Bagaimana Cara Mengecilkan Perut yang Semakin Gendut dan Buncit?

1
2433
Bagaimana Cara Mengecilkan Perut yang Semakin Gendut dan Buncit

Memiliki perut dan buncit bagi sebagian orang bisa jadi merupakan kebanggaan. Tak lain adalah terdapatnya anggapan beberapa orang, yaitu sebagai simbul sebuah kesejahteraan dan kemakmuran, karena dengan perut gendut, itu artinya ia telah terjamin asupan makanannya. Namun bagi sebagian lainnya tak begitu adanya, yaitu merasa resah dan gelisah akibat memiliki perut gendut. Alasannya pun bermacam-macam. Ada yang merasa aktifitas geraknya menjadi terhambat, ada pula yang merasa begah dan serba salah, utamanya dalam hal penampilan.

Menyikapi hal tersebut, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan demi memperoleh perut proporsional, bisa dikendalikan dan terhindar dari kegendutan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa ditempuh.

Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran

Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, buah dan sayuran juga mempunyai kandungan serat tinggi yang bermanfaat guna membuat perut lekast kenyang, sehingga kecenderungan makan cemilan juga akan berkurang drastis.  Dengan konsumsi makanan berkadar serat tinggi ini, maka secara otomatis rasa lapar juga tak mudah mendera karena ada kecenderungan lebih sulit mengunyah dan mencernanya.

  • Menurunkan dan Menjaga Berat Badan

Dan yang pasti, dari makanan yang berkadar serat tinggi akan diperoleh pula jumlah kalori yang rendah. Sehingga akan sangat bermanfaat dalam membantu menurunkan dan juga menjaga berat badan tetap normal.

  • Mencukupi Kebutuhan Serat

Kebutuhan serat tubuh bergantung dari usia seseorang. Sebagai gambaran, bagi seseorang yang usianya ada di bawah 50 tahun, untuk jenis kelamin pria memerlukan 38 gram serat setiap hari dan bagi wanita membutuhkan 25 gram serat perharinya.      Sementara untuk seseorang dengan usia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah serat yang lebih rendah, yaitu 30 gram tiap hari untuk laki-laki dan 21 gram setiap hari bagi jenis kelamin perempuan.

Konsumsi Air Putih Secara Cukup

Annjuran konsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas setiap hari juga sangat berpengaruh terhadap kondisi perut.Pasalnya dengan konsumsi air putih itu maka secara tak langsung kita telah menginput ke dalam tubuh sebuah komponen kimia utama guna membentuk sekitar 60% dari berat badan kita. Air pula yang menjadi gantungan sistem dalam tubuh ini bekerja. Salah satunya dalam hal proses pelarutan racun dari organ-organ vital tubuh, maka air adalah material yang akan membawa nutrisi menuju sel-sel tubuh dan kemudian memberikan lingkungan lembab baginya.

Kekurangan air sudah barang tentu akan mengakibatkan dehidrasi dan selanjutnya adalah timbulnya kematian. Berkaitan dengan itu air ini memang benar-benar dapat diandalkan dalam menjaga kondisi tubuh, termasuk dalam hal menjaga ukuran perut. Dan selain air putih, cairan yang tetap baik bagi perut antara lain adalah asupan cairan dari jus buah (dengan mengurangi kadar gula) dan juga cairan berujud susu.

Makan Pagi

Banyak orang yang resah terhadap perut buncit pada akhirnya menghindari sarapan. Mereka beranggapan bahwa dengan tidak sarapan maka secara tidak langsung ia mengurangi porsi makan sehingga akan membuat perut terhindar dari gendut.     Anggapan tidak sarapan merupakan langkah agar tak gendut tersebut ternyata salah. Pasalnya bagi mereka yang menghendaki perut tak buncit maka justru disarankan untuk rutin makan pagi.    Dari beberapa studi dijelaskan bahwa sarapan justru dapat membantu kita mengontrol berat badan dan menjadikan perut singset. Alasannya selain karena sarapan bisa mengurangi rasa lapar sepanjang hari, adalah juga karena sarapan bisa membuat seseorang memilih makanan yang lebih sehat ketika makan siang ataupun makan malam tiba. [Baca juga: Ada Banyak Keuntungan Jika Kita Melakukan Rutinitas Sarapan]

Langkah meninggalkan sarapan dengan alasan mengurangi asupan kalori ternyata merupakan cara yang kurang efektif. Pasalnya dengan tidak sarapan, justru kita bakal merasa lebih lapar sehingga pada saat makan siang pun makan malam akan mengonsumsinya lebih banyak lagi.    Untuk menu sarapan, alangkah baiknya jika pilihannya jatuh pada makanan yang rendah kalori. Sebagai contoh adalah roti gandum ataupun bubur oat dengan potongan buah-buahan.

Hindari Makanan Berkadar Lemak Jenuh dan Gula Tinggi

Menu makanan yang berkadar lemak jenuh dan memiliki kandungan gula tinggi secara tidak langsung adalah juga termasuk jenis makanan yang memuat kandungan kalori. Darinyalah tubuh ini bisa dibuat cepat berat badannya. Oleh karena itu menghindari makanan jenis ini sangat disarankan apabila tak menghendaki perut semakin membuncit.

Beberapa makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi di antaranya ada pada daging yang diproses, sebagai contoh adalah sosis, biskuit, keripik, dan lain sebagainya. Sedangkan asupan makanan yang berkadar gula tinggi antara lain adalah cake, permen, coklat, dan sejenisnya.   Jika gula saja tak disarankan, tentu saja segala jenis pemanis buatan juga serupa, karena selain berkadar kalori tinggi, ia juga tidak mengandung vitamin, mineral ataupun serat.

Gula tinggi ini sangat berpengaruh terhadap keberadaan perut, khususnya dalam hal meningkatkan kadar lemak dalam perut. Sehingga butuh perhatian khusus dalam mengonsumsinya, karena jika tidak, bukan tidak mungkin akan merembet menjadi penyakit yang berkaitan dengan jantung dan diabetes. [uth]

Rujukan:
[1] 4 Cara Mengecilkan Perut yang Cepat, klikdokter.com Diakses pada 27 April 2015
[2] Gambar ilustrasi, shutterstock.com Diakses pada 27 April 2015

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here