Tahukah Anda Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun Bisa Dimanfaatkan Guna Mengkilapkan Sepatu?

10
6006
Tahukah Anda Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun Bisa DiManfaatkan Untuk Mengkilapkan Sepatu

Mengenakan sepatu yang mengkilap menjadi salah satu syarat dalam penampilan. Oleh karenanya pada beberapa instansi, keberadaan sepatu mengkilap ini menjadi sayart wajib yang harus diterapkan kepada para pegawainya. Ambil saja contohnya adalah di instansi kemiliteran, seorang tentara dengan pakaian dinas hariannya (PDH) dituntut untuk selalu menjaga kebersihan, salah satunya adalah kebersihan sepatu. Begitu pula bagi beberapa instansi swasta, sebagai contoh adalah pekerja di bidang perhotelan. Diwajibkan bagi mereka untuk menjaga penampilan, di antaranya adalah memperhatikan keadaan sepatu agar selalu dijaga warna mengkilapnya.

Guna menjaga kondisi sepatu agar tetap mengkilap, ada banyak cara bisa ditempuh. Namun yang lazim dilakukan adalah menyemirnya secara rutin. Dan bicara tentang menyemir sepatu ini, dewasa ini telah banyak metode bisa dilakukan dalam hal penyemiran, baik secara manual dengan menggosok dan menyikatnya, ataupun mengolesi sepatu dengan semir sepatu jenis cair. Yang lebih praktis ada pula jenis penyemiran yang menggunakan semacam tisu sebagaimana amaneties yang sering kita temukan di kamar-kamar hotel.

Namun kini, ada pula yang merawat sepatu tidak dengan menggunakan semir, melainkan dengan mengoleskannya menggunakan minyak zaitun dan juga minyak kelapa.

Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Sejatinya serupa dengan semir cair, minyak kelapa dan minyak zaitun bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyemir sepatu, dalam kondisi yang butuh waktu cepat.

Untuk hasil menyemir dengan memanfaatkan minyak kelapa dan minyak zaitun ini tak bisa diragukan lagi dan tak kalah mengkilapnya. Mengendai kelengkapan dan langkah-langkah dalam penyemiran pun tak jauh berbeda.

Persiapan dan Kelengkapan

    • Sepatu berbahan kulit
    • Minyak kelapa secukupnya
    • Minyak Zaitun secukupnya
    • Lap bersih

Menggunakan Minyak Zaitun

Serupa dengan pekerjaan menyemir pada umumnya, mengkilapkan sepatu dengan memanfaatakn minyak kelapa, langkah awal yang harus ditempuh adalah membersihkannya terlebih dahulu. Langkah keduanya yaitu menuangkan minyak zaitun itu pada wadah, atau bisa pula langsung meneteskannya pada lap bersih dan kering, kemudian mengoleskannya di seluruh bagian sepatu yang hendak disemir.

Apabil langkah itu telah dilakukan pada semua bagian permukaan sepatu, selanjutnya sepatu dilap lagi menggunakan lap baru dan bersih.

Menggunakan Minyak Kelapa

  • Bebas dari Kotoran Menempel

Tak jauh beda, mengkilapkan sepatu menggunakan minyak kelapa bisa dimulai degan langkah awal berupa pembersihan sepatu dari lumpur dan debu, ataupun kotoran yang menempel.

  • Bubuhi Lap Dengan Minyak

Setelah terbebas dari kotoran yang menempel, langkah selanjutnya adalah menuangkan minyak kelapa ke dalam wadah, dan kemudian mengambil lap bersih dan kering, lalu memasukkan sedikit bagiannya pada minyak kelapa.

  • Poleskan Lap Minyak

Langkah ketiga adalah memolesk bagian sepatu dengan mengunakan lap yang telah dibubuhi minyak tadi sedikit demi sedikit. Lalu keringkan menggunakan lap bersih.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak tayangan video YouTube sebagaimana terlampir. Semoga bermanfaat. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Cara Praktis Mengkilapkan Sepatu Tanpa Menggunakan Semir YouTube.com Diakses pada 23 Maret 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 23 Maret 2015

Berbagi dan Diskusi

10 COMMENTS

  1. […] Selain minyak kelapa, semua bahan di atas silakan dicampur menjadi satu dan kemudian ditumbuk sampai menjadi halus. Hasil tumbukan halus selanjutnya campurkan saja dengan minyak kepala dan lalu diaduk hingga rata.       Setelah semuanya beres, dilakan mengoleskan ramuan tersebut langsung pada kulit yang terserang kudis.      Dalam pengolesan, disarankan minimal 2 kali dalam sehari, dan dilakukan setelah mandi. [Baca juga: Tahukah Anda Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun Bisa Dimanfaatkan Guna Mengkilapkan Sepatu?] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here