Apa dan Bagaimana Gejala Terjadinya Saraf Kejepit Itu?

4
2712
Sakit Punggung dan Nyeri Pinggang

HNP atau Hernia Nucleosus Pulposus, dalam kehidupan sehari-hari sering kita katakan dengan istilah dari “saraf kejepit.”   Kemungkinan awal yang acap dirasakan oleh penderita HNP ini antara lain adalah sakit pada pinggang yang juga terkadang disertai kesemutan. Atau bisa juga sakitnya menjalar ke arah panggul, paha, bahkan juga sampai jari-jari kaki.

Apa itu HNP?

Hernia Nucleosus Pulposus adalah kondisi keluar dan menonjolnya seluruh (atau sebagian) dari lempengan intervertebralis bagian tengah yang bentuknya lembut menyerupai agar-agar. Ketika terjadi tonjolan secara terpaksa ini maka akibatnya akan menimbulkan gejala sakit nyeri pada punggung. Hal ini tentu saja bisa dipahami, tak lain adalah sebagai reaksi atas adanya iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan.

Penyebab Saraf Kejepit

Ada banyak penyebab dari kejadian di atas. Salah satunya adalah adanya trauma yang terjadi secara terus menerus, misalnya akibat jatuh terduduk, karena kecelakaan, ataupun posisi tubuh yang tidak tepat tatkala mengangkat beban.          Bukan itu saja, selain disebabkan  kelainan bentuk tulang belakang, kelebihan berat badan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga bisa menjadi faktor lain yang menyebabkannya. [baca juga: Pengaruh dan Resiko Akibat Duduk Terlalu Lama]

Yang acapkali mendapatkan serangan dari penyakit ini adalah bagian tulang belakang, yaitu antara lain adalah bagian lumbal yang keberadaannya di daerah pinggang, dan juga bagian servikal yang ada di seputar leher.

Gejala yang Perlu Diperhatikan

Demi mengantisipasi terkena penyakit saraf kejepit ini, ada beberapa gejala yang bisa dijasikan bahan perhatian;

  • Bagian Tulang Punggung

Apabila yang bermasalah ada di tulang belakang bagian punggung, maka pada salah satu bagian dari kaki, pinggul, atau pantat akan terasa sakit.  Dan selanjutnya, ada kemungkinan sakit itu akan menjalar dan juga disertai kesemutan hingga menuju ke betis dan telapak kaki.    Selain itu ada rasa lemas dan lemah.

  • Bagian Tulang Leher

Gejala HNP ini bisa ditengarai jika kita mengalami satu permasalahan yang terjadi pada tulang belakang bagian leher, antara lain adalah rasa nyeri tatkala leher digerakkan, rasa sangat nyeri  dirasakan pada seputar tulang belikat, atau juga rasa sakit yang menjalar ke lengan atas, lengan bawah, dan jari-jari tangan.           Adakalanya kesemutan juga melanda pada sepanjang bahu, siku, lengan, dan juga bagian dari jari-jemari.

Pemeriksaan Fisik

Demikian mengenai gejala awal yang bisa dideteksi dengan indera perasa kita.   Apabila telah mendapatkan gejala awla tersebut, hal lanjut yang bisa dilakukan setelahnya adalah pemeriksaan fisik dan penunjangnya, sebagai contoh adalah MRI. Langkah ini ditempuh tak lain demi mendapatkan kepastian tentang benar -tidaknya terjadi saraf yang terjepit.

Berkaitan dengan saraf kejepit, ini merupakan hal yang butuh segera penanganan. Karena apabila terjadi keterlambatan, bukan tidak mungkin akan mengakibatkan terjadinya kelumpuhan anggota tubuh.

Sumber Rujukan:
[1] Sering Sakit Pinggang? Mungkin Saraf Terjepit, klikdokter.com Diakses pada 20 April 2015
[2] Young woman with backache, shutterstock.com Diakses pada 20 April 2015

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here