Apa Saja Manfaat Dari Tanaman Kersen (Talok) Itu?

5
5500
Daun Talok yang bisa dijadikan sebagai bahan coklat

Kersen atau dikenal pula dengan nama talok adalah buah yang pohonnya bisa tumbuh dengan mudah di seputar kita. Bahkan dengan tidak dirawat sekalipun.     Kersen yang juga memiliki bahasa ilmiah “nuntingia calabura” ini adalah jenis tumbuhan yang rimbun dan ketinggiannya juga bisa mencapai 5 hingga 10 meter.

Daunnya sendiri agak lengket apabila terkena kulit kita, dan juga berbulu. Sedangkan buahnya, ketika muda berwarna hijau agak keputih-putihan, namun ketika sudah masak akan mengalami perubahan ke warna merah. Diameter buahnya bermacam-macam, ada yang sangat kecil, namun ada pula yang bisa melebihi biji kelereng, dengan daging buah berrasa rasa manis.

Meski Liar Namun Banyak Khasiat

Sebagaimana diketahui, talok merupakan buah dengan pohon yang bisa tumbuh liar di seputar kita. Namun, meski terlihat liar kenyataannya pohon kersen yang memuat buah dan daun ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

  • Anti Septik

Daun kersen yang direbus bisa dimanfaatkan untuk membunuh mikroba, atau dapat pula digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen ini memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri, karena di dalamnya terkandung berbagai senyawa, di antaranya adalah tanin, flavonoid dan saponin.

  • Anti Bakteri

Dari beberapa ahli yang pernah meneliti, dipaparkan bahwa kersen (termasuk buahnya juga) mempunyai sifat antibakteri sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis.

  • Anti Tumor

Kadar flavonoid yang terdapat dalam daun kersen memiliki khasiat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga memiliki efek anti-tumor.

  • Anti Oksidan

Dalam buah kersen alias buah talok, diketahui pula memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini memiliki tugas guna menguatkan sistem imunitas pada tubuh dan melawan radikal bebas sebagai penyebab terjadinya kanker.

  • Anti Inflamasi

Peradangan atau disebut pula dengan istilah ‘inflamasi’ dapat dicegah dan diminimalisir dengan mengonsumsi daun kersen yang telah direbus. Selain sebagai anti inflamasi, bahkan air rebusan daun talok itu juga bermanfaat untuk menurunkan demam.

  • Obati Kram Perut

Selain buah dan daunnya, ternyata bunga kersenselain bisa diambil untuk antiseptik, bisa juga dimanfaatkan sebagai obat kram perut.  Caranya hanya dengan merebusnya dan lalu mengambil airnya untuk diminum.

  • Obat Asam Urat

Bagi Anda yang menderita asam urat, buah kersen sejatinya bisa dimanfaatkan untuk mengobatinya. Karena dengan buah talok, penyakit asam urat dapat dikurangi.

  • Melindungi Jantung

Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

Demikian mengenai buah kersen. Jadi  meski tergolong tanaman liar, akan tetapi tetap memiliki banyak manfaat baik dari daun, buah, pun bunganya, bukan? [uth]

Rujukan:
[1] Muntingia calabura Linn. stuartxchange.org Diakses pada 16 April 2015
[2] Gambar ilustrasi stuartxchange.org Diakses pada 16 April 2015

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

  1. […] Mengamati daun salam yang berkhasiat pada berbagai jenis masakan, anak-anak jaman sekarang mungkin tak lagi banyak yang tahu kalau buah salam itu juga enak dimakan. Atau bahkan mereka juga sudah tak berminat memanjat pohon kersen (talok), dan kemudian bergelantungan menikmati buah-buahnya yang masak. [Baca juga: Apa Saja Manfaat Dari Tanaman Kersen (Talok) Itu?] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here