Inilah Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Kulit Kita

2
1335
Inilah Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Kulit Kita

Bagi yang mengalami gangguan pada perut, khususnya mereka kaum hawa, mungkin sering mendengarkan saran dari banyak orang agar mengonsumsi kunyit (asam) dengan harapan bisa segera membaik kondisinya. Dan benar adanya, karena tak sedikit orang yang telah membuktikan keampuhannya.

Kunyit memang bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal, baik jamu, bumbu memasak, dan masih banyak lagi. Dan kali ini kunyit ternyata juga bisa digunakan sebagai penghilang bercak-bercak bekas jerawat pada kulit kita.

Kunyit Sebagai Pengobatan Kulit

Kunyit memiliki nama ilmuah “Curcuma longa,” merupakan tanaman yang ada dalam keluarga jahe. Kunyit bisa tumbuh secara alami ataupun dibudidayakan dalam cuaca tropis seperti alam kita ini.

  • Kurkumin

Di dalam kunyit terdapat senyawa utama bernama “kurkumin.” Ialah kandungan dalam kunyit yang diakui mempunyai sifat mampu melawan kanker kulit, yang selanjutnya bisa mencegah pertumbuhan pembuluh darah tumor serta efek langsung pada sel-sel kanker.

Sakit Kulit Apa Saja Yang Bisa Diobati Dengan Kunyit?

  • Mengobati Bekas Luka Jerawat

Sebagaimana dituliskan di atas, kunyit bisa pula dimanfaatkan guna mengobati bekasl luka akibat jerawat. Ada sebuah saran bahwa mencampur kunyit dengan bubuk kayu cendana bisa digunakan untuk mengobati bekas luka jerawat. [Baca juga: Inilah Buah-Buahan Yang Memiliki Manfaat Menghilangkan Jerawat]

Langkahnya adalah ambil satu sendok kunyit, kemudian campurkan sekaligus bubuk kayu cendana pada air matang.  Jika sudah, silakan biubuhkan adonan tersebut sedikit demi sedikit pada area yang meradang, Tunggu dan biarkan sampai menegering, selanjutnya silakan membilasnya sampai bersih.      Metode perawatan alami ini bisa dilakukan sejumlah tiga kali dalam satu minggu.

  • Mengobati Kudis

Penyakit gatal-gatal —akibat jamur— pada kulit ada banyak jenisnya. Ada kurap, kadas, kutu air, panu, dan juga kudis. Kudis merupakan penyakit kulit oleh tungau Sarcoptes scabei, dengan ditandai oleh rasa gatal pada bagian kulit yang biasanya agak tersembunyi. Sebagai contoh adalah kulit di sela-sela jari, di ketiak ataupun siku, dan juga pada selangkangan. Semua itu bisa diatasi dengan mengandalkan khasiat kulit.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan kunyit guna mengobati kudis?

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa ditempuh;

  • Menyediakan rimpang kunyit seberat 50 gram
  • Menyediakan pula daun sambiloto sebanyak 3 helai
  • Mengambil belerang seberat 20 g
  • Menuangkan minyak kelapa sebanyak 3 sendok makan
  • Menyiapkan juga tawas seberat 10 g

Selain minyak kelapa, semua bahan di atas silakan dicampur menjadi satu dan kemudian ditumbuk sampai menjadi halus. Hasil tumbukan halus selanjutnya campurkan saja dengan minyak kepala dan lalu diaduk hingga rata.       Setelah semuanya beres, dilakan mengoleskan ramuan tersebut langsung pada kulit yang terserang kudis.      Dalam pengolesan, disarankan minimal 2 kali dalam sehari, dan dilakukan setelah mandi. [Baca juga: Tahukah Anda Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun Bisa Dimanfaatkan Guna Mengkilapkan Sepatu?]

  • Mengobati Luka dan Eksim

Karena kurkumin dalam kunyit memiliki sifat serupa dengan minyak atsiri, maka ia pun memiliki sifat antiperadangan yang baik. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyembuhkan luka serta mengobati eksim. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] 3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit, klikdokter.com Diakses pada 13 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi, pixabay.com Diakses pada 13 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Daftar Isi1 Kunyit Sebagai Pengobatan Kulit1.1 Kurkumin2 Sakit Kulit Apa Saja Yang Bisa Diobati Dengan Kunyit?2.1 Mengobati Bekas Luka Jerawat2.2 Mengobati Kudis2.3 Mengobati Luka dan Eksim Bagi yang mengalami gangguan pada perut, khususnya mereka kaum hawa, mungkin sering mendengarkan saran dari banyak orang agar mengonsumsi kunyit (asam) dengan harapan bisa segera membaik kondisinya. Dan benar …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here