Apa Saja Manfaat Konsumsi Air Kelapa Bagi Tubuh?

1
1767
Apa Saja Manfaat Konsumsi Air Kelapa Bagi Tubuh?

Tak sedikit orang menggemari buah kelapa bukan saja sebagai bahan untuk memasak yaitu dengan mengambil santannya. Melainkan juga yang masih muda. Diambil daging dan juga airnya. Motifnya pun bermacam-macam, ada yang mengambilnya karena memang suka akan buah serta airnya. Ada pula yang mengonsumsinya dengan alasan-alasan tertentu, misalnya sebagai obat keracunan.

Air kelapa bisa dikonsumsi sebagai obat keracunan baik pada manusia ataupun oleh binatang. Hal ini telah dibuktikan banyak orang bahkan jauh sebelum berbagai macam obat keracunan diperjualbelikan secara bebas.     Lalu apa saja sebenarnya manfaat dari konsumsi air kelapa ini? Berikut ini adalah beberapa di antaranya; [Baca juga: Manfaat Air Kelapa Untuk Pengobatan]

Obat Mabuk Akibat Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol apabila berlebihan tentu saja akan menimbulkan banyak kerugian bagi tubuh. Salah satu yang dapat dirasakan secara nyata adalah timbulnya rasa pusing yang sangat di kepala.  Hal itu ternyata bisa diredakan yaitu dengan cara mengonsumsi air kelapa.

Meminum air kelapa saat mabuk alkohol ini memiliki manfaat lebih karena tanpa menyebabkan rasa mual serta kembung. Selain itu, air kelapa juga bakal menjadi ganti elektrolit yang keluar dari tubuh akibat muntah-muntah ataupun karena buang air kecil.

Mencegah Dehidrasi

Dalam hal mencegah dehidrasi, air kelapa menjadi cairan yang bukan saja sekedar air minum biasa. Pasalnya jika dibandingkan dengan minuman isotonik dan minuman energi lainnya, air kelapa memiliki kandungan yang lebih efektif dalam hal mencegah dehidrasi. Oleh karenanya ketika beraktivitas berat, baik bekerja keras ataupun berolahraga,air kelapa menjadi asupan minuman yang sangat tepat. Alasannya tak lain adalah karena cairan elektrolit dalam tubuh yang baru saja terbuang akan segera tergantikan.

Air kelapa memiliki kemmapuan mengganti cairan dan elektrolit yang terbuang itu sebab dalam setiap 200 mililiter air kelapa terdapat kadar 61 mg kalium dan 1,3 gram gula alami. Sedangkan untuk minuman isotonik dan minuman energi lain biasanya hanya memiliki kandungan setengahnya.

Menu Diet

Air kelapa cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan ritual diet, pasalnya dalam kadar lemak dan kalori yang terkandung dalam air kelapa tergolong sangat rendah. Dengan begitu kita tak perlu risau terhadap kenaikan berat badan setelah mengkonsumsinya.   Lebih dari itu, air kelapa juga bisa menjadi sumber energi cepat karena kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya ternyata juga bisa dicerna tubuh dengan cepat.

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Pencernaan yang tak beres seperti mual, muntah atau diare, bisa diatasi dengan meminum air kelapa. Hal ini dimungkinkan karena air kelapa memiliki khasiat dapat mengurangi mual dengan tanpa menyebabkan  kembung. Selain itu cairan tubuh dan elektrolit yang hilang karena masalah pencernaan bisa juga segera dikembalikan dengan mengonsumsi air kelapa. [Baca juga: Sembuhkan Diare dengan Obat Tradisional]

Memiliki Banyak Nutrisi

Dalam air kelapa terdapat 5 jenis kadar elektrolit yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan itu adalah; kalsium, kalium, magnesium, natrium, dan fosfor. Dengan latar belakang kaya nutrisi ini maka  air kelapa bisa dinikmati dalam segala kondisi dan penderitaan yang dialami.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi air kelapa apabila dilakukan secara rutin akan membantu kita dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini sebagaimana hasil observasi yang dipaparkan dalam satu penelitian dan dimuat pada West Indian Medical Journal.   Sehingga ini adalah satu keuntungan lebih bagi Anda penderita darah tinggi, karena dengan mengkonsumsi air kelapa makasecara tidak langsung tekanan darah tinggi juga akan  bisa diatasi.

Dari banyaknya manfaat air kelapa seperti yang telah di sebutkan di atas, maka kita bisa memahami terhadap orang-orang yang tetap menggemari air kelapa. Karena  baik mereka yang hidup dan tinggalnya di pedesaan ataupun mereka yang tinggal di perkotaan, terlepas dari bentuknya, baik yang menikmatinya dengan wujud es kelapa muda ataupun yang mengonsumsinya berupa  ‘nata de coco” yang menyerupai jeli, toh semuanya memiliki keuntungan positif. [uth]

Rujukan:
[1] 6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui, klikdokter.com Diakses pada 23 April 2015
[2] Gambar ilustrasi, pixabay.com Diakses pada 23 April 2015

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here