Mao Zedong Mousoleum dan Gedung Parlemen Tiongkok

3
2150
Mao Zedong Mousoleum - Museum Cina

Mao Zedong Mousoleum adalah salah satu bangunan bersejarah di Cina yang hingga kini tetap dipelihara dan dikunjungi banyak orang. Menjadi salah satu bangunan favorit bagi banyak orang, bukan saja warga Cina, karena Mao Zedong Mousoleum merupakan bangunan yang dikenakan sebagai tempat disemayamkannya jenasah Mao Zedong, Bapak Negara Bangsa China.

Bagaimana bisa jenazah diletakkan. Bukankah biasanya jenazah itu dikebumikan ataupun dikremasi?

Bukan. Untuk jenazah Bapak Negara ini ada pengecualian, yaitu bukan dikremasi melainkan diawetkan dengan dibalsem.   Guna menjawab pertanyaan itu lebih lanjut, mari kita telusuri sedikit mengenai Mao Zedong Mousoleum ini. [Baca juga: Inilah Tiananmen Square dan National Museum of China Sebagai Tempat Menarik dan Bersejarah]

Dibuka Untuk Umum

Telah beberapa tahun belakangan ini Mousoleum tempat jenazah Bapak Negeri Cina itu dibuka untuk umum. Artinya warga manapun diperkenankan mengunjungi dan melihat-lihat tempat ini.      Hanya saja, mayoritas yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini ternyata masih sebatas warga lokal, bukan turis manca.

  • Mengantri Mengelilingi Bangunan

Dan meskipun telah dibuka untuk umum, untuk memasuki ke dalam kawasan Mousoleum ini ternyata bukanlah perkara mudah. Pertama kita wajib melewati antrian yang sangat panjang, yaitu bisa sampai 3 kali lipat dari jarak yg harus kita tempuh guna mengelilingi bangunan ini.    Bisa dikatakan demikian karena pemandangan ini bia dengan jelas diamati, yaitu antrian lapis tiga yang sengaja dibuat melingkar mengelilingi bangunan.

Selain harus melewati antrian panjang mengelilingi bangunan, hal kedua yang harus diperhatikan dalam memasuki area ini adalah dilarangnya kita membawa tas, makanan, minuman, merokok, dan juga tidak diperkenankan membawa kamera. Namun tenang saja, karena untuk handphone masih diperkenankan kita bawa. Hanya saja tetap tak diizinkan mengambil gambar jenazah Mao Zedong.

  • Waktu Dibukanya Mousoleum

Hal yang butuh diperhatikan apabila hendak berkunjung dan memasuki tempat ini, adalah agar datang sepagi mungkin. Alasannya adalah karena Mao Zedong Mousoleum hanya dibuka dari pukul 08.00 pagi dan akan ditutup pada pukul 11.00.   Dan hal lain yang tak kalah diperhatikannya, karena ada pelarangan membawa barang tentu saja kita harus meyakinkan ada seseorang yang bisa dipercaya untuk dititip bekal kita, baik tas, kamera, air minum, dan lain sebagainya.

People’s Power Monument

People’s Power Monument adalah tugu patung yang lokasinya ada di depan Mao Zedong Mousoleum. Wujud patung yang berdiri tersebut mukanya dibentuk menyerupai wajah Mao Zedong.   Sedangkan di tiap bagian sudut Mao Zedong Mousoleum dilengkapi pula lampu penerang jalan, di mana pada seputar lampu-lampu tersebut terdapat pengeras suara dan kamera pengawas.

Jadi andaikata terjadi sesuatu di seputar tempat itu, tentu saja akan dapat dilihat dengan lebih jelas dan teliti. Misalnya ada aksi demonstrasi, maka selain petugas akan memberikan tanda perhatian melalui pengeras suara, sudah barang tentu kamera pengawas juga akan dicermati, dan bukan tidak mungkin petugas tersebut juga akan mencatat wajah-wajahnya.

Gedung Parlemen China

Jika di atas ada Mousoleum alias museum, maka tak jauh dari kawasan tersebut berdiri pula satu bangunan yang dipergunakan sebagai gedung perwakilan rakyat negeri Cina.

Jika Sanghai merupakan pusat perekonomian Cina, maka sebagai ibukota dan pusat pemerintahan ada di Beijing. Oleh karenanya di Beijing ini terdapat banyak gedung megah. Dan serupa dengan lapangan Monas Jakarta dan gedung-gedung yang mengelilinginya, maka dari banyaknya gedung di Beijing itu hampir semua gedung pemerintahan juga didirikan mengelilingi Tiananmen Square. [Baca juga: Apa dan Dimana Forbidden City –Kota Terlarang Itu?]

Lain dari itu, tepat di samping Gedung Parlemen, yaitu di sebelah barat Tiananmen Square, adalah tempat didirikannya gedung yang menjadi markas besar Partai Komunis di China. [uth]

Rujukan:

[1] Mao Zedong Mousoleum, Pacarkecilku instagram.com/pacarkecilku Diakses pada 22 April 2015
[2] Gambar ilustrasi instagram.com/pacarkecilku Diakses pada 22 April 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. Jadi andaikata terjadi sesuatu di seputar tempat itu, tentu saja akan dapat dilihat dengan lebih jelas dan teliti. Misalnya ada aksi demonstrasi, maka selain petugas akan memberikan tanda perhatian melalui pengeras suara,

    http://www.mytrip123.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here