Tahukah Anda, Alexa dan Internet Archive Adalah Dua Situs Milik Amazon?

3
2444
Inilah Situs Alexa

Dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan sekolah, kampus, bisnis, ataupun di lingkungan masyarakat, kita sering dihadapkan pada satu lingkungan yang tanpa disadari mengacu pada dunia perlombaan. Saling berkompetisi. Sehingga selain terjadi sebuah rivalitas, timbul pula peringkat yang menjadi menjadi penilaian orang banyak.      Sejatinya tak hanya di lingkungan nyata, di dunia maya pun hal semacam ini berlaku pula. Ada persaingan, terdapat perlombaan, timbul rivalitas, dan menghasilkan penilaian berperingkat.

Jika dalam kelas, baik itu di kampus ataupun di sekolah , ada pihak-pihak yang memiliki kewenangan dalam memberikan peringkat dan penilaian, yaitu guru ataupun dosen, maka di dunia internet juga serupa. Terpadat beberapa pihak yang memberikan peringkat dan atau penilaian.

Penilai Peringkat Dunia Internet

Dua contoh pihak yang memberikan penilaian demi menghasilkan peringkat pada dunia maya itu antara lain adalah Page Rank yang dimiliki pihak Google, dan juga Alexa milik grup Amazon.  Namun kali ini yang hendak kami paparkan adalah Alexa.Com sebagai situs yang banyak dijadikan rujukan oleh para pelaku (baik pengelola pun penikmat) internet adalah Alexa.

Apa itu Alexa?

Secara kelembagaan, pada saat artikel ini disusun, Alexa Internet, Inc. merupakan satu anak perusahaan amazon.com yang markas besarnya ada di California. Ialah sebuah situs yang  menyediakan data komersial terkait traffic web di internet,   di mana saat awal berdirinya yaitu tahun 1996, Alexa ini merupakan perusahaan independen.    Namun sejak tahun 1999, alexa telah diakuisisi oleh Amazon.

Alexa menciptakan suatu toolbar yang memiliki fungsi mengumpulkan data kebiasaan orang berselancar di internet, dan lalu mengirimkannya menuju ke pusat data Alexa. Selanjutnya data-data tersebut disimpan dan di analisa sebagai dasar dari pelaporan web traffic yang disediakan oleh perusahaan kepada pelanggannya.

Tahun 2014, Alexa tercatat telah menyediakan data traffic sekaligus peringkat alias ranking suatu situs website, baik secara global ataupun peringkat dalam satu negara tertentu saja.    Mengfingat fungsinya yang sangat bermanfaat, maka situs Alexa ini juga mampu mendatangkan pengunjung hingga mencapai lebih dari 8,8 juta visitor setiap bulannya.

Inspirasi Perpustakaan Penyimpan Data

Duaorang bernama Brewster Kahle dan Bruce Gilliat, adalah pendiri dari situs Alexa Internet ini pada tahun 1996.            Nama Alexa disematkan dengan tujuan guna menggambarkan kaitan antara pusat penyimpanan data sejak zaman kuno dengan potensi dari internet sebagai pusat data menggantikan posisi perpustakaan. Hal ini sesuai dengan inspirasi awal mereka yaitu berujud perpustakaan bernama “Alexandria”  yang terdapat di California.

Manfaat Produk Alexa Internet

Produk yang ditawarkan Alexa,inc kepada khalayak pengguna internet adalah satu toolbar dengan fungsi memberikan berbagai masukan guna menentukan tujuan berikutnya dalam berselancar di dunia maya.          Sementara, berbagai masukan itu sejatinya diperoleh berdasarkan dari pola traffic komunitas pengguna internet itu sendiri.

  • Memberikan Data

Alexa juga memberikan tawaran konteks bagi setiap situs web yang dikunjungi, sebagai contoh adalah mengenai tujuan informasi; kepada siapa situs web tersebut didaftarkan, dan juga tentang jumlah konten; berapa halaman yang dimiliki oleh sebuah situs web. Tak ketingggalan pula informasi tentang perawatan sebuah situs; seberapa banyak isi situs sebuah web di-update.

  • Arsip Situs “Wayback Machine”

Hal lain dari bentuk operasional Alexa yang belum banyak orang ketahui adalah juga mengarsipkan halaman web yang ditelusuri. Database penelusuran ini sejatinya juga disimpan oleh Alexa di dalam sebuah server bernama “Internet Archive,” di mana server tersebut juga disajikan kepada khalayak, yaitu dengan memberikan akses yang akan mudah ditelusuri melalui sebuah mesin pencari  bernama “Wayback Machine”.[baca juga: Mencari Jejak Sebuah Website Menggunakan Arsip Cache dan Dokumentasi archive.org]

Awalnya, pada tahun 1998, perusahaan ini hanya sebatas menyumbangkan sebuah salinan dengan ukuran 2 terabytes yang dikirimkan kepada Perpustakaan Kongres Amerika.   Namun karena dirasa penting dan memiliki banyak manfaat, maka selanjutnya Alexa memutuskan untuk memperbesarnya, bahkan juga memasok Arsip Internet secara rutin memanfaatkan mesin penelusuran situs. [uth]

Rujukan:
[1] Alexa Internet, id.wikipedia.org, Diakses pada 30 Maret 2015
[2] Gambar ilustrasi, screen shoot dari situs Alexa.com, Diakses pada 30 Maret 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here