Havana; Satu Kota Indah di Dunia Yang Dahulu Pernah Musnah

1
5607
Havana; Sebuah Kota Indah Yang Dahulu Sempat Musnah

Kuba, bisa jadi merupakan negeri yang tak asing lagi bagi kita. Apalagi ada tokoh yang juga cukup dikenal dalam faham komunis di sana, yaitu yang bernama Fidel Castro, ataupun tokoh pejuang lain berjuluk Che Guevara.

Apabila mendengar kata “Kuba,” tentu Havana adalah kata lain yang acap kita dengar pula mengikutinya. Ya, Havana adalah ibukota negara Kuba yang dahulu memiliki nama Villa de San Cristobal de La Habana dan juga merupakan satu dari 14 provinsi di negeri tersebut. [Baca juga: Apa dan Di Mana Kota Alexandria itu?]

Kota Terbesar di Kuba

Dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 2.300.000 jiwa, Havana bukan saja menjadi kota terbesar di Kuba, melainkan juga di daratan Karibia.

Memiliki awal sebagai kota pelabuhan perdagangan, tak pelak Havana juga menjadi sasaran  yang diserang oleh para bajak laut dan perompak-perompak. Salah satu serangan awal yang membakar kotanya dilakukan oleh perompak Perancis Jacques de Sores. Para bajak laut itu merebut Havana hanya dengan dua kapal kecil, menjarah kota dan membunuh 30 orang tua-tua dan kulit hitam yang dipenjarakan. Sayangnya De Sores pergi tanpa memperoleh harta melimpah sebagaimana yang ia bayangkan sebelumnya

  • Lokasi

Havana terletak di 144 kilometer sebelah selatan dan barat daya Key west – Florida. Oleh karenanya ia memiliki posisi di sebelah barat negeri Kuba yang di depannya tak lain adalah Selat Florida.

  • Ada Sejak 1515

Menurut beberapa informasi, Havana diketahui berdiri sekitar tahun 1515 yang sejak dahulu juga dikenal sebagai pelabuhan utama di wilayah Kepulauan Hindia Barat. Selain menjadi kota yang strategis, Havana juga memiliki komoditi luar biasa, yaitu berupa gula, tembakau, dan juga buah-buahan.

Kota Sejarah

Havana adalah kota bersejarah, karenanya keindahannya juga tak ternilai harganya. Sehingga eksotisme itu mampu menarik para pelancong untuk mengunjunginya. Persinggungan antara dunia lama dan dunia baru adalah salah satu ciri khasnya yang tak bisa ditemukan di tempat lain.

Sempat Hilang dan Dilupakan

Meski penuh dengan keindahan sehingga mengundang banyak orang untuk mengunjunginya, namun bukan berarti tanpa masa kelam. Karena ternyata Havana juga sempat menjadi kota yang tak terurus dan hilang tiada tuan.

  • Munah Dilalap Si Jago Merah

Pada abad ke-17 Havana memang menjadi kota pelabuhan terkenal di dunia. Akan tetapi kota ini juga pernah habis dimusnahkan si jago merah. Sehingga para penghuni di sana akhirnya memutuskan bahwa butuh dibangun lagi kota ini dengan dilengkapi benteng dan dinding perlindungan yang bentuknya melingkar.

Pendirian benteng leingkar ini sejatinya bukan sebatas untuk melawan para bajak laut. Lebih dari itu adalah juga guna menegaskan kontrol atas perdagangan dengan Hindia Barat dan membatasi contrabando (pasar gelap) yang meluas dan berkembang akibat pembatasan-pembatasan perdagangan yang dikenakan oleh Casa de Contratación dari Sevilla, yaitu sebuah kantor perdagangan yang dikontrol oleh raja yang memegang hak monopoli atas perdagangan dengan dunia baru.

  • World Herritage

Para ahli tak mau ketinggalan menggali sumber keilmuan dari keberadaan kota Havana ini. Oleh karenanya banyak yang melakukan penelitian. Bahkan bukan saja di dalam kota, melainkan juga mengenai puing-puing megalitic yang terdapat di selat Yucatan yang tak jauh darinya. Berdasar dari penemuan yang ada, di antaranya tentang bukti adanya pemukiman urban di sepanjang pantai, dan juga temuan lainnya, maka pada akhirnya UNESCO juga menetapkan Havana ini menjadi situs sejarah warisan dunia a.k.a World Herritage. [Baca juga: Beberapa Warisan Budaya Indonesia Yang Telah Diakui Dunia] [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Havana, id.wikipedia.org Diakses pada 18 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi, pixabay.com Diakses pada 18 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. […] Daftar Isi1 Kota Terbesar di Kuba1.1 Lokasi1.2 Ada Sejak 15152 Kota Sejarah3 Sempat Hilang dan Dilupakan3.1 Munah Dilalap Si Jago Merah3.2 World Herritage Kuba, bisa jadi merupakan negeri yang tak asing lagi bagi kita. Apalagi ada tokoh yang juga cukup dikenal dalam faham komunis di sana, yaitu yang bernama Fidel Castro, ataupun tokoh pejuang lain …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here