Kenapa Gorengan Bisa Mengganggu Kesehatan Perut?

3
1929
Kentang Goreng

Ada banyak macam camilan yang bisa kita jadikan asupan baik saat sedang santai ataupun sembari bekerja. Kegiatan nyemil inipun semakin asyik tatkala yang dihidangkan sesuai dengan selera kita. Walhasil waktu yang harusnya kita gunakan untuk makan besar acapkali terlupakan atau kalaupun teringat rasa malas lebih menghinggapi karena memang perut telah terisi oleh camilan tadi.

Begitulah perihal camilan. Dia dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu, namun dia juga menjadi hal tak baik bagi kesehatan kita karena mengganggu siklus perut untuk berporoses sebagaimana mestinya.

Makanan Untuk Perut

Berbicara mengenai makanan yang memberi pengaruh pada perut, ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi secara hati-hati. Termasuk di antaranya adalah beberapa jenis camilan, sebagai contoh gorengan.

Memang tak sedikit yang gemar menikmati gorengan sambil beraktifitas apa saja, baik bekerja, membaca, menulis, ataupun sekedar istirahat, kongkow ataupun nongkrong menikmati suasana. Hal ini bisa dipahami, karena selain praktis dalam membuatnya, gorengan juga memiliki citarasa yang cukup memikat. Apalagi jika dimakan saat masih dlaam keadaan hangat.

Asupan Makanan Berminyak

Hanya saja ada yang tetap harus diperhatikan. Bahwa di balik nikmatnya rasa pada gorengan, namun tetap ada pula hal yang bisa membahayakan bagi kesehatan di kemudian hari. Sebagai contoh adalah terserang penyakit akibat kolesterol tinggi, sakit jantung, dan juga stroke.

  • Air Berkurang – Lemak Meningkat

Asupan berujud gorengan sejatinya memiliki kadar nutrisi yang berubah. Kita lihat lalu bandingkan saja pada ubi. Ubi yang direbus ataupun dikukus tentu akan jauh berbeda dengan ubi yang digoreng. Karena ubi yang dikukus tentu akan memiliki lebih banyak kadar air dibanding yang digoreng, sementara adar lemaknya sangat sedikit. Sebaliknya, ubi yang digoreng tentu saja memiliki kadar lemak sangat tinggi dengan kandungan airnya sangat rendah.

  • Amati Tukang Gorengan

Hal lain yang tak kalah pentingnya sebagai bahan perhatian adalah mengamati tukang –penjual gorengannya. Sebagai contoh, apakah minyak yang digunakan tak pernah ganti dalam wajtu tertentu dan berulang-ulang penggunaannya? Karena jika memang penggunaannya berulang-ulang sampai tak keruan warna dan aromanya tentu saja kita juga memiliki beban dan risiko terjadinya proses oksidasi dan hidrogenasi. Akibanya lemak tak jenuh menjaid hilang, sedangkan lemak trans akan terjadi peningkatan.

Hal lain yang tetap butuh diperhatikan adalah juga tabiat pedagang dalam mengelola dan menyajikan gorengannya. Karena selain pedagang ada pula yang tak paham tentang kesehatan, ada juga yang berperilaku nakal. Misalnya menambahan bahan pewarna, bahan pengawet, atau bahkan malah menambahkan plastik yang turut digoreng dan dilarutkan bersama di dalam minyak.

  • Makanan Cepat Saji

Tak sebatas asupan dan camilan yang berujud gorengan saja yang butuh dijadikan sebagai bahan pertimbangan.  Karena ada pula jenis makanan lain namun tetap serupa yang juga memiliki kadar lemak tinggi. Sebagai contoh adalah jenis makanan cepat saji yang sekarang banyak merebak di seputar kita. Misalnya pizza, adalah asupan yang juga sangat berpengaruh bagi kesehatan lambung kita.

Penyakit Mag dan Lambung

Karena tak bagus bagi perut, gorengan menjadi salah satu makanan yang juga tak baik bagi penderita maag. Pasalnya dengan adanya lemak, lambung akan cepat menjadi penuh, hanya saja akan lebih lambat untuk dicerna. Pada akhirnya perut akan menjadi cepat terasa kenyang, meskipun porsi makannya tak banyak. Dengan demikian kerja lambung menjadi terganggu.  Dan tak pelak hal ini akan mengakibatkan pula tukak lambung. {Baca juga: Gadung dan Sembukan: Herbal Untuk Mengobati Sakit Perut dan Cacingan]

Apa itu tukak lambung?

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada sekitar bagian dalam lapisan lambung ataupun usus yang menyebabkan rasa nyeri pada sistem pencernaan. Penyebab tukak lambung adalah adanya bakteri bernama “Helicobacter Pylori,”  yang salah satunya ditimbulkan akibat mengonsumsi gorengan.

Gejala terjadinya tukak lambung adalah tidak nyamannya kondisi perut ataupun lambung. Walaupun ini bukan masalah kesehatan serius –karena sangat umum dialami oleh banyak orang, maka hal inipun bisa ditangani sejak dini. Salah satunya adalah dengan mengunyah makanan secara baik, dengan tujuan agar makanan bisa dicerna  secara mudah. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Anda Punya Sakit Maag? Jangan Makan Gorengan dari Sekarang! klikdokter.com Diakses pada 19 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi pic.ikanmasteri.com Diakses pada 19 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Daftar Isi1 Makanan Untuk Perut2 Asupan Makanan Berminyak2.1 Air Berkurang – Lemak Meningkat2.2 Amati Tukang Gorengan2.3 Makanan Cepat Saji3 Penyakit Mag dan Lambung Ada banyak macam camilan yang bisa kita jadikan asupan baik saat sedang santai ataupun sembari bekerja. Kegiatan nyemil inipun semakin asyik tatkala yang dihidangkan sesuai dengan selera kita. Walhasil waktu yang harusnya …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here