Inilah Beberapa Asupan Penambah Imunitas Saat Terserang Batuk dan Pilek

11
2530
Inilah Beberapa Asupan Penambah Imunitas Saat Terserang Batuk dan Pilek

Wilayah nusantara yang memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan bukan berartibisa diprediksikan bahwa hujan tak akan mengalami panas, dan ketika panas tak akan turun hujan. Oleh karenanya, memiliki iklim tropis tentu juga tak bisa lepas dari cuaca yang mudah berubah. Dari panas mendadak terasa dingin, dan sebaliknya, dari cuaca hujan mendadak memiliki suhu panas.

Suhu dan cuaca yang mudah berubah tersebut pada akhirnya menguji kita untuk pintar-pintar menyiasatinya, terutama terhadap daya tahan tubuh. Karena jika tak diantisipasi, bukan tidak mungkin kita akan mudah terserang penyakit. [baca juga: Beberapa Alasan Nyeri dan Sakit Kepala Akibat Kehujanan]

Batuk Pilek

Sehubungan dengan cuaca dan suhu, penyakit yang lazim datang dan menghinggapi adalah batuk dan pilek. Dua penyakit yang acap dikategorikan sebagai bagian dari infulensa.

Ada berbagai macam cara guna mensiasati penyakit batuk dan pilek itu datang, baik mencegahnya, ataupun membantu mempercepat penyembuhan apabila penyakit itu memang telah melanda. Cara yang ditempuh antara lain adalah dengan konsumsi beberapa jenis makanan yang membantu menjaga dan menambah daya tahan tubuh.

Asupan Penambah Kekebalan Terhadap Flu

Berikut ini adalah beberapa jenis asupan makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi apabila kita hendak memperoleh daya tahan tubuh guna melawan penyakit batuk dan pilek.

  • Ikan

Secara umum ikan merupakan asupan makanan yang memiliki kadar protein tinggi. Sedangkan secara khusus ada beberapa jenis ikan yang bukan saja memiliki kadar protein tinggi, melainkan juga kaya akan asam lemak omega 3. Contohnya yaitu ikan salmon dan tuna.

Kandungan-kandungan yang terdapat dalam ikan tersebut, kenyatannya mampu memberikan manfaat bagi tubuh manusia, yaitu bisa mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem imunitasnya.

  • Susu dan Asupan Bervitamin D

Asupan makanan dan juga minuman yang memiliki kadar tinggi akan vitamin D mampu memerangi terhadap penyakit flu. Contoh asupan makanan pun minuman itu antara lain adalah susu dan juga sereal.

Rendahnya pengidap penyakit flu pada pengonsumsi asupan bervitamin D itu dibuktikan pada satu studi tahun 2009, yaitu yang dilaksanakan oleh Massachusetts General Hospital.

  • Wortel dan Asupan Bervitamin A

Serupa dnegan vitamin C, vitamin A juga memiliki manfaat penting bagi tubuh manusia karena ia menjadi bagian utama dalam peningkatan sistem imunitas. Oleh karenanya, hal yang sangat disarankan ketika sedang terserang flu adalah mengkonsumsi wortel, ubi, bayam dan beberapa buah serta sayur-mayur yang berkadar vitamin A tinggi.

  • Sup Ayam

Sebagaimana dipaparkan pada sebuah jurnal yang ditulis dan dipublikasikan oleh American College of Chest Physicians, satu mangkuk sup ayam terbukti memiliki kandungan zat yang memiliki efek anti peradangan, sehingga bisa meredakan gejala flu dan meningkatkan imunitas tubuh.

Bukan itu saja, selain sangat nikmat ketika dimakan panas-panas dalam keadaan hidung mampet dan hujan turun, semangkuk sup ayam apabila dikonsumsi secara teratur juga mampu memberikan manfaat lebih dari sekedar efek menenangkan.

  • Green Tea

Seperti yang banyak orang ketahui, green tea alias teh hijau memiliki manfaat lebih bagi kesehatan tubuh manusia. Pasalnya teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yaitu kandungan yang memiliki manfaat guna meningkatkan imunitas tubuh, utamanya ketika sedang sakit.

Dalam menikmati green tea ini, akan mendapatkan manfaat lebih tatkala mengonsumsinya dalam keadaan dingin. Karena jika dibandingkan dengan yang hangat, green tea dingin ini memiliki level anti-oksidan lebih tinggi dibandingkan teh hijau berair panas.

  • Bawang Putih

Segala hal yang dikerjakan secara rutin dan teratur memiliki kecenderungan berhasil lebih dibandingkan dengan yang tidak. Begitu pun yang terjadi pada konsumsi bawang putih, apabila dilakukan secara rutin ternayta juga mampu mencegah datangnya penyakit flu.

Hal ini bisa terjadi karena bawang putih memiliki kadar allicin, yaitu kandungan pada bawang yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh! klikdokter.com Diakses pada 27 Maret 2015
[2]  Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 27 Maret 2015

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

  1. […] Seiring usia bertambah, bisa jadi daya tahan tubuh tak lagi sekuat sewaktu masih muda ataupun remaja. Atau bahkan sudah tak sehebat sewaktu masih kanak-kanak. Bayangkan saja ketika terkena gerimis dan air hujan, bisa jadi dahulu saat masih kecil justru kita akan gembira melepas baju dan celana lalu berlarian dalam naungan derasnya hujan. Buntutnya pun tiada efek berarti selain rasa bahagia tersebut. Lalu bandingkan dengan kondisi usia yang kian dewasa dan juga menua. Tentu saja akan jauh berbeda. Adakalanya malah akan langsung jatuh sakit walau baru terkena gerimis di bagian kepala saja. Entah sakit batuk, pilek, panas-dingin, pusing, sakit kepala, dan lain sebagainya. [Baca juga: Inilah Beberapa Asupan Penambah Imunitas Saat Terserang Batuk dan Pilek] […]

  2. […] Berbicara tentang perawatan rambut, terlepas dari laki-laki ataupun perempuan dan juga terlepas dari kondisi gondrong, cepak, atau bahkan botak, sejatinya hal itu sangat diperlukan. Pasalnya bukan saja sekadar rambut yang musti dirawat, lain dari itu adalah juga kulit kepala yang bukan tidak mungkin merupakan sumber dari timbulnya ketombe. Sedangkan untuk rambut, kesehatannya tentu akan bisa diraih ketika  bisa rajin dan rutin melakukan perawatan. Baik dengan memberikan nutrisi secara langsung atau bisa pula dengan mengonsumsi beberapa jenis asupan makanan. [Baca juga: Inilah Beberapa Asupan Penambah Imunitas Saat Terserang Batuk dan Pilek] […]

  3. […] Boleh percaya, boleh tidak, anggapan banyak rejeki adalah karena banyakanak ternyata berlaku juga untuk kesehatan. Beberapa peneliti memaparkan bahwa anak-anak dari keluarga besar, akan cenderung lebih sedikit mengalami alergi, baik asma atau hay fever.            Banyaknya jumlah saudara kandung dalam satu rumah tinggal ditengarai adalah hal yang memperingan beban penyakit, sebaliknya sistem imunnya akan menjadi lebih kuat. [Baca juga: Inilah Beberapa Asupan Penambah Imunitas Saat Terserang Batuk dan Pilek] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here