Apa Saja Persiapan Dalam Memilih Tempat Ngekos dan Sewa Rumah?

1
1961
Apa Saja Persiapan Sebelum Memilih tempat Ngekos dan Sewa Rumah

Pindah tempat tinggal menjadi hal yang mau tidak mau harus dilakukan sebagian dari kita dengan berbagai alasan. Bisa karena menempuh pendidikan, atau bisa pula karena tugas pekerjaan yang harus dilakukan jauh dari rumah tinggal sebelumnya. Tempat tinggal ini juga ada banyak macamnya, ada yang menyewa satu rumah penuh, ada juga yang menyewa sepetak kamar pada bagian rumah.

Dari dua jenis sewa tempat tinggal di atas, memilih sewa satu rumah penuh tentu saja tak identik dengan istilah ‘ngekos.’ Hanya saja keduanya tetap memiliki persiapan yang tak jauh berbeda. Berikut ini adalah beberapa hal yang musti diperhatikan dalam melakukan sewa rumah;

Menentukan Waktu Terbaik

Mencari rumah tinggal, baik sewa rumah penuh ataupun hanya ngekos, sebaiknya jangan dilakukan terlalu mepet waktunya. Pasalnya bukan tidka mungkin tempat-tempat yang  dipilih telah lebih dahulu dipesan orang lain, sehingga kamar yang tersedia tentu saja yang tak sesuai keinginan, naik menyangkut harga ataupun berkaitan dengan kondisi tempatnya.    Dua bulan sebelum kepindahan menjadi waktu yang cukup untk bisa bergerak dan menentukan pilihan. Menjadi saat yang baik pula agar kita terhindar dari pihak lain yang mencari keuntungan lebih.

Mencermati Lingkungan Sekitar

Lingkungan menjadi hal penting yang tak bisa diabaikan, karena ia menjadi satu faktor penting agar kita bisa merasa nyaman dan betah. Di sana pula ke depannya kita bisa leluasa menjalankan rutinitas keseharian. Selain lingkungan masyarakat, yang lebih penting adalah memperhatikan juga lingkungan hunian, bapak kos, ibu kos, dan orang-orang yang kelak menjadi teman kos. Semuanya tak bisa luput dari perhatian. Apakah merasa nyaman atupun tidak dengan mereka, kriteria itu hanya kita yang bisa mengetahuinya.

Membaca Peraturan

Hal sepele yang menjadi “kunci,” namun jarang dilakukan adalah membaca dengan cermat ‘peraturan’ yang telah ditentukan dan harus disepakati. Oleh karenanya, usahakan untuk mencari tahu, baik melihat-lihat ataupun bertanya langsung kepada sang empunya tempat tinggal ihwal peraturan yang ditentukan. Hal ini penting sebab menyangkut kenyamanan ke depannya selama tingggal. Salah satu peraturan ini bisa saja umum diterapkan, sebagai contoh adalah pemberlakuan jam malam. Akan tetapi bagaimana jadinya jika kita tak mengetahui peraturan dan klausul tersembunyi yang itu merupakan hal yang tak kita suka, misalnya harus membayar uang lebih tatkala menggunakan barang-barang elektronik, ataupun memelihara binatang piaraan. [Baca juga: Gumbregan: Tradisi Syukuran Masyarakat Gunungkidul Atas Rezeki Binatang Piaraan]

Menentukan Kondisi Terbaik

  • Sesuaikan

Dengan cukup waktu artinya kita bisa menyeuaikan keadaan berbanding harga. Mahal ataupun murah tentu saja relatif, namun yang butuh diperhatikan tentu saja adalah kesesuaiannya. Mahal kalau wujudnya bagus tentu saja tak ‘njomplang,’ namun sebaliknya sudah jelek, mahal lagi. Tentu ini menjadi hal yang kita tidak suka.

  • Lokasi

Lokasi menjadi pertimbangan penting lainnya. Sebagai contoh jika memililih lokasi yang dekat dengan tempat bekerja pun kampus, maka secara tidak langsung bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan berangkat dan pulangnya.

  • Akses

Akses menjadi hal yangtak bisa dilupakan. Karena sekalipun jaraknya dekat, namun kalau aksesnya harus memutar tentu ini menjadi hal yang tak membuat kita nyaman. Selain ongkos transportasi juga berlipat, perhitungan waktu juga menjadi bertambah. Selain jarak dengan tempat kerja pun kampus, akses menuju jalan raya, warung makan, tukang laundri, fotokopi dan tempat penting lainnya juga butuh dipertimbangkan.

Rujukan:
[1] Siap-Siap Ngekos, suaramerdeka.com Diakses pada 6 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 6 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here