Apa Sebab Para Superheroes Mengenakan Celana Dalamnya di Bagian Luar?

3
1992
Apa Sebab Superman Memakai Celana Dalamnya di Bagian Luar

Celana dalam yang justru dikenakan pada bagian luar setelah celana panjang adalah pemandangan yang acap kita lihat di film-film, baik di layar kaca ataupun di layar lebar. Sosok pemakai celana dalam yang terlihat dari luar itu adalah gambaran tokoh pejuang ataupun pahlawan kebajikan uang acap diandalkan untuk mnolong kaum-kaum terrtindas.

Tak sedikit gambaran cerita kepahlawanan yang tokohnya hampir serupa, yaitu mengenakan celana dalam yang justru nampak dari luar. Dua di antaranya sebut saja superman dan juga batman.

Kenapa Celana Dalamnya Terbalik?

Tatkala menyaksikan sosok pahlawan super tersebut, tentu akan timbul pertanyaan dan juga muncul olok-olok.  Lantas dari manakah gagasan pakaian seperti itu muncul?

  • Ditinggal Orang Tua Sejak Kecil

Sebagian orang Amerika menjawab pertanyaan dan olok-olok di atas dengan paparan bahwa mereka mengenakan celana terbalik karena pahlawan super tersebut telah kehilangan dan ditinggal orang tuanya sejak masih kecil. Akibatnya tak ada mengajari atau bahkan sekedar memberitahukan jika celana itu harus dipakai pada bagian dalam, sebelum mengenakan celana (panjang) lainnya.

  • Model Pemain Sirkus dan Pegulat

Berbeda dengan jawaban orang-orang di negeri Paman Sam tersebut, ada jawaban lain dari seorang editor tenar di DC Comics bernama Julius Schwartz yang juga pernah menyunting kisah pahlawan super bercelana dalam di luar, yaitu Superman. Menurut editor DC Comics itu, model baju para pahlawan super dengan celana dalam di bagian luar ini tercetus akibat mengamati model para pemain sirkus dan pegulat. Dari dua profesi itulah inspirasinya.

  • Bukan Celana Dalam!

Walau yang terlihat adalah bentuk celana dalam di bagian luar, namun masih menurut penuturan para penggarap tokoh super ini, sejatinya para pegulat, para pemain sirkus, dan pahlawan super itu bukan mengenakan celana dalam di bagian luar, melainkan memakai celana pendek ketat yang disandang pada bagian atas legging mereka.

  • Tubuh Atletis dan Akrobatik

Alasan ide itu muncul dari para pemain sirkus pun pegulat adalah karena mereka memiliki tubuh atletis dan mengagumkan. Dengan latarbelakang eperti itu, maka para pahlawan super ini disempurnakan darinya, yaitu bertubuh atletis nan mengagumkan, kemudian dalam melakukan aksi melawan kejahatan dan membela penindasan pun tetap mempertontonkan atraksi akrobatiknya.

Jadi teramat wajar bukan jika para pencipta karakter pahlawan super ini mengadopsi pakaian yang digunakan oleh pemain sirkus dan pegulat?

Flash Gordon, Batman, Superman, dan Barbara Gordon

Beberapa tokoh super yang pernah digarap oleh (alm) Julius Schwartz yang pernah bekerja di DC Comics sejak tahun 1944 hingga 1986 antara lain adalah Batman, Superman, dan juga Barbara Gordon sebagai versi barunya Batgirl.   Sedangkan sebelum itu, pada tahun 1934 ada pula pahlawan super lain yang menggunakan celana dalam di bagian luar, yaitu Flash Gordon.

Sumber Rujukan:
[1] Why Superheroes Wear Their Underwear on the Outside todayifoundout.com Diakses pada 10 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 10 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Daftar Isi1 Kenapa Celana Dalamnya Terbalik?1.1 Ditinggal Orang Tua Sejak Kecil1.2 Model Pemain Sirkus dan Pegulat1.3 Bukan Celana Dalam!1.4 Tubuh Atletis dan Akrobatik2 Flash Gordon, Batman, Superman, dan Barbara Gordon Celana dalam yang justru dikenakan pada bagian luar setelah celana panjang adalah pemandangan yang acap kita lihat di film-film, baik di layar kaca ataupun di …  […]

  2. […] Kostum stromtrooper adalah pakaian yang identik dengan Star Wars, karena memang kostum itulah yang menjadi ikon tokoh fiktif tersebut. Kostum ini dikenakan oleh Kevin Doyle dengan alasan ia dan istrinya memiliki kegemaran serupa, yaitu sama-sama menyukai serial Star Wars.     Bahkan kesamaan hobi tersebut membuat pasagan itu tak pernah absen dalam hal mengunjungi pameran komik yang berkaitan dengan Star Wars. [Baca juga: Apa Sebab Para Superheroes Mengenakan Celana Dalamnya di Bagian Luar?] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here