itu akan mengalami penurunan. Sebagai contoh ketia usianya telah menginjak dua puluh tahun. Kalaupun masih terjadi, pastinya sudah tak sesering pada saat-saat sebelumnya. Pada usia tiga puluhan pengalaman mimpi basah ini semakin berkurang, yang kemudian pada usia empat puluhan sudah jarang bahkan telah tak mengalaminya.

Karena mimpi basah ini berkaitan dengan masa akil baligh dan juga pubertas, tak pelak isi dari mimpinya tak jauh dari suasana romantis dan juga erotis. Hanya saja hal ini tak bisa dijadikan patokan, karena keromantisan pun keerotisan isi mimpi antara remaja satu dengan lainnya juga tak selalu sama.

Berapa Banyak Frekuensi Mimpi Basah?

Proses terjadinya mimpi basah pada remaja biasanya berfrekuensi satu kali dalam sepuluh hari. Hanya saja ini tak berlaku rata. Artinya ada yang lebih cepat dari itu, ada pula yang sangat jauh dari kebiasaan itu.       Bagi yang jarang mengalami, bisa berlangsung berbulan-bulan lamanya, namun sebaliknya, bagi yang super produktif bisa jadi mimpi basah itu terjadi dalam dua hari berturut-turut.

Fungsi Mimpi Basah

Sebagaimana dipaparkan oleh para medis, mimpi basah memiliki manfaat sebagai katup fisiologis demi meredakan ketegangan seksual. Hal ini diyakini dengan alasan karena kejadian mimpi basah ini sebagian besar dialami oleh mereka para lelaki lajang. Dan ini akan jarang terjadi bagi para lelaki yang telah menikah, karena mereka telah menemukan saluran tepat, tetap dan memuaskan hasrat seksualnya.

Adakah Selain Remaja yang Tetap Mimpi Basah?

  • Pria Dewasa

Secara teori, mimpi basah akan berkurang frekuensinya secara bertahap sesuai berjalannya usia, jika usia 17 dan 18 tahu sedang deras-derasnya, maka usia dua puluh sudah mulai berkurang. Usia tiga puluh sudah mulai jarang, dan usia 40an tahu sudah reda. Itu yang tercatat berdasarkan beberapa kejadian. Hanya saja tetap ada pengecualian bagi sebagian orang. Karena tak menutup kemungkinan mereka yang telah dewasa bahkan tua juga ada yang tetap mengalami mimpi basah.Keadaan jarang mimpi basah ini bisa terjadi, selain memang hormonnya tetap masih banyak sebagaimana waktu remaja, adalah juga karena mereka jarang melakukan masturbasi.

  • Wanita Dewasa

Bukan itu saja. Bahkan mimpi basah juga tak didominasi oleh para pria. Karena ada juga sebagian wanita yang tetap sama-sama mengalaminya. Hanya saja antara sadar dan tak sadar, itu yang masih menjadi pertanyaannya. [baca juga : Apakah Mimpi Basah Juga Dialami Oleh Para Wanita?]

Demikian tentang ‘mimpi basah.’ Yang pasti tak usah risau bagi Anda yang sering mengalami mimpi basah, dan tak usah khawatir juga bagi Anda yang jarang emngalaminya, karena kesuburan seseorang tak juga hanya ditentukan dari keberlangsungan mimpi basah tersebut. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Inilah Penyebab Mimpi Basah klikdokter.com Diakses pada 22 Maret 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 22 Maret 2015

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here