Bagaimana Cara Efektif Mengecilkan Pori-Pori dan Memusnahkan Komedo?

3
1424
Bagaimana Cara Efektif Mengecilkan Pori-Pori dan Menmusnahkan Komedo?

Sebagaimana diketahui, lubang pori-pori yang ada pada kulit manusia sangat penting peranannya terhadap kesehatan, pasalnya pori-pori adalah saluran keluarnya kelenjar minyak (sebum). Hanya saja perlu dipahami bahwa pori-pori yang besar bukan tidak mungkin akan bisa denegan mudah mudah tertutup, apalagi jika produksi keringat kita tinggi.

Selain keringat, penutup lubang pori pada tubuh adalah juga minyak, kotoran debu, kulit-kulit mati, dan masih banyak lagi. Apabila ini tak dipedulikan, maka bukan tidak mungkin semua itu selanjutnya akan menyebabkan tersumbatnya saluran kelenjar keringat kulit, dan pada akhirnya akan membuat peradangan.

Teratur Membersihkan Wajah

Demi menghindari pun mengurangi tertutupnya lubang pori, saran terbaik adalah membersihkan wajah secara rutin dan teratur, misalnya 2 kali dalam sehari. Selain demi mencegah terjadinya peradangan kulit, hal itu perlu dilakukan agar pembentukan komedo juga tak besar kecenderungannya.

Komedo adalah Hasil Penyumbatan Kelenjar Minyak

Munculnya komedo salah satunya adalah akibat terjadinya penyumbatan pada kelenjar minyak (sebaceus gland). Ketika kelenjar itu tersumbat, maka otomatis minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan menuju luar. Sejatinya penyumbatan ini bisa terjadi akibat banyak hal, selain karena penumpukan sel kulit mati dan juga produksi minyak yang berlebih, pemakaian kosmetik dan alat rias berlebih juga bisa.

Facial (Ekstraksi Komedo)

Cara membuang dan menghilangkan komedo yang bisa dibilang tepat yaitu melakukan facial (ekstraksi komedo) secara rutin dan teratur, sebagai contoh adalah tiap 2 hingga 4 minggu sekali. Tentu saja dilakukan pada dokter spesialis kulit ataupun klinik kecantikan kulit dengan mutu baik. Namun tetap ada juga saran yang baik dilakukan demi mengecilkan pori-pori kulit sehingga akan terminimalisir terjadinya penyumbatan.

  • Rutin Membersihkan Wajah
    Pembentukan komedia dapat dihindari salah satunya adalah dengan cara membersihkan wajah secara rutin, khususnya selepas melakukan aktifitas ataupun atau pasca make-up.
  • Teratur Memakai Masker Wajah
    Mengenakan masker wajah tentu saja merupakan tips yang tak asing lagi bagi kaum hawa. Karena telah banyak yang melakukannya dalam merawat wajah. Hal ini ternyata juga memberikan manfaat dalam meminimalisir komedo.
  • Mengompres Wajah
    Air es merupakan cairan yang disarankan untuk digunakan sebagai bahan pengompres wajah. Pasalnya efek dingin yang muncul darinya mampu mengecilkan pembuluh darah dan juga pori-pori pada kulit.

Demikian mengenai komedo yang adakalanya bisa mengganggu penampilan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Menghilangkan Komedo dan Mengecilkan Pori klikdokter.com Diakses pada 8 April 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 8 April 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here