Inilah Beberapa Manfaat Kembang Merak Untuk Pengobatan

3
2565
Inilah Beberapa Manfaat Kembang Merak Untuk Pengobatan

Tatkala berbicara mengenai “merak,” mungkin ada dua hal yang terbayang dalam benak kita. Pertama tentang satu pelabuhan besar yang menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera (Bakauheni), yang kedua adalah sebuah burung indah berukuran besar yang merupakan kekhasan tanah Papua.

Kali ini ada merak lain yang berbeda, yaitu satu varian bunga yang selain indah ternyata juga memiliki manfaat lebih.

Bunga Merak

  • Bunga Indah dan Menarik

Bunga merak atau Caesalpinia Pulcherrina adalah kembang yang memiliki ciri sebagai bunga majemuk dengan ukuran panjang 15 hingga 50 centimeter. Sedang wujud buang dari kembang merak ini adalah serupa kacang polong, yaitu berbentuk pipih dengan ukuran panjang 6 hingga 12 cm dan lebar 1,5 cm.

Warna merah ataupun kuning membuat bunga ini cukup menarik dipandang mata. Oleh karenanya tak sedikit yang menanamnya sebagai penghias pekarangan. Namun lebih dari itu, ternyata bunga merak ini juga memiliki khasiat lain yaitu sebagai bahan untuk pembuatan obat herbal yang bisa mengobati banyak penyakit. [Baca juga: Sembuhkan Masuk Angin dengan Pengobatan Tradisional]

  • Tanaman Perdu

Kembang merak yang masuk dalam tanaman potong-potongan ini tergolong jenis bunga dengan pohon yang perdu, yaitu memiliki tinggi antara 2 hingga 4 meter dan memiliki banyak batang. Sedangkan untuk kayu pohon merak ini berwarna putih dan memiliki kontur yang padat. [Baca juga: Peluang Investasi Lada Perdu]

Kembang Merak Untuk Pengobatan

Kembang merak ini oleh sebagian orang Jawa disebut pula dengan istilah ‘merakan.’ Ia ternyata juga memiliki fungsi guna yang banyak sekali terhadap kesehatan. Antara lain adalah untuk pengobatan pada menstruasi yang tidak lancar, mata merah, diare, sariawan, perut kembung dan juga meredakan penyakit kejang & panas yang diderita oleh anak-anak.

Tak hanya itu, bunga merak bisa pula dimanfaatkan untuk membunuh serangga. Hal ini bisa terjadi karena dalam bunga merak ada kandungan hidrogen sianid (gas beracun).  Selain itu, bunga merak juga memiliki kadar kimia lain yang tak sedikit, yaitu; tanin, gallic acid, resin, zat merah dan benzoic acid.   Sedangkan pada daun terdapat pula kandungan alkaloid, saponin, tanin, glucoside, dan calcium oksalat.      Di bagian kulit kayu, terkandung plumbagin, lumbagol, tanin, zat samak, alkaloid, saponin, dan calcium oksalat.

  • Pengobatan Kejang-Kejang Pada Anak

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan guna meredakan kejang pada anak tersebut.     Silakan mengambil dan menggunakannya sebanyak 5 kuntum kembang merak, tak ketinggalan petik juga 20gram daunya. Daun dan kembang tersebut masih harus ditambah lagi dengan 3 jari akar dan juga 3 jari kulit batang tanaman merakan ini.

Jika semuanya sudah siap, silakan bersihkan dengan cara mencucinya, kemudian tumbuk semuanya sampai halus.  Setelah itu tambahkan juga air garam secukupnya.    Ramuan di atas ambil, lalu balurkan pada bagian leher, punggung, dan kaki secukupnya. Gosokkan pula jika memang perlu.

  • Pengobatan Panas-Dingin

Untuk pengobatan pada penyakit panas dan demam, kita juga bisa memanfaatkan merakan ini sebagai bahan pengobatan. Silakan ambil 3 hingga 5gram kembang merak kering, lalu direbus dengan menggunakan air sebanyak 200cc. Biarkan hingga kondisi air yang tersisa kira-kira 150cc. Air rebusan itu silakan disaring, kemudian konsumsilah sebagai minuman.

  • Pengobatan Sakit Perut (Diare)

Bagi yang sedang menderita diare, hampir mirip dengan pada pengobatan panas dingin. Yaitu mengambil 15 kulit batang tanaman merakan, selanjutnya ditumbuk sampai halus. Tumbukan halus tersebut diseduh dengan menggunakan air sebanyak 400cc, tunggu sampai yang tersisa kurang-lebih sebanyak 200cc. Silakan disaring, dan kemudian diminum selagi kondisinya masih hangat. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Khasiat Kembang Merak, harian cetak Minggu Pagi (Jogja) – halaman 9, Minggu III Mei 2015
[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 23 Mei 2015

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Daftar Isi1 Bunga Merak1.1 Bunga Indah dan Menarik1.2 Tanaman Perdu2 Kembang Merak Untuk Pengobatan2.1 Pengobatan Kejang-Kejang Pada Anak2.2 Pengobatan Panas-Dingin2.3 Pengobatan Sakit Perut (Diare) Tatkala berbicara mengenai “merak,” mungkin ada dua hal yang terbayang dalam benak kita. Pertama tentang satu pelabuhan besar yang menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera (Bakauheni), yang kedua adalah sebuah …  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here