Buang Air di Toilet Duduk Dapat Menyebabkan Terserang Wasir?

7
2496
Tahukah Anda Buang Air di Toilet Duduk Dapat Menyebabkan Terserang Sakit Wasir

Buang air merupakan aktivitas yang tak bisa tidak, harus dilakukan oleh  manusia dan binatang. Karena itu adalah kebutuhan dan juga keharusan, tak pelak bahasanya pun menjadi “buang hajat.”    Terlepas dari itu, tempat membuang hajat bagi manusia ada beberapa macamnya. Misalnya toilet jongkok, toilet duduk, toilet plung lap (Jawa) yang merupakan toilet tanpa harus menyiram namun kotoran bisa langsung menuju penampungan, bahkan meskipun menjadi larangan bagi kesehatan namun sebagian dari kita juga masih suka membuang air di sungai.

Berbicara tentang membuang hajat di toilet, yang pasti bisa dibedakan adalah terdapatnya toilet duduk dan toilet jongkok. Kita sebagai orang Asia tentu saja lebih familiar dengan toilet jongkok dibanding toilet duduk. Sebaliknya bagi masyarakat Eropa pun Amerika, mereka akan terbiasa dengan membuang air berposisi duduk di toilet duduk. [Baca juga: Apa Yang Diperoleh Dalam Keasyikan Membaca di Toilet Duduk itu?]

Toilet Duduk

Terlepas dari orang barat ataupun orang timur, perkembangan zaman telah membuat banyak budaya megalami akulturasi. Termasuk budaya kita dalam hal membuang air dengan posisi jongkok. Sekarang tak sedikit orang-orang di sekitar kita nyatanya juga menggunakan toilet duduk untuk mebuang hajatnya. Sambil membaca koran berlama-lama di toilet yang sekaligus juga membuang air besar.

Kebiasaan buang air dengan posisi duduk ini memang bukan perkara aneh lagi karena toh bisa dinikmati sambil berkegiatan lainnya, hanya saja ada yang butuh diperhatikan bahwa bukan berarti hal itu tak memiliki dampak negatif. Pasalnya tetap ada keterkaitan antara kebiasaan mengejan ketika buang air dengan pembentukan hemorrhoid atau wasir. Lain dari itu, yang tak kalah penting dalam memberi pengaruh terhadap hemorrhoid adalah postur tubuh.

Apa itu Hemorrhoid?

Hemorrhoid ataupun wasir memiliki definisi pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) di seputar rektum atau anus. Kondisi seperti ini sejatinya tak begitu banyak dijumpai di masyarakat Asia, Timur Tengah, ataupun Afrika. Sebaliknya, di negara-negara barat banyak ditemukan penyakit ini. Sebagai contoh adalah di Amerika, kurang lebih setengah dari populasinya mengalami hemorrhoid padahal usianya masih belum mencapai 50 tahun.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebagian besar peneliti berpendapat bahwa di negara-negara berkembang memiliki insiden hemorrhoid yang rendah. Hal itu salah satunya dikarenakan mereka mengonsumsi bahan makanan berkadar serat tinggi. Akan tetapi hal ini tak bisa diyakinkan dengan data pasti, lantaran beragam bahan makanan yang dikonsumsi tentu tak selalu sama.

Pengaruh Toilet Duduk Terhadap Wasir

Masih menurut para peneliti, yang paling memungkinkan dalam perbedaan insiden hemorrhoid antara orang-orang bule dan orang-orang Asia tersebut tak lain adalah terkait dengan penggunaan toilet duduk.

  • Bagaimana itu terjadi?

Secara teori dapat dipaparkan bahwa pada toilet duduk, para penggunanya akan dipaksa untuk mengejan guna mendorong gerakan usus. Pada akhrnya kebiasaan mengejan ini memberikan pengaruh pada meningkatnya tekanan dalam perut, sehingga hal itu menjadi dasar pada terbentuknya hemorrhoid.

