Inilah Cara Memeriksa Jumlah Tagihan Listrik Secara Online

4
3711
Cara Cek Tagihan Listrik Online

Listrik menjadi salah satu hajat hidup yang penting. Kehidupan sosial, ekonomi dan kebudayaan manusia kini sudah sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sumber energi ini. Masuknya listrik telah mengubah kehidupan masyarakat secara luas. Dengan ketergantungan pada listrik, orang kini akan sangat terhambat apabila tidak tersedia pasokan energi ini. Penggunaan perangkat elektronik yang mengandalkan tenaga listrik membuat ketergantungan pada tenaga ini semakin besar.

Perusahaan Listrik Negara menjadi pemasok enersi listrik terbesar di Indonesia. Meski demikian, PLN juga membeli dari beberapa sumber selain pembangkit listrik yang dikelola sendiri. Ada pula masyarakat yang memiliki generator sendiri, baik bertenaga surya, angin maupun air. Jika Anda pelanggan PLN, pastikanlah Anda membayar biaya listrik secara tepat waktu. PLN menetapkan tanggal 20 sebagai waktu akhir pembayaran listrik setiap bulannya. Jika melewati tanggal tersebut, PLN berhak untuk memutus aliran listrik.

Biaya tagihan listrik bulanan pada prinsipnya dapat diperiksa secara online. PLN menyediakan layanan bagi pelanggan untuk memeriksa tagihan ini. Hal ini bermanfaat bagi pelanggan untuk mempersiapkan dana sebelum mendatangi loket pembayaran Listrik.

[Baca Juga: Cara Bayar Tagihan Speedy Melalui Klik BCA]

Cara Mengetahui Tagihan Listrik Bulanan

Tagihan listrik bulanan dapat diketahui dengan langsung mengunjungi laman website yang sudah disediakan oleh PLN. Berikut adalah langkah untuk mengetahui tagihan listrik bulanan Anda.

1. Membuka Layanan Rekening Tagihan Listrik

PLN menyediakan layanan online untuk memeriksa jumlah tagihan listrik. Syarat penting untuk itu adalah Anda mengetahui nomor rekening listrik yang Anda gunakan. Kunjungi http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php untuk memeriksa.

Cek Tagihan Listrik
Laman Pengecekan Tagihan Listrik

 2. Masukkan Nomor Rekening Listrik Anda

Laman layanan online ini memang cukup sederhana. Anda cukup memasukkan nomor rekening listrik sesuai dengan yang tertera dalam kartu langganan. Klik Cek Tagihan Listrik untuk memperoleh Informasi. Secara otomatis Anda akan membuka laman baru. Perhatikan Gambar berikut ini.

Cek Tagihan Listrik
Deskripsi Tagihan Listrik

3. Pilihlah Bulan Pembayaran

Anda dapat melihat sejarah pembayaran listrik. Pilihlah bulan dan tahun sesuai dengan informasi tagihan yang Anda butuhkan. PLN hanya menyediaka informasi tagihan untuk tahun yang sama. Sebagai ilustrasi, jika saat ini adalah tahun 2015, maka data yang dapat ditelusuri adalah data tahun 2015. Meski baru memasuki bulan Maret 2015, data Desember 2014 sudah tidak dapat diakses.

 

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Giat listrik masuk desa yang merebak tahun 80an sebagai bagian dari pembangunan era orde baru cukup memberikan manfaat bagi khalayak,  Dan ada banyak kebutuhan yang bisa tertolong dariu hadirnya listrik ini. Bahkan adakalanya keberadaan listrik di seputar kita sekarang ini telah menjadi kebutuhan yang tak kalah pentingnya dan hampir menyerupai kebutuhan sandang, pangan, pun papan. [Baca juga: Inilah Cara Memeriksa Jumlah Tagihan Listrik Secara Online] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here