Cara Merawat Kuku Menggunakan Bahan Alami

6
1560
Cara Merawat Kuku Menggunakan Bahan Alami

Serupa dengan rambut, kuku adalah bagian dari tubuh manusia dan juga binatang yang memiliki kecenderungan selalu tumbuh utamanya kala mereka berada dalam masa-masa produktif. Sehingga butuh meluangkan waktu etrtentu guna merawatnya, baik memotong pun merapikannya.       Dan dewasa ini orang akan bisa lebih mudah merawat rambut ataupun kuku itu dengan menyerahkannya pada salon-salon kecantikan yang merebak di seputar kita. Karena tak sebatas manusia, salon buat hewan pun saat ini juga telah menjamur hampir di semua kota Indonesia.

Sementara, baik kuku tangan ataupun kuku kaki manusia adalah bagian rentan terhadap kerusakan. Tentu ini menjadi kendala bagi sebagian orang, khususnya bagi kaum hawa. Pasalnya selain memiliki fungsi sebagai pelindung ujung jari-jemari tangannya, kuku adalah juga bagian dari sosok kaum hawa yang bisa dipermak demi memperoleh hasil lebih menarik pada penampilannya.

Enggan ke Salon

Bagi Anda yang enggan pergi ke salon dengan berbagai alasan dan pertimbangan, baik itu menyangkut selera, harga, serta waktu, maka tak usah risau. Karena ada yang bisa dilakukan sendiri di rumah dalam merawat kuku dan juga rambut tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Yaitu dengan cara mengandalkan hasil alam di seputar kita.  Maka di bawah ini kami tertulis berapa cara dan bahan alami yang bisa diterapkan dalam hal perawatan kuku.

  • Belimbing Wuluh

Selain memiliki manfaat untuk membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela kuku luar. Belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan menguatkan kuku. Cara membersihkan kuku menggunakan belimbing wuluh, pertama kali adalah dengan cara memotongnya menjadi dua bagian, kemudian mengggosokkan potongan tersebut pada kuku yang hendak dibersihkan. Setelah selesai, jangan lupa basuh dan bilas menggunakan air bersih.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat, termasuk untuk membersihkan rambut dan juga kuku. Dalam hal membersihkan kuku, silakan ambil lidah buaya, lalu potong ataupun potek menjadi dua bagian. Selanjutnya oleskan  secara merata pada bagian kuku yang hendak dibersihkan.

  • Lemon (Jeruk Nipis)

Seperti lidah buaya, lemon juga memiliki berbagai manfaat, salah satunya yaitu guna membersihkan noda-noda kuning yang sering menempel pada bagian kuku kita. Caranya adalah dengan memerasnya, lalu perasan lemon tersebut dicampur dengan satu sendok pasta gigi, dan kemudian diaduk rata. Setelah adonan itu bercampur silaka mengoleskannya pada bagian kuku yang bernoca kuning hingga mengering.            Setelah kering, jangan lupa membersihkannya menggunakan air hangat.      Hal ini akan menemukan hasil maksimal apabila dilakukan secara rutin, paling sedikit seminggu sekali.

  • Bawang Putih

Bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai bahan agar kuku semakin kuat. Caranya yaitu dengan memarut ataupun menumbuknya hingga halus , kemudian tumbukan halus bawang putih tersebut dioeskan pada kuku, dan tunggu beberapa menit kemudian bersihkan menggunakan air.    Atau kalau tak mau menumbuk/memarut, bisa pula dilakukan dengan cara mirip saat memanfaatkan belimbing wuluh. Yaitu dengan memotong bawang putih menjadi dua bagian, kemudian menggosokkannya pada bagian kuku, dan lalu membersihkan dengan air.

  • Madu, Telur, dan Zaitun

Madu, telur dan ditambah minyak zaitun, ketiganya dicampurkan ke dalam satu adonan, akan sangat cocok digunakan sebagai bahan alami perawatan kuku, khususnya bagi para pemilik kuku kering. Pasalnya ramuan dari tiga bahan tersebut memiliki fungsi sebagai pelembab dan pelembut kuku.

Cara dan ukurannya adalah sebagai berikut; Silakan menyiapkan madu, telur, dan juga minyak zaitun. Kemudian ambil madu dan minyak zaitun, masing-masing dengan ukuran sama, yaitu dua sendok makan, lalu tuangkan keduanya ke dalam panci dan panaskan dengan suhu sedang. Kocok juga telur hingga mengental. Selanjutnya tuangkan campuran madu dan minyak zaitun tadi pada telur, dan lalu oleskan campuran ke tiga bahan tersebut pada kuku secara merata.        Ditunggu kurang-lebih 10 hingg 15 menit, selanjutnya bersihkan dengan menggunakan air.   Agar mendapatkan hasil maksimal, silakan melakukannya secara teratur. [uth]

Rujukan:

[1] Perawatan Kuku Berbahan Alami, Harian Kedaulatan Rakyat Cetak 22 Maret ’15  Diakses pada 5 April 2015
[2] Gambar ilustrasi, pixabay.com Diakses pada 5 April 2015

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here