  • Toilet Duduk Membuat Orang Barat Rentan Terserang Wasir

Jika kita melihat terjadinya penyakit wasir, sebenarnya memang banyak hal yang menyebabkannya. Namun ketika menyimak pemaparan di atas, bisa pula diungkap bahwa kecenderungan terjadinya penyakit wasir salah satunya adalah karena kebiasaan membuang air besar pada di toilet duduk. Harus mengejan namun tetap dalam kondisi (berpostur) duduk.

Penelitian Dr. B. A. Sikirov – 1987

Pengaruh kebiasaan di toilet duduk itu salah satunya dibuktikan dari studi yang dilakukan oleh Dr. B. A. Sikirov pada tahun 1987.

Dalam hipotesanya ia menyimpulkan bahwa hemorrhoid adalah satu hasil dari proses iritasi yang berkesinambungan akibat kebiasaan mengejan berlebihan namun tetap dalam posisi duduk.       Artinya, kebiasaan duduk lama dalam toilet memang sebuah kenikmatan, dan meskipun nikmat namun hal ini tak bisa pula dianggap remeh. Pasalnya ada kecenderungan yang memengaruhi pembentukan hemorrhoid darinya.

  • Kenapa Toilet Duduk Menjadi Salah Satu Penyebab Wasir?

Kondisi duduk daat buang air besar menjadi salah satu penyebab terkena wasir pasalnya ketika posisi sedang duduk, usus bagian bawah akan tertekuk yang kemudian akan mengganngu proses pembuangan karena tidak dapat efektif bantuan mengejannya.     Padahal, posisi mengejan dan dan mendorong ke bawah sambil menahan napas seperti ini bukan tidak mungkin akan meningkatkan tekanan dalam usus bagian bawah. Akibatnya ia menjadi sebab dari peregangan dan pembengkakan pembuluh darah balik sebagai pembentuk hemorrhoid.

  • Boleh, Namun Jangan Terus-Menerus

Membuang hajat di toilet duduk bisa jadi tak berpengaruh apa-apa ketika dilakukan sekali dua kali. Akan tetapi tentu akan menemukan hasil berbeda apabila dilakukan secara rutin, terus-menerus dan dalam jangka waktu yang tak sebentar.

Setelah memahami pengaruh toilet duduk terhadap kesehatan, tentu kita akan bisa lebih memahami. Bukan tidak boleh menggunakan toilet duduk, hanya saja musti bisa membedakan kapan harus menggunakannya dan kapan tidak harus menggunakannya. Yang terpenting adalah alangkah baiknya jika penggunaan toilet duduk tak dilakukan secara rutin dan terus-menerus.  [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Toilet Duduk vs Toilet Jongkok klikdokter.com Diakses pada 22 Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi klikdokter.com Diakses pada 22 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] Salah satu peneliti muda yang sekaligus pemimpin Dokter Spesialis Wasir bernama Dr. David Gutman memaparkan bahwa ketika ada tekanan didalam abdomen (perut) yang meningkat, maka bantal anal  secara otomatis akan terisi darah guna membentuk lapisan hidroloik, dan juga mencegah timbulnya kebocoran.     Bantal anal yang wujudnya menyerupai balon kecil dalam dinding anus adalah istilah untuk menyebutkan perubahan struktur anatomi yang kemudian dikenal pula dengan nama wasir ataupun hemorrhoid. [Baca juga: Buang Air di Toilet Duduk Dapat Menyebabkan Terserang Wasir?] […]

  2. […] Daftar Isi1 Toilet Duduk2 Apa itu Hemorrhoid?3 Pengaruh Toilet Duduk Terhadap Wasir3.1 Bagaimana itu terjadi?3.2 Toilet Duduk Membuat Orang Barat Rentan Terserang Wasir4 Penelitian Dr. B. A. Sikirov – 19874.1 Kenapa Toilet Duduk Menjadi Salah Satu Penyebab Wasir?4.2 Boleh, Namun Jangan Terus-Menerus Buang air merupakan aktivitas yang tak bisa tidak, harus dilakukan oleh manusia dan binatang. Karena itu adalah …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here