Tahukah Anda Jambu Biji Memiliki Banyak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh Kita?

3
1714
Jambu Biji itu Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Sebagaimana beberapa buah lain, jambu biji memang termasuk pula sebagai salah satu buah yang mudah di dapatkan di wilayah beiklim tropis seperti Indonesia. Akibat dari kemudahan itu banyak orang lebih menganggap buah itu sebagai barang yang tak begitu istimewa. Padahal jika kita tahu, ternyata kandungan gizinya sangat banyak dan sungguh bermanfaat jika dikonsumsi.

Bukan saja kandungan vitamin C seperti lebanyakan buah tropis lainnya, jambu biji ternyata juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol serta sebagai obat anti kanker. [Baca juga: Benarkah Memijit dan Meremas Payudara Dapat Mencegah Kanker?]

Vitamin C

Apabila diamati dari kadar vitamin C-nya, tak sedikit orang yang menilai bahwa jeruklah buah yang unggul kandungannya. Namun ternyata tidak, jambu biji justru memiliki kadar vitamin C dua kali lipat lebih banyak dibanding jeruk.  Pasalnya dalam setiap 100gr jambu biji mengandung kadar 87mg vitamin C, sementara kandungan yang ada pada jeruk hanya 49 mg.  Bukan jeruk saja, jika jambu biji ini juga dibandingkan dengan buah impor seperti apel ataupun anggur, maka kandungan vitamin C-nya hinga mencapai puluhan kali lipat. Mengacu pada Analisis Bahan Makanan  tahun 1992, kandungan vitamin C dalam setiap 100gr buah apel hanya sebanyak 5 mg. pada 100gr anggur hanya memiliki kadar vitamin C sejumlah 3.3 mg.

  • Tak Perlu Buah Impor

Sehubungan dengan hal tersebut, harus disadari bahwa untuk mendapatkan manfaat vitamin C, baik guna mencegah sariawan, meningkatkan daya tahan tubuh, ataupun sebagai suplemen antioksidan, sejatinya kita tidak membutuhkan buah yang mahal apalagi buah impor, karena toh jambu biji aadalah juwaranya dalam hal kepemilikan kandungan vitamin C-nya.

  • Konsumsi Jelang Matang

Meski memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, namun ada masa terbaik pada jambu biji ini guna dinikmati. Yaitu pada saat jambu biji menjelang matang. Sedangkan bagian yang banyak kandungan vitamin C-nya adalah pada kulit dan daging buahnya. Oleh karenanya mengonsumsi jambu biji dengan membuang kulitnya justru itu adalah tindakan yang salah, karena di sanalah terdapat kandungan vitamin C yang banyak.

Mengendalikan Darah Tinggi dan Menurunkan Kolesterol

Kandungan potassium yangkurang lebihnya 14 mg dalam setiap 100 gr jambu biji tentu tak bisa diabaikan sebagai penunjang kesehatan. Pasalnya dari sini bisa kita lihat khasiatnya. Bahwa potasium memiliki fungsi guna meningkatkan denyut jantung secara teratur, menambah aktif kontraksi otot, menyeimbangkan cairan tubuh, dan juga  menurunkan tekanan darah alias hipertensi.

  • Meminimalisir Terkena Serangan Jantung

Kandungan serta dalam jambu biji juga tinggi, terutama pectin sebagai sebuah serta yang bisa larut dalam air. Serat pectin ini memiliki kemmapuan mengikat kelebihan garam, lemak serta endapan racun dalam saluran pencernaan. Dari serat apabila kita konsumsi maka kesehatan saluran pencernaan akan menjadi semakin terjaga, penyakit kanker akan tercegah kedatangannya, mengobati sembelit, dan tentu saja sebagai sarana untuk mengeluarkan zat berbahaya dari dalam tubuh.    Bahkan menurut pemaparan pada penelitian yang dilakukan Heart Research Laboratory – Medical Research and Research Center India, dituturkan bahwa konsumsi jambu biji secara teratur mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah serta menurunkan tekanan darah, yang itu artinya secara tidak langsung juga merupakan langkah untuk menurunkan risiko serangan penyakit jantung.

Buah Anti Kanker

Fitokimia juga merupakan senyawa yang banyak dikandung dalam jambu biji. Biji-biji fitokimia itu antara lain adalah karotenoid, polifenol, dan flavonoid. Di mana karotenoid adalah beta-karoten, yaitu sumber vitamin A bagi tubuh. Sedangkan fitokimia esensial lain yang juga memiliki peranan penting lain adalah flavonoid, yaitu senyawa dengan kemampuan lebih bagi tubuh sebagai anti alergi, anti kanker, anti radang, dan juga anti virus. [uth]

Rujukan:
[1] Berbagai Manfaat Jambu Biji, klikdokter.com Diakses pada 2 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi, pixabay.com Diakses pada 2 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Kebiasaan buang air dengan posisi duduk ini memang bukan perkara aneh lagi karena toh bisa dinikmati sambil berkegiatan lainnya, hanya saja ada yang butuh diperhatikan bahwa bukan berarti hal itu tak memiliki dampak negatif. Pasalnya tetap ada keterkaitan antara kebiasaan mengejan ketika buang air dengan pembentukan hemorrhoid atau wasir. Lain dari itu, yang tak kalah penting dalam memberi pengaruh terhadap hemorrhoid adalah postur tubuh. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here