Bukan Saja Dagingnya, Namun Biji Pada Buah Semangka Ternyata Juga Memiliki Manfaat Lebih

3
2287
Bukan Saja Dagingnya, Namun Biji Pada Buah Semangka Ternyata Juga Memiliki Manfaat Lebih

Semangka menjadi salah satu buah yang dipilih ketika dahaga menyerang, apalagi buah semangka yang dingin, sedangkan cuaca sedang begitu panasnya. Hal itu sangat bisa dipahami, karena  semangka memang merupakan buah yang mengandung banyak air di dalamnya. Sehingga dengan mengonsuminya bukan tidak mungkin dahaga akan sirna, dan kesegaran juga akan segera didapatkan darinya.

Saking terbuai dengan kesegaran dan kenikmatannya, bahkan tak sedikit orang sampai beser dan bercucuran keringat setelah melahap buah semangka ini.

Bukan Hanya Buah, Tapi juga Bijinya

Terlepas dari kenikmatan yang ada, tahukah Anda bahwa sejatinya bukan saja daging buah semangka dengan kandungan air berlimpah itu yang memberikan manfaat berlebih buat kita? Lain dari itu, biji yang ada di dalamnya ternyata juga memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh.   Lalu apa manfaat lebih dari biji semangka yang justru sering kita singkirkan dan tak kita makan itu? [Baca juga: Mencegah Nyeri Sendi dengan Semangka]

Manfaat Biji Semangka

Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam biji semangka yang mampu memberikan manfaat lebih bagi tubuh;

  • Sumber Mineral

Seperti yang terpaparkan di atas, semangka memang sangat ampuh mengobati dahaga.    Hal yang butuh diketahui adalah nahwa pelepas dahaga itu bukan saja bersumber dari daging semangkanya saja, namun juga dari bijinya. Pasalnya dalam biji semangka ternyata juga terkandung nutrisi berujud mineral. Sumber mineral terbesar pada biji semangka adalah “magnesium,” yaitu sejumlah 556mg atau setara dengan 139%  kebutuhan magnesium harian.

Magnesium ini tentu sangat bermanfaat, karena mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Bukan itu saja, magnesium juga membantu melancarkan proses metabolisme karbohidrat, sehingga potensi meningkatnya gula darah dalam tubuh bisa dikendalikan.

  • Vitamin B

Dalam biji semangka terdapat pula berlimpah kadar vitamin B. Sebagaimana dipaparkan oleh American Cancer Society, bahwa sejumlah 3,8 gram biji semangka kering mampu memenuhi 19% kebutuhan vitamin B harian dalam tubuh. Kadar vitamin B ini tentu saja bisa berfungsi sebagai sumber energi, sehingga stamina tubuh juga akan tetap terjaga. Di samping itu vitamin B juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit kita, dan  membuat kinerja saraf tetap normal.

  • Sumber Protein

Meski ukurannya kecil namun bukan berarti biji semangka tanpa manfaat. Lain dari itu ternyata biji semangka juga merupakan sumber protein nabati yang baik. Ditengarai sebanyak 61 persen kebutuhan harian protein dalam tubuh kita bisa dihasilkan dari mengkonsumsi 30,6 gram biji semangka.

  • Sumber Asam Amino

Di antara protein dalam biji semangka, terdapat jenis asam amino bernama “arginin.”  Yaitu salah satu jenis asam amino yang mempunyai peranan penting demi menunjang kesehatan.       Bahwa asam amino arginin memiliki kemampuan dalam membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.   Bukan saja arginin, di dalam biji semangka terdapat pula asam amino lain bernama  “triptofan,” yaitu jenis asam amino yang memiliki manfaat lebih terhadap kesehatan jantung.

Jadi apabila ada biji semangka yang tak sengaja termakan dan tertelan, bukan satu hal yang harus dikhawatirkan bukan? Karena toh dengan sengaja memakannya pun kita justru akan memperoleh manfaat berlebih darinya. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Mengatasi Leher yang Menghitam sahabatnestle.co.id Diakses pada 3 April 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 3 April 2015
Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here