Bagaimana Cara Merawat Rantai Sepeda Motor?

6
1359
Cara Perawatan Sepeda Motor Agar Rantai Tetap Lancar dan tak Tersendat
Cara Perawatan Sepeda Motor Agar Rantai Tetap Lancar dan tak Tersendat

MENGENDARAI sepeda motor memiliki keasyikan tersendiri. Oleh karenanya ada banyak klub sepeda motor yang selalu mengagendakan untuk berergian jauh layaknya bus –antar kota antar propinsi– dengan menunggangi motornya.  Touring, itulah istilah yang sering digunakan untuk aktivitas bermotor-ria dengan jarak tempuh yang tak dekat itu.

Dalam keasyikan mengendarai sepeda motor, tak pelak tetap saja ada hal yang butuh diperhatikan, baik kondisi pengendara ataupun kondisi kendaraannya. Kebugaraan pengendara adalah juga hal yang musti diterapkan pada kondisi motornya yang juga harus fit. Sehingga keduanya bisa melaju sesuai keinginan dan jauh dari gangguan.

Bukan Saja Mesin Ataupun Bahan bakar

Kondisi bugar pada manusia sebagai pengendara tentu dapat kita lihat dan rasakan sendiri. Sedangkan kondisi sehat bagi sepeda motor yang hendak dikendarai, sejatinya tak sebatas pada bagusnya performa mesin dan berllimpahnya bahan bakar. Lain dari itu adalah juga meliputi bagian lain yang tak bisa dihindarkan sekecil apapun. Salah satu contohnya adalah kondisi rantai sebagai penghubung gerak antara mesin dan ban sebagai media motor bisa melaju. [Baca juga: Profil Sirkuit MotoGP di Dunia]

Perawatan Rantai Motor

Berkaitan dengan rantai pada motor, di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai bagian dari keamanan dan keselamatan.

  • Membersihkan Kotoran

Ada banyak jenis kotoran yang jarang kita pedulikan, namun ketika tetap didiamkan justru itu akan menjadi semakin tebal dan akhirnya menggganggu laju kendaraan. Debu, tanah, air, atau pasir adalah beberapa hal yang bisa dengan mudah menempel, dan kemudian berkemungkinan besar mengikis rantai motor.

Oleh karenanya, disarankan untuk membersihkan rantai menggunakan minyak, atau  bisa pula menyemprotkan cairan khusus untuk rantai motor. Hanya saja butuh kejelian untung dan ruginya apabila menggunakan cairan khusus semacam ini, karena tak sedikit justru cairan khusus akan membuat rantai cepat aus.     Yang pasti usahakan dalam membersihkan rantai motor ini dilakukan paling tidak adalah satu bulan sekali.

  • Meyakinkan Posisi Rantai Selalu Dalam Kondisi Lurus

Ketahanan rantai motor salah satunya juga dipengaruhi oleh posisi rantainya. Pasalnya apabila keadaannnya miring, maka secara otomatis rantai akan menggesek bagian lain dan membuatnya terkikis. Oleh karenanya apabila sudah terdengar suara bising yang bersumber dari rantai, perawatan harus disegerakan.

  • Memotong Rantai Sekali Saja

Cara praktis  yang acap dilakukan banyak orang sebagai solusi mengatasi rantai kendur adalah dengan memotongnya  satu ataupun lebih mata rantainya. Ini memang sah-sah saja dilakukan, namun mohon usahakan jangan melebihi satu kali langkah ini dilakukan. Pasalnya jika pemotongan lebih dari satu kali besar kemungkinan gerakan rantai akan menjadi semakin kurang maksimal.

  • Menyetel Rantai Secara Teratur

Penyetelan rantai sepeda motor bukan hanya sebatas dikencangkan atau dikendurkan. Lebih dari itu, hal yang butuh diperhatikan adalah meluruskan bagian pengunci rangkaian ban dan pelek. Penyetelan rantai idealnya dilakukan setelah motor memiliki jarak tempuh sekitar 1.000 kilometer atau minimal satu bulan sekali. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Cara Ampuh Bikin Rantai Motor Tak Mudah Putus viva.co.id Diakses pada 21 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 21 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Daftar Isi1 Bukan Saja Mesin Ataupun Bahan bakar2 Perawatan Rantai Motor2.1 Membersihkan Kotoran2.2 Meyakinkan Posisi Rantai Selalu Dalam Kondisi Lurus2.3 Memotong Rantai Sekali Saja2.4 Menyetel Rantai Secara Teratur Mengendarai sepeda motor memiliki keasyikan tersendiri. Oleh karenanya ada banyak klub sepeda motor yang selalu mengagendakan untuk berergian jauh layaknya bus –antar kota antar propinsi– dengan menunggangi …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here