Inilah Cara Menghilangkan Rasa Pegal pada Kaki

1
5036
inilah cara menghilangkan rasa pegal pada kaki
pixabay.com

Aktifitas yang padat dan kegiatan yang kurang terjadwal seringkali membuat ritme hidup kita ini kurang tertata, termasuk durasi dan waktu istirahat. Akibatnya kondisi fisik akan turun drastis  karena rasa lelah yang berlebihan. Salah satu contoh kondisi itu adalah kaki atau betis yang sering terasa pegal dan ngilu, yang pada akhirnya menjadi faktor penghambat aktifitas.  Bahkan jika rasa pegal pada kaki itu terus dirasakan hinga malam hari, maka kita pun akan merasakan akibat berupa kesulitan tidur. Ketika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin aktifitas pada keesokan harinya.

Mengingat kaki –yang di dalamnya terdiri pula dari betis dan paha– adalah juga media sirkulasi darah menuju banyak saraf di telapaknya. Dan kaki yang memiliki fungsi sebagai penopang tubuh tentu saja memiliki beban kerja lebih berat dibanding organ tubuh yang lain, oleh karenanya rasa pegal pada bagian kaki tak bisa diabaikan begitu saja.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan guna mengurangi dan menghilangkan rasa pegal pada kaki atau betis;

Merendam Kaki dengan Air Garam

Siapkan air hangat dengan menggunakan baskom atau ember. Masukkan satu sendok garam, apabila tersedia akan lebih baik menggunakan jenis garam yang kasar. Tambahkan satu sendok nasi putih yang remas-remas agar tidak menggumpal di air. Rendam kaki anda 15 – 20 menit sambil membasuh dan memijatnya dengan pelan. Setelah selesai, keringkan dengan handuk, lalu duduk lah dengan santai sambil beristirahat.

Merendam Kaki dengan Air Jahe dan Serai

Siapkan 3 jari jahe dan 3 batang serai (sereh), tumbuk dengan botol atau benda keras lainnya hingga sedikit hancur. Siapkan air hangat dengan menggunakan baskom atau ember, lalu masukkan jahe dan serai ke dalam air. Masukkan satu sendok garam dan satu lembar daun salam. Rendam kaki anda 15 – 20 menit sambil membasuh dan memijatnya dengan pelan. Setelah selesai, keringkan dengan handuk, lalu duduklah dengan santai sambil beristirahat.

Jahe dan serai dari ramuan yang digunakan untuk merendam kaki menghasilkan aroma khas yang membuat badan kita menjadi lebih rileks. Rasa hangat yang ditimbulkan dari jahe dan serai juga akan tetap terasa meskipun proses perendaman kaki sudah selesai. Rasa hangat yang awet akan mampu memperlancar sirkulasi darah pada kaki sehingga rasa capek berkurang atau hilang. Cara ini juga banyak dilakukan oleh penderita penyakit stroke sebagai salah satu bentuk terapis untuk penyembuhan.

Menaruh Kaki pada Tempat yang Lebih Tinggi

Taruh kaki anda di atas tumpukan bantal sambil berbaring di tempat tidur. Menaruh kaki pada tempat yang lebih tinggi dipercaya mampu memperlancar sirkulasi darah pada kaki. Cara ini biasanya dilakukan ketika seseorang hendak beristirahat dan sudah tidak ada lagi aktifitas yang akan dilakukan. Efek relaksasi menimbulkan rasa nyaman yang akhirnya membuat seseorang tertidur pulas. Cara ini merupakan cara paling sederhana untuk menghilangkan rasa pegal pada kaki atau betis. Namun cara ini terkadang tidak efektif ketika rasa pegal pada kaki terasa berlebihan.

Selain melakukan 3 cara di atas, Anda juga bisa membuat segelas minuman jeruk hangat yang dicampur dengan satu sendok madu murni. Minuman ini mampu memberikan efek relaksasi dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Tips sederhana ini tidak akan menyita banyak waktu anda, cukup meluangkan sedikit waktu, rasa pegal pada kaki atau betis anda akan hilang dan aktifitas pun akan kembali nyaman.

Rujukan:

[1] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 29 April 2015

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